Tetap “Gagah dan Perkasa” mungkinkah untuk Anda alami? Mungkinkah memperoleh vitalitas prima seperti “Malam Pertama” yang menjadi kenangan indah antara pasangan dan Anda? Dapatkah Anda membangkitkan kembali “Gairah” yang hampir padam dengan obat kuat alami dari herbal?

Ya, bagi banyak pria, stamina dan vitalitas di ‘tempat tidur’ sering menjadi persoalan yang penting. Hal ini bukan hanya persoalan pribadi dan kepuasan diri sendiri semata. Membahagiakan pasangan hidup merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan seksual pasangan menikah.

Manfaat Alami Tongkat Ali sebagai Obat Kuat Alami

Karena ingin membuktikan ‘kejantanan’ banyak diantara ‘Kaum Adam’ yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli suplemen obat kuat penambah stamina dan vitalitas dengan kualitas terbaik. Namun sayangnya tidak semua jenis obat kuat memberikan hasil yang berlangsung permanen. Beberapa produk olahan seringkali sulit ditemukan dan harus dikirim dari luar negeri.

Jangan khawatir, sebenarnya Anda bisa meningkatkan stamina dan vitalitas dengan memanfaatkan herbal asli Indonesia, salah satunya Tongkat Ali. Kemampuannya dalam meningkatkan vitalitas bahkan diakui dunia dan keunggulannya disetarakan dengan Ginseng Korea yang sudah lebih dulu tampil. Seberapa banyak pengguna Tongkat Ali?

Testimoni Pengguna Tongkat Ali


Tak sedikit yang mengonsumsi Tongkat Ali guna membantu tingkatkan vitalitas di usia pensiun, berikut ini sejumlah pengalaman pengguna Tongkat Ali yang dicatat pada situs webmd.com dari beberapa negara.

Pengguna inisial grw, 45-54 tahun, Pria*
Mengonsumsi selama 8 bulan

“Tongkat Ali bekerja dengan baik pada tubuh saya, saya merasa lebih bertenaga, juga merasakan libido yang meningkat. Tekanan darah saya juga turun. Secara keseluruhan herbal ini benar-benar bermanfaat.”

Pengguna inisial freedot, 86 tahun, Pria*
Mengonsumsi selama 1 bulan

“Pertama kali saya mengonsumsinya, saya mendapati bahwa tubuh 86 tahun saya terasa berubah seperti 35 tahun. Hanya saja, ketika saya mulai tidak mengonsumsinya dengan teratur, pengaruhnya juga menurun. Sepertinya saya perlu mengonsumsinya secara teratur untuk beberapa bulan berikutnya guna mendapatkan hasil yang maksimal.”

Pengguna usia 56 tahun, Pria*
Mengonsumsi selama lebih dari 2 tahun

“Saya berusia 56 tahun dan sudah lama mengeluhkan kemampuan seksual saya. Ketika saya mengonsumsi Tongkat Ali, saya mendapati peningkatan performa tubuh yang lebih baik seperti di usia 30 tahunan. Energi tubuh saya membaik, dan saya masih meneruskan konsumsi selama lebih dari 2 tahun dengan dosis sedang tanpa efek samping apa pun pada tubuh saya.”

*) Disclaimer: Hasil yang diperoleh bisa berbeda-beda tergantung kondisi tubuh masing-masing pengguna.

Jika Anda mencari herbal alami yang memiliki kemampuan lebih dari sekadar obat kuat alami guna menambah stamina dan vitalitas. Tongkat Ali merupakan solusi yang Anda cari. Tongkat Ali sangat kaya manfaat untuk kesehatan pria, termasuk membantu meningkatkan kesuburan, kualitas sperma, dan membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan. Penasaran ingin mencobanya?

Baca juga  Obat Kuat Lelaki Asli Indonesia

Atasi Gangguan Fungsi Seksual Pria Dengan Tongkat Ali

Tahukah Anda beberapa keluhan yang seringkali dialami oleh kaum pria ialah disfungsi ereksi, kelemahan ereksi, sperma encer, ejakulasi dini, ejakulasi lambat, serta keluhan-keluhan lainnya. Hal itu dapat diatasi dengan bantuan Tongkat Ali, termasuk pula membantu mendorong stamina pria sehingga lebih sehat dan kuat.

