10 Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah yang Praktis dan Gampang

904

Diedit:

Masalah telapak kaki pecah-pecah adalah hal menyebalkan yang disebabkan oleh kondisi kulit kering yang memicu penebalan pada kulit telapak kaki. Jika Anda sedang berupaya mengatasi masalah ini, artikel ini yang membahas 10 cara mengatasi kaki pecah-pecah sangat cocok bagi Anda.

Sebagian besar obat kaki pecah-pecah yang akan dibahas disini berfokus pada 2 prinsip: 1) melembapkan secara intensif; dan 2) menyingkirkan penebalan tumit dengan menggosok lapisan-lapisan kulit sehingga hanya menyisakan kulit di bawahnya yang lebih lembut dan fleksibel.

Beberapa cara mengatasi kaki pecah-pecah ini kemungkinan juga dapat berguna untuk mengatasi masalah kulit pecah-pecah pada telapak tangan atau ujung-ujung jari tangan. Dan mari kita perhatikan 10 cara praktis untuk menghilangkan pecah-pecah pada tumit berikut ini.

  • Garam Epsom

    Campurkan garam Epsom secukupnya ke dalam 1 mangkuk air hangat. Rendamlah kaki di dalamnya selama kurang-lebih 15 sampai 30 menit. Setelah selesai, keringkan kaki sampai benar-benar kering lalu lembapkan menggunakan losion favorit Anda.

    Ulangi langkah-langkah diatas sebanyak 2 atau 3 kali dalam seminggu sampai Anda merasa kulit kaki sudah cukup lembut. Garam Epsom memperhalus kulit serta dapat menyegarkan otot kaki yang terasa lelah.

  • Minyak Sayur

    Siapkan 2 sendok teh minyak sayur. Pertama cuci kaki dan keringkan sampai benar-benar kering menggunakan handuk bersih. Lalu oleskan minyak sayur pada bagian telapak kaki pecah-pecah. Kemudian kenakan sepasang kaus kaki tebal dan biarkan semalaman selama tidur malam. Cuci kaki Anda di pagi harinya.

    Lakukan ini setiap sebelum tidur malam. Lemak terhidrogenasi di dalam minyak sayur dapat menyehatkan kulit dan efektif sebagai cara mengatasi kaki pecah-pecah.

  • Pisang dan Alpukat

    Siapkan 1 buah pisang matang dan ½ buah alpukat. Blender kedua bahan tadi sampai benar-benar tercampur, kemudian oleskan campuran ini ke bagian kaki dan tumit. Biarkan selama 15 sampai 20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

    Anda boleh melakukan cara mengatasi kaki pecah ini setiap hari sampai merasa kulit sudah cukup lembut. Alpukat kaya akan kandungan sejumlah minyak esensial, vitamin, dan lemak yang sanggup mengembalikan kelembapan kulit. Pisang berfungsi sebagai pelembap alami dan membuat kulit Anda lebih lembut dan halus.

  • Vaseline dan Air Perasan Lemon

    Rendamlah kaki Anda dalam air hangat sekitar 15 sampai 20 menit, lalu keringkan. Campurkan 1 sendok teh Vaseline dan sekitar 4-5 tetes perasan lemon, lalu oleskan campuran ini ke bagian telapak kaki pecah-pecah atau bagian kulit lain yang pecah-pecah, biarkan sampai campuran ini meresap ke dalam kulit. Setelah itu kenakan sepasang kaus kaki wol dan biarkan semalaman, lalu cuci kaki di pagi harinya.

    Anda bisa melakukan cara ini setiap sebelum pergi tidur malam. Kemampuan asam lemon bekerja sama dengan kemampuan melembapkan dari Vaseline membantu Anda mengatasi masalah kulit kering serta gatal-gatal yang mungkin menyertainya.

  • Madu

    Campurkan 1 mangkuk madu ke dalam ½ ember air hangat. Rendamlah kaki Anda di dalamnya selama 15 sampai 20 menit. Pelan-pelan gosok kulit kering di telapak kaki Anda sampai merasa kulitnya sudah cukup lembut.

    Lakukanlah cara mengatasi kaki pecah-pecah ini secara rutin setiap ada kesempatan untuk menyingkirkan masalah kulit kering. Madu diyakini punya kemampuan sebagai antiseptik alami yang membantu menyembuhkan pecah-pecah pada tumit sekaligus mampu merevitalisasi kulit.

