HOTLINE KONSULTASI HERBAL:
0812-8187-1234 | 0818-029-100-88
Senin-Jumat, pkl. 8.30-16.00 WIB

Mengatasi rambut rontok Mengatasi rambut rontok

Yang Perlu dan Jangan untuk Mengatasi Rambut Rontok

Mengatasi rambut rontok bukanlah bukanlah hal yang menyangkut keselamatan jiwa, tetapi juga bukan hal yang bisa dianggap remeh. Buktinya, di Amerika Serikat, industri perawatan rambut rontok sanggup meraup 1 USD per tahun.

Orang-orang menggunakan shampo, kondisioner, dan perawatan di salon untuk mengatasi rambut rontok. Namun, kenyataannya sering kali perawatan itu justru mempercepat rambut rontok. Apa saja sebenarnya yang perlu dilakukan dan yang justru harus dihindari agar tidak mengalami rambut rontok?

Perlu: jaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Rambut hanyalah salah satu jaringan tumbuh yang masih menjadi bagian dari tubuh. Kalau Anda ingin mengatasi rambut rontok, Anda juga harus menjaga kesehatan seluruh tubuh.

Bayangkan kalau Anda ingin punya tumbuhan berbunga, Anda tentu tidak hanya akan memberi pupuk pada pucuknya untuk menumbuhkan bunga, melainkan memberi nutrisi untuk seluruh pohonnya.

Demikian juga halnya dengan mengatasi rambut rontok. Apa yang Anda makan, apakah Anda stres, apakah Anda berolahraga, itu semua bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut.

Protein dan zat besi merupakan salah satu kandungan yang vital yang harus ada dalam diet Anda. Noni Juice merupakan salah satu suplemen yang bisa menjadi alternatif. Noni juice yang dibuat dari buah Noni, mengandung 17 asam amino esensial.

Khususnya asam amino L-Lysine dapat menghambat 5-alpha-reduktase dan membantu mengobati rambut rontok pada pria yang mengalami kebotakan karena faktor keturunan. Juga, asam amino L-arginine diperlukan untuk menghasilkan oksida nitrat yang bisa merangsang pertumbuhan rambut.

Jangan: konsumsi terlalu banyak alkohol dan gula. Untuk mengatasi rambut rontok, Anda butuh zink yang bisa merangsang pertumbuhan rambut. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak alkohol, kadar zink dalam tubuh Anda akan menurun, dan efeknya, pertumbuhan rambut Anda terhambat.

Konsumsi gula terlalu banyak juga dapat menghasilkan zat glycation, yang cenderung bersifat merusak protein. Ini bisa berdampak buruk karena mempercepat proses penuaan sel, dan itu bisa mengakibatkan kekeringan kulit kepala dan kerontokan rambut.

Perlu: lindungi rambut dari sinar matahari berlebih. Kalau sinar matahari bisa merusak kulit Anda, pasti itu juga bisa merusak kulit kepala Anda. Ya, sinar matahari berlebihan dapat membuat rambut Anda kering dan rusak. Meski mungkin agak ketinggalan zaman, topi dan payung bisa membantu Anda mengatasi rambut rontok.

Jangan: berenang tanpa memberikan perlindungan rambut terlebih dahulu. Chlorine dalam air kolam dan garam dari air laut dapat merusak rambut Anda. Anda pasti pernah merasakan betapa berantakan dan sulitnya rambut untuk disisir begitu Anda selesai berenang.

Gunakanlah kondisioner atau pelindung rambut lainnya sebelum Anda terjun ke air. Dan, tutup kepala merupakan peralatan wajib bagi para perenang, khususnya bagi yang ingin mengatasi rambut rontok.

Perlu: potong rambut secara berkala, bila perlu pertahankan agar tetap pendek. Ini adalah rekomendasi yang paling umum diberikan kepada orang yang ingin mengatasi rambut rontok.

Memotong rambut secara berkala, mungkin setiap enam hingga delapan minggu, dapat menghilangkan rambut yang pecah-pecah di ujungnya. Juga, jika dijaga tetap pendek, rambut rontok akan berkurang saat disisir.

Jangan: ikat rambut terlalu ketat. Wanita yang punya rambut cukup panjang mungkin akan merasa nyaman dan bebas jika rambutnya diikat. Ada yang bahkan berpikir bahwa dengan mengikatnya, rambut akan tidak banyak bergerak dan rambut rontok akan berkurang.

Mengikat rambut terlalu ketat hanya akan membuat rambut stres, bahkan patah dan cenderung rontok. Maka, salah satu cara paling efektif untuk mengatasi rambut rontok pada wanita adalah dengan tidak mengikatnya terlalu ketat.

Log In or Register