Secara sederhana Tongkat Ali bekerja dengan memengaruhi produksi hormon testosteron. Hormon ini merupakan hormon penting yang akan memengaruhi kinerja fungsi seksual pria, baik secara langsung maupun tidak langsung. Cari tahu lebih banyak manfaat Tongkat Ali yang terkenal berikut:

  • Memperbaiki kualitas sperma dan kekentalan semen
  • Membentuk dan memadatkan otot
  • Memperbaiki sirkulasi darah pada area genital
  • Meningkatkan produksi testosteron secara alami
  • Mendorong peningkatan gairah seksual
  • Mengatasi masalah disfungsi ereksi
  • Memperbaiki masalah hipoganodisme
  • Menjaga ketahanan ereksi
  • Meningkatkan produksi energi pada tubuh
  • Meningkatkan ketahanan otot
  • Membantu mencegah efek kelelahan berlebihan
  • Menekan efek samping stres pada fungsi seksual
  • Menjadi suplemen afrodisiak yang aman dikonsumsi wanita

Menurut sumber tepercaya WebMD, Tongkat Ali tergolong afrodisiak alami yang bersifat mendorong terbentuknya hasrat seksual serta meningkatkan vitalitas seksual. Artinya Tongkat Ali dapat membantu meningkatkan gairah seksual yang telah menurun. Bagaimana dengan bukti ilmiah Tongkat Ali, apakah ada penelitian yang membuktikannya?

Bukti Ilmiah Efektivitas Tongkat Ali Sebagai Obat Kuat

Ternyata ada banyak riset yang telah membuktikan efektivitas dan kinerja Tongkat Ali. Baik dalam bentuk suplemen, ekstraksi, maupun olahan tradisional. Tongkat Ali mampu membantu memperbaiki masalah kesehatan dan kejantanan pria.

  • The Singapore Straits Times (Februari 2003)

    Menurut Kepala Pusat Spesialis Reproduksi Manusia di Dewan Nasional Populasi dan Pengembangan Keluarga di Malaysia, Dr. Ismail Tambi. Tongkat Ali adalah afrodisiak alami yang bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas dan kejantanan.

  • First International Journal of Andrology (2011)

    Dalam sebuah riset yang dikembangkan oleh lembaga tersebut diungkapkan bahwa 30 pria sehat antara usia 31 – 52 tahun yang mendapatkan terapi Tongkat Ali selama 3 minggu, mengalami peningkatan performa seksual sebanyak hampir 50% dan peningkatan gairah seksual hingga 40%.

    Adakah penjelasan sehubungan dengan riset ini? Penjelasan lengkap mengenai riset ini termuat dalam jurnal bertajuk Standardised water-soluble extract of Eurycoma longifolia, Tongkat ali, as testosterone booster for managing men with late-onset hypogonadism?

  • Japanese Association for Laboratory Animal Science (2003)

    Hal ini juga diakui oleh pakar andrologi dari University of Science Malaysia dan National University of Singapore, Ang Hooi Hoon. Journal ini  menyatakan bahwa manfaat Tongkat Ali efektif untuk memperbaiki kadar testosteron yang menurun, sebagai peningkat masalah libido dan kualitas seksual, serta meningkatkan kesuburan.

  • Department of Exercise Physiology, Sports Centre, University of Malaya (2007)

    Kemampuan Tongkat Ali dalam meningkatkan kadar testosteron sangat efektif dan mampu memberikan efek ergogenik yang akan membantu menambah massa serta daya tahan otot, sekaligus menurunkan kadar lemak tubuh. Hal ini dibuktikan dalam riset yang dimuat dalam prosource.net.

  • Nutrient Journal (2017)

    Pengungkapan lain dalam tajuk Eurycoma longifolia (Longjack) has good potential as a testosterone booster” menunjukkan bagaimana Tongkat Ali memiliki efektivitas yang cukup baik dalam meningkatkan produksi hormon testosteron.

    Dikatakan bahwa riset yang melibatkan 76 pria dewasa dengan masalah hipogonadisme atau kelemahan fungsi testis akibat efek turunnya kadar testosteron, terbukti mengalami perbaikan kondisi setelah terapi dengan ekstrak Tongkat Ali sebanyak 200 mg dalam tempo 1 bulan.

    Riset lain yang melibatkan 75 pasien infertilitas menjalankan terapi dengan ekstraksi Tongkat Ali sebanyak 200 mg selama 9 bulan menunjukkan peningkatkan kualitas sperma dan terjadi peningkatan kemungkinan hamil hingga lebih dari 11%.