  • Tepung Beras

    Ambil 2-3 sendok makan tepung beras dan campurkan dengan beberapa tetes madu serta cuka apel sehingga membentuk pasta kental. Jika masalah kulit pecah-pecah di tumit Anda sangat buruk, Anda bisa tambahkan 1 sendok teh minyak zaitun atau minyak almond. Rendamlah kaki di dalam air hangat selama 10 menit dan pelan-pelan gosokkan telapak kaki dengan pasta kental tadi untuk melepaskan kulit-kulit mati dari tumit.

    Anda bisa melakukan cara ini sebanyak 2 kali dalam seminggu. Tepung beras memurnikan dan me-remineralisasi kulit sehingga kulit menjadi sehalus dan selembut satin.

  • Minyak Zaitun

    Oleskan sekitar 1 sendok makan minyak zaitun dengan menggunakan bola kapas ke telapak kaki dan pijat-pijat lembut kaki dalam gerakan melingkar selama 10-15 menit. Kemudian pakailah sepasang kaus kaki katun tebal dan biarkan selama 1 jam sebelum melepasnya lalu cucilah kaki Anda.

    Anda boleh mengulangi cara mengatasi kaki pecah-pecah ini setiap hari. Minyak zaitun adalah penyembuh ajaib yang menutrisi kulit sehingga membuatnya jadi lembut serta lentur. Ini adalah salah satu cara paling alami untuk memperoleh kulit telapak kaki yang halus, lembut, dan sehat.

  • Oatmeal

    Campurkan 1 sendok makan oatmeal dan 4-5 tetes minyak zaitun untuk membuat pasta tebal. Oleskan pasta tebal ini ke bagian telapak kaki pecah-pecah. Diamkan selama sekitar 1 ½ jam sebelum dibilas dengan air dingin.

    Lakukan cara ini setiap 2 hari sekali sampai masalah telapak kaki pecah-pecah sudah menghilang. Oatmeal mempunyai kemampuan anti-inflamasi dan melembapkan yang menyingkirkan sel-sel kulit mati serta melembutkan kulit.

  • Minyak Wijen

    Oleskan 4-5 tetes minyak wijen ke bagian telapak kaki atau bagian lain manapun yang mengalami masalah kulit pecah-pecah. Pijat-pijat lembut sampai minyak wijen meresap ke dalam kulit.

    Lakukanlah cara ini setiap malam sebelum tidur. Minyak wijen diyakini dapat menutrisi dan melembapkan kulit. Minyak ini juga mampu menghaluskan dan mengurangi kekeringan serta pecah-pecah pada kulit secara efesien.

  • Cuka Apel

    Isi 1 baskom dengan air hangat secukupnya untuk merendam kaki, tambahkan 1 mangkuk cuka apel dan aduk sampai benar-benar bercampur. Rendamlah kaki di dalamnya selama 15 menit lalu gosok pelan-pelan bagian telapak kaki pecah-pecah untuk menyingkirkan kulit-kulit mati.

    Ulangi langkah diatas setiap hari atau setiap 2 hari sekali. Asam yang dikandung cuka apel akan menghaluskan kulit yang kering dan yang sudah mati, sehingga memudahkannya untuk terkelupas. Jika kulit-kulit kering dan mati terkelupas, maka kulit baru yang halus dan sehat akan muncul ke permukaan.

Dengan rajin melakukan salah satu cara mengatasi kaki pecah-pecah yang dijelaskan di atas, Anda seharusnya bisa merasakan perbaikan dalam waktu 7-14 hari. Memang ini bergantung pada seberapa parah telapak kaki pecah-pecah yang dialami.

Ada banyak sekali cara yang dapat diupayakan demi mempercepat penyembuhan pecah-pecah pada kulit. Salah satu yang paling efektif adalah dengan menjaga kaki tetap lembap, bebas dari polusi, merilekskan kaki, memijatnya lembut-lembut dengan minyak alami, merendamnya di air hangat, dan mengobatinya jika ada masalah infeksi pada kulit.

Sekarang setelah Anda sudah tahu cara mengatasi kaki pecah-pecah, apa lagi yang Anda tunggu? Cobalah salah satu pengobatan ala rumahan ini yang Anda rasa paling praktis dan gampang dilakukan, dan lihatlah sendiri hasilnya.