Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Cara Menghilangkan Komedo Cara Menghilangkan Komedo Dollarphotoclub

10 Cara Menghilangkan Komedo Hanya dalam Hitungan Hari!

Orang-orang dari segala usia bisa mengalami masalah komedo, tapi yang paling sering jadi korban adalah para remaja. Jadi bagi para remaja atau siapa pun yang kesal karena masalah kulit ini, tenang saja, artikel akan akan membahas beberapa cara menghilangkan komedo dengan cepat dan tuntas.

Sebelum membahas mengenai metode menghilangkan komedo, ada baiknya kita kenali dulu apa itu komedo serta apa saja yang jadi penyebabnya.

Komedo merupakan benjolan kecil berwarna kuning atau hitam yang terbentuk akibat sumbatan pada pembukaan folikel rambut (pori-pori) yang disebabkan oleh timbunan sebum (minyak), kotoran, serta sel kulit mati. Benjolan komedo terlihat gelap bukan karena kotoran tapi disebabkan oleh proses oksidasi. Ini terjadi ketika folikel atau pori-pori yang mengalami penyumbatan terkena udara.

Ada beberapa hal yang dapat memicu timbulnya komedo, antara lain perubahan hormon dalam tubuh, penggunaan kosmetik yang berlebihan, perawatan kulit yang tidak benar, stres, juga faktor keturunan.

Komedo biasanya muncul di wajah, terutama di hidung. Tapi adakalanya mereka muncul di area dada, punggung, leher, lengan, dan bahu. Jika tidak diobati, komedo bisa memicu problem kulit berjerawat.

10 Bahan Alami Penghilang Komedo

Sebenarnya ada banyak obat medis untuk mengatasi komedo, tapi Anda bisa mencoba menghilangkan komedo dengan bahan-bahan natural. Ya, ada berbagai bahan yang mungkin sudah tersedia di dapur Anda yang bisa dimanfaatkan untuk menumpas komedo hanya dalam hitungan hari.

1. Teh Hijau

Teh kesehatan ini sanggup menyerap minyak yang berlebih serta menghilangkan komedo yang menyumbat folikel rambut. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang bagus untuk merawat kulit. Selain itu juga mampu mencegah komedo maupun jerawat dari dalam tubuh jika Anda rutin mengonsumsinya setiap hari. Berikut adalah cara menghilangkan komedo dengan teh hijau.

  • Campurkan 1 sendok teh daun teh hijau kering dengan sedikit air untuk membuat salep.
  • Secara perlahan gosokkan salep ini ke area berkomedo selama 2 – 3 menit. Ini akan membersihkan kulit berminyak serta membantu menyingkirkan sumbatan pori-pori.
  • Setelahnya bilas dengan air hangat.

2. Madu

Kemampuan menyeimbangkan yang dimiliki oleh madu bagus untuk mengatasi masalah kulit berminyak ataupun berkomedo. Madu menghidrasi sekaligus mengencangkan pori-pori kulit, sehingga kulit Anda akan tampak lebih halus.

  • Oleskan sedikit madu murni ke wajah. Diamkan sampai sekitar 10 menit.
  • Bilas wajah dengan air hangat.

3. Kunyit

Kunyitadalah bahan alami penghilang komedo yang mengandung antiseptik untuk membantu menyembuhkan kulit. Kunyitmembantu melawan infeksi pada kulit serta membantu Anda memperoleh kulit yang cantik dan terlihat tanpa cacat.

  • Campurkan kunyit bubuk secukupnya dengan 2 sendok makan sari daun mint. Oleskan ke area kulit berkomedo. Diamkan selama 2 menit sampai mengering lalu bilas dengan air hangat.
  • Anda juga bisa membuat salep kental dengan mencampurkan cendana merah bubuk, kunyit bubuk, dan susu. Oleskan ke komedo dan tunggu sampai 10 menit sebelum membilasnya dengan air hingga bersih.

4. Baking Soda

Bahan penghilang komedo selanjutnya yang efektif adalah baking soda. Baking soda sanggup membersihkan kulit dari berbagai macam kotoran, seperti minyak atau sel-sel kulit mati.

  • Campurkan 2 sendok teh baking soda dengan sedikit air mineral sampai membentuk salep.
  • Oleskan salep dengan lembut ke area kulit berkomedo dan pijatlah secara perlahan. Diamkan selama beberapa menit sampai mengering lalu bilaslah dengan air hangat.
  • Ulangi lakukan ini 1 – 2 kali seminggu.

5. Kayu Manis

Kayu manisadalah rempah dapur yang mengandung antioksidan, antibakteri, serta anti-inflamasiyang bagus untuk menghilangkan komedo. Padukan kayu manisdengan bahan-bahan alami lain untuk mengoptimalkan khasiatnya.

  • Campurkan 1 sendok teh kayu manis bubuk, 1 sendok teh air perasan lemon, dan sejumput kunyit bubuk (kalau ada). Sebarkan campuran ini ke wajah, biarkan selama 10 – 15 menit lalu bilas sampai bersih.
  • Bisa juga campurkan 1 sendok teh kayu manis bubuk dengan madu secukupnya sampai membentuk salep. Oleskan ke komedo setiap sebelum tidur dan bilas dengan air biasa di pagi harinya. Untuk hasil terbaik, lakukan ini setiap hari sampai 10 hari.

6. Oatmeal

Perpaduan antara oatmeal dan yogurt sangatlah baik untuk membersihkan kulit Anda dari komedo-komedo yang membandel.

