0812-8187-1234 | 0812-80-61-0777
0818-029-100-88 | 0856-99-34341
Senin-Jumat, pkl. 8.30-16.00 WIB

My Cart
A+ A A-

Mengapa Susah Buang Air Besar Harus Diatasi?

Apakah buang air besar menjadi hal yang sulit bagi Anda? Bagi banyak orang, buang air besar atau yang sering disebut BAB, merupakan hal yang memberikan kenikmatan tertentu. Maka, ada beberapa orang bisa berlama-lama di dalam toilet sambil baca komik, novel, atau koran. Namun, tidak demikian halnya bagi mereka yang mengalami susah buang air besar.

Mari kita cermati penyebab seseorang susah buang air besar, resiko yang ditimbulkannya, dan pengobatannya.

Penyebab Susah Buang Air Besar

Kemungkinan besar, seseorang yang mengalami susah buang air besar/BAB disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Mari perhatikan beberapa faktor berikut yang bisa membuat seseorang susah untuk buang air besar/BAB.

Pola makan yang tidak sehat—Kurangnya konsumsi buah dan sayur menjadi salah satu penyebab susah buang air besar (BAB). Sayur serta buah mengandung serat yang sangat membantu dalam proses pencernaan. Serat dapat ditemukan pada sayuran seperti, daun selada, mentimun, seledri, kubis, kol, wortel, bayam, sawi hijau, dan labu kuning.

Dehidrasi—Saat dehidrasi, kotoran dalam tubuh menjadi keras akibat kurangnya cairan dalam tubuh. Selain itu, dehidrasi juga dapat menyebabkan penurunan fungsi organ-organ tubuh. Ya, dehidrasi tidak dapat dianggap enteng.

Stres—Stres akan mengakibatkan susah buang air besar. Saat seseorang mengalami stres, saraf-saraf pencernaan akan terganggu sehingga gerak peristaltik usus juga akan terganggu.

Efek samping obat-obatan kimia—Obat kimia sering kali ampuh dalam menyembuhkan suatu penyakit, namun tentu ada efek samping seperti susah buang air besar atau sembelit.

Resiko Akibat Susah Buang Air Besar

Susah buang air besar tidak boleh dianggap sepele karena hal ini dapat mengakibatkan efek negatif seperti berikut:

  • Wasir (ambeien)
    Pada umumnya, jika seseorang susah buang air besar biasanya akan sering mengejan dan ini akan menekan pembuluh vena yang mengakibatkan terjadinya wasir/ambeien.
  • Perubahan mood
    Susah buang air besar juga dapat membuat mood kita tidak nyaman. Mual, rasa kurang nyaman, perut kembung, dan seringkali menghambat aktivitas.

Jika keluhan ini berlanjut, bukan tidak mungkin ini dapat mengakibatkan masalah pada organ-organ tubuh yang lain, seperti usus besar dan kondisi rahim pada wanita.

Pencegahan dan Pengobatan Susah Buang Air Besar

Peringatan selalu mendatangkan hasil yang terbaik jika diterapkan. Demikian pula jika Anda mengindahkan nasihat untuk mengikuti pola makan yang sehat. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

  • Konsumsi buah dan sayur setiap hari.
  • Konsumsi air putih yang cukup.
  • Kurangi konsumsi kafein, seperti kopi, teh karena dapat mengakibatkan dehidrasi.
  • Kurangi konsumsi junk food.
  • Kurangi gorengan. Gorengan mengandung banyak minyak. Diduga dapat mengganggu lancarnya pencernaan.
  • Olahraga yang teratur.

Selain itu, cobalah untuk lebih relaks dalam menjalani hari-hari Anda dengan mengurangi stres. Bagi Anda yang sering mengalami susah buang air besar, sebaiknya hindari terlalu sering menggunakan obat pencahar atau obat yang digunakan untuk memperlancar buang air besar karena dapat menyebabkan ketergantungan.

Penggunaan obat herbal tentu lebih baik, aman, dan tanpa efek samping. Noni juice, salah satu herbal yang sudah dipercaya untuk mengatasi susah BAB. 

Noni juice dapat membantu enzim-enzim pencernaan untuk bekerja lebih efisien dalam mencerna makanan dan untuk menyerap zat-zat gizi ke dalam tubuh dari makanan yang dikonsumsi.

Jadi, tidak hanya melancarkan pembuangan. Noni juice juga akan menyehatkan keseluruhan tubuh Anda. Tertarik untuk mencoba?

Log In or Register