• Home
  • Blog
  • Kudis
  • 5 Cara Mengobati Kudis di Kepala dengan Bahan Rumahan

5 Cara Mengobati Kudis di Kepala dengan Bahan Rumahan


By Cindy Wijaya

Apakah Anda selalu menggaruk kepala karena sering gatal? Jika ya, ada kemungkinan itu disebabkan oleh kudis di kepala. Kudis disebabkan oleh serangga kecil yang disebut tungau Sarcoptes scabiei, yang dapat menimbulkan rasa sangat gatal jika masuk ke kulit kepala. Di samping mengatasinya dengan obat kimiawi, Anda juga bisa mencoba cara mengobati kudis di kepala dengan 5 bahan alami dalam artikel ini.

Siapa pun yang mengalami kudis tentunya ingin cepat-cepat mengatasinya, karena masalah ini cukup bikin malu, terutama kalau rasa gatalnya tak tertahankan dan Anda tidak punya pilihan lain selain terus menggaruknya. Selain rasa gatal yang parah (khususnya di malam hari), gejala umum lain dari kudis yaitu kulit yang kemerahan dan iritasi, serta luka lepuh.

Anda bisa mencoba bahan-bahan natural untuk mengatasi masalah kudis di kepala, namun jika tampaknya gejala-gejala kudis tidak membaik, sebaiknya Anda pergi ke dokter untuk pengobatan yang lebih efektif.

1. Minyak Tea Tree

Minyak tea tree mengandung senyawa yang disebut terpinen-4-ol yang membantu membunuh parasit penyebab kudis. Juga terdapat sifat anti-inflamasi, desinfektan, antiseptik, anti-parasit, anti-bakteri, anti-jamur, dan penyembuhan luka dari minyak ini yang membantu mengobati kudis di kepala.

Berikut cara menggunakan minyak tea tree sebagai obat kudis di kepala:

  • Tuangkan 10 tetes minyak tea tree ke dalam ¼ gelas minyak almond.
  • Pijatkan ke kulit kepala lalu diamkan sampai 5 menit.
  • Kemudian keramas rambut seperti biasa.
  • Lakukan ini 2 – 3 kali dalam seminggu.

Cara alternatifnya, tuangkan 10 – 20 tetes minyak tea tree ke dalam ½ gelas sampo bayi, lalu gunakan itu untuk keramas rambut setiap hari sampai kondisi kulit kepala Anda membaik.

2. Minyak Mimba

Minyak mimba merupakan pestisida alami yang digunakan untuk mengobati banyak masalah kulit termasuk kudis. Minyak ini mengandung sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang membantu membasmi bakteri dan jamur yang terperangkan di kulit.

Aroma dari minyak mimba juga dapat mencegah kudis untuk berkembang biak, sehingga dapat mempercepat pemulihan dari masalah kulit ini. Berikut cara mengobati kudis di kepala dengan mimba:

  • Campurkan 4 – 5 tetes minyak mimba dengan 1 sendok teh minyak kelapa ekstra virgin.
  • Pijatkan ke kulit kepala dan biarkan semalaman.
  • Di pagi hari, keramas dengan sampo berbahan kimia ringan.
  • Lakukan ini setiap 2 hari sekali.

Atau Anda bisa menggunakan daun mimba segar. Panaskan segenggam daun mimba di dalam 2 gelas air selama 10 menit. Angkat daunnya, tapi biarkan air rebusannya mendingin dalam suhu ruangan dan gunakan itu untuk membilas rambut Anda. Lakukan ini setiap hari.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat anti-mikroba dan banyak khasiat obat alami lain yang dapat mempercepat proses pemulihan dari kudis, gigitan serangga, dan banyak masalah kulit lainnya. Berikut cara menggunakan lidah buaya untuk obat kudis di kepala:

  • Ambil bagian gel dari daun lidah buaya. Boleh juga tambahkan minyak dari 2 kapsul vitamin E.
  • Gunakan jari-jari Anda untuk meratakan gel ke seluruh kudis di kulit kepala.
  • Biarkan gel tetap di kepala selama setidaknya 1 jam.
  • Selesaikan terapi ini dengan keramas menggunakan sampo berbahan kimia ringan.
  • Lakukan ini 2 – 3 kali dalam seminggu.

Bahan alami yang lembut dan mendinginkan ini akan meredakan rasa sakit dan gatal, juga mampu melindungi kulit kepala dari infeksi. Di samping itu juga bekerja sebagai kondisioner untuk melembapkan kulit kepala kering dan membantu menjaga keseimbangan kadar pH.

4. Minyak Cengkih

Sebuah penelitian yang dimuat di jurnal ilmiah PloS One 2010 menunjukkan bahwa minyak cengkih efektif dalam mengobati kudis pada subjek hewan percobaan. Dan jenis-jenis minyak lain yang diuji pada penelitian itu tidak seefektif minyak cengkih.

Berikut cara mengobati kudis di kepala menggunakan minyak cengkeh:

  • Campurkan 10 tetes minyak cengkeh dengan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh minyak kelapa.
  • Gosokkan campuran tersebut pada area kulit kepala yang bermasalah 2 kali sehari.

Minyak cengkih memiliki sifat analgesik, anti-mikroba, dan anti-inflamasi yang dapat membantu pemulihan luka lepuh dan ruam akibat kudis.

5. Kunyit

Kunyit adalah herbal ajaib dengan sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang dapat meringankan gejala-gejala kudis di kulit kepala. Berikut cara mengolah kunyit menjadi obat kudis di kepala:

  • Campurkan 1 sendok makan bubuk kunyit dengan beberapa tetes air perasan lemon dan air secukupnya.
  • Aduk semua campuran tersebut sampai menjadi salep kental.
  • Oleskan salep itu ke kulit kepala yang terkena dan biarkan selama 1 jam.
  • Kemudian bilas dengan air hangat dan keramas seperti biasa.
  • Lakukan ini 1 kali sehari sampai kondisinya membaik.

Cara lainnya, campurkan masing-masing 1 sendok teh bubuk kunyit dan bubuk mimba. Tambahkan sedikit air untuk membentuk salep halus. Oleskan salep pada area kulit kepala yang terkena dan biarkan mengering sendiri. Setelah kering, keramaslah seperti biasa. Ulangi ini sekali sehari.

Untuk memaksimalkan cara-cara di atas, sebaiknya tahan keinginan untuk terus menggaruk kulit kepala. Karena hal tersebut bisa memicu infeksi serta menimbulkan bekas luka yang permanen. Sampai kudis di kulit kepala menghilang, jangan gunakan produk-produk rambut yang dapat mengiritasi kulit kepala, misalnya obat pelurus rambut dan sampo berbahan kimia keras.

Selain memanfaatkan cara mengobati kudis di kepala dengan bahan rumahan, adakalanya Anda mungkin perlu menggunakan obat permethrin untuk mengatasi infeksi parasit seperti kudis pada kulit kepala. Oleh sebab itu, kalau cara-cara di atas tidak manjur, ada baiknya temui dokter untuk mendapat perawatan yang lebih efektif.

Sumber

Sumber Referensi:

Medical News Today. What is the best way to treat scabies at home?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321335

Top 10 Home Remedies. Scabies: Home Remedies with Antibacterial & Antifungal Properties. https://www.top10homeremedies.com/home-remedies/home-remedies-scabies.html

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>