  • Campurkan 1 sendok teh madu dan sari dari 4 buah tomat dengan oatmeal secukupnya untuk membentuk salep.
  • Gosokkan ke kulit berkomedo
  • Tunggu sampai 10 menit lalu bilas sampai bersih
  • Ulangi lakukan ini secara teratur untuk menghilangkan komedo

Anda juga bisa membuat salep dengan mencampurkan 2 sendok makan oatmeal, 2 sendok makan yogurt polos, dan sedikit air perasan lemon serta minyak zaitun. Oleskan salep ke seluruh bagian wajah, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas wajah dengan air.

7. Lemon

Lemon, yang juga bermanfaat menyembuhkan jerawat, juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan penghilang komedo. Nutrisi dan vitamin yang ada dalam lemon sangat bagus untuk berbagai jenis kulit. Berikut adalah cara menghilangkan komedo dengan bantuan lemon.

  • Teteskan madu secukupnya di atas lemon yang sudah dibelah dua. Boleh juga tambahkan sedikit gula pasir. Gosokkan potongan lemon tersebut ke wajah secara perlahan, terutama di area yang berkomedo. Setelah 10 menit, bilas dengan air bersih. Ulangi lakukan ini 1 – 2 kali seminggu.
  • Bisa juga campurkan air perasan lemon segar dengan susu atau air mawar untuk membuat bahan pembersih wajah natural. Gunakan ini untuk membersihkan wajah beberapa kali dalam seminggu.

8. Putih Telur

Bagian putih dari telur mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat menghilangkan komedo sekaligus mengencangkan pori-pori kulit sehingga mencegah komedo muncul kembali.

  • Pecahkan 1 butir telur lalu pisahkan putih dari kuningnya, lalu kocok putih telur hingga mengembang.
  • Oleskan ke wajah, terutama area kulit yang berkomedo.
  • Diamkan selama 10 – 15 menit sampai mengering, lalu bilas dengan air hangat.

9. Lidah Buaya

Bagian daging lidah buayayang berbentuk gel memiliki kandungan auksin dan giberelin yang sanggup mengurangi peradangankulit serta melembapkannya. Selain itu lidah buayajuga bagus untuk menghilangkan komedo.

  • Ambil 1 daun lidah buaya, kupas kulitnya, dan pisahkan bagian gel-nya.
  • Oleskan gel lidah buaya di area kulit berkomedo.
  • Diamkan selama 10 – 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

10. Cuka Sari Apel

Karena mengandung sifat antiseptik, cuka apeldapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kelebihan minyak dan membersihkan pori-pori dari kotoran yang menumpuk. Hal ini tentunya akan membantu menyingkirkan masalah komedo.

  • Larutkan 1 sendok makan cuka apelke dalam segelas air.
  • Celupkan bola kapas ke dalam larutan ini.
  • Oleskan kapas ke area wajah, terutama bagian yang berkomedo.
  • Bilas dengan air hingga bersih.

Bahan-bahan alami ini telah membantu banyak orang mengatasi masalah komedo. Sebagian besar bahan ini harus digunakan secara teratur untuk beberapa waktu jika ingin hasilnya memuaskan. Tapi jika bahan-bahan ini tidak banyak membantu Anda, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit.

Perawatan Kulit untuk Mencegah Komedo

Bahan-bahan natural di atas memang efektif untuk menumpas komedo. Tetapi Anda tidak akan terbebas dari masalah komedo alias akan terus kambuh jika tidak merawat kulit dengan cara yang tepat. Untuk membantu mencegah komdeo muncul kembali, lakukanlah perawatan kulit seperti berikut:

  • Bersihkan Wajah secara Teratur

    Bersihkan wajah Ada dengan bahan pembersih yang sesuai dengan jenis serta kondisi kulit setidaknya 2 kali sehari. Saat ini banyak pilihan bahan pembersih yang dikhususkan untuk menghilangkan komedo. Tapi pilihlah yang tidak mengandung bahan kimia keras.

  • Jangan Pencet Komedo

    Tahan jari-jari Anda dari komedo dan jangan pencet komedo. Kebiasaan buruk ini malah akan menimbulkan bekas luka yang sulit dihilangkan serta memicu penyebaran bakteri di permukaan wajah. Dengan begitu justru bisa memunculkan komedo-komedo baru di sekitarnya.

  • Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

    Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat memicu kerutan, bintik-bintik penuaan, serta masalah kulit lainnya. Anda bisa melindungi kulit dengan berlindung di tempat-tempat teduh, mengenakan pakaian tertutup, dan mengoleskan tabir surya (sunscreen) dengan SPF minimal 30.

  • Lembapkan Kulit dalam 3 Menit Setelah Mandi

    Melembapkan kulit penting jika ingin kulit terlihat halus, sehat, dan terbebas dari masalah komedo. Lembaga American Academy of Dermatology menyarankan untuk mengoleskan pelembap dalam waktu 3 menit setelah mandi. Pada saat itu pori-pori kulit masih terbuka, jadi itulah waktu yang tepat untuk mengoleskan pelembap sehingga menyerap jauh ke dalam kulit.

Selain berfokus pada perawatan kulit, Anda juga harus menutrisi kulit dari dalam untuk membantu menuntaskan masalah kulit berkomedo. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin serta mineral untuk menyehatkan kulit Anda. Dan jangan lupa cukupi kebutuhan minum air setiap hari agar kulit tetap terhidrasi.

Demikianlah 10 cara menghilangkan komedo secara alami yang hasilnya bisa terlihat hanya dalam hitungan hari. Lakukanlah perawatan natural di atas di rumah secara rutin dan buktikan sendiri keampuhannya.

FOLLOW US:
instagramsms

Log In or Register