  • Journal of the International Society of Sports Nutrition (2013)

    Sedangkan menurut 2013 bertajuk “Effect of Tongkat Ali on stress hormones and psychological mood state in moderately stressed subjects”, dijelaskan bahwa terapi ekstraksi Tongkat Ali akan membantu menurunkan kadar hormon kortisol yang berkaitan dengan stres hingga 16% dan membantu meningkatkan kadar testosteron hingga 37%.

  • Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine (2012)

    Yang menarik, Anda tidak harus khawatir mengalami masalah kelebihan testosteron, jika mengonsumsi Tongkat Ali secara rutin. Dalam jurnal bertajuk Effects of Eurycoma longifolia on Testosterone Level and Bone Structure in an Aged Orchidectomised Rat Model”.

    Membuktikan bahwa terapi Tongkat Ali pada pria dewasa yang sudah sehat justru tak berefek pada hormon testosteron. Jadi meski efektif meningkatkan kadar testosteron, terapi dengan ekstraksi Tongkat Ali justru tak akan membuat pria normal mengalami hipertestosteron (kelebihan testosteron).

  • ScienceDirect (2012)

    Tongkat Ali memiliki efek amelioraktif yang menjadi anti estrogen dan membantu menekan efek penolakan hormon estrogen ini terhadap testosteron. Sebagaimana dijelaskan dalam sciencedirect.com tahun 2012 dengan tajuk The ameliorative effects of Eurycoma longifolia Jack on testosterone-induced reproductive disorders in female rats.

Tahukah Anda bahwa terapi dengan Tongkat Ali juga cenderung aman bagi wanita, dibandingkan dengan terapi suplemen testosteron lain. Karena secara alami wanita memiliki hormon estrogen khusus yang bekerja menolak testosteron. Kondisi ini justru bisa mengacaukan fungsi reproduktif dan mengacaukan siklus haid bila kadar testosteron melebihi batasnya.

Manfaat Menakjubkan Lainnya dari Tongkat Ali

Selain bermanfaat untuk memperbaiki aktivitas seksual (obat kuat alami) dan kesuburan. Tongkat Ali juga terbukti dalam membantu meningkatkan kualitas kesehatan secara keseluruhan. Beberapa khasiat lain dari Tongkat Ali yang bisa didapatkan ialah:

  • Sebagai anti kanker

    Menurut laman medicalhealthguide.com, diungkapkan bahwa terapi dengan Tongkat Ali juga dapat meningkatkan anti karsinogen dalam tubuh. Sebuah riset yang dikembangkan di Taiwan membuktikan bahwa terapi dengan Tongkat Ali akan menurunkan kadar sitotoksin dalam tubuh sekaligus memberi manfaat anti apoptosis pada sel kanker.

  • Sebagai anti malaria

    Diungkapkan adanya komponen anti malaria dalam Tongkat Ali yang efektif membantu mengatasi serangan malaria. Ini diungkap dalam Journal of Natural Product tahun 2003 dengan tajuk “Cytotoxic and antimalarial beta-carboline alkaloids from the roots of Eurycoma longifolia.

    Catatan serupa mengenai manfaat Tongkat Ali sebagai anti malaria juga diungkap dalam perpustakaan.fk.ui.ac.id, dengan tajuk Potensi Ekstrak Akar Pasak Bumi (Eurycoma longifolia Jack) sebagai Antimalaria.

  • Sebagai anti bakteri dan anti jamur

    Selain baik untuk kesuburan dan kesehatan seksual, mengonsumsi Tongkat Ali juga terbukti baik untuk membantu meningkatkan ketahanan tubuh terhadap serangan bakteri dan jamur. Ini karena beberapa komponen fitokimia dalam Tongkat Ali berperan sebagai anti bakteri dan anti jamur.

    Hal tersebut telah dijelaskan dalam Internet Scientific Publications tahun 2010 dengan tajuk “The Antibacterial or Antifungl of Eurycoma longifolia Root Extract.”

  • Melindungi kesehatan hati

    Banyak orang khawatir mengonsumsi herbal akan berakibat buruk pada kesehatan liver, namun justru Tongkat Ali didapati memiliki karakter hepaprotektif yang membantu meningkatkan kinerja hati dan melindungi fungsi hati.

    Dijelaskan dalam jurnal bertajuk “Hepaprotective Activity of Eurycoma Longifolia Jack Root” yang dirilis dalam Indian Journal of Traditional Knowledge tahun 2013 mengenai cara kerja Tongkat Ali sebagai terapi hepaprotektif yang aman.

Tongkat Ali merupakan herbal yang sudah lama dikenal berkhasiat bagi kejantanan pria. Bahkan manfaat Tongkat Ali telah mendapat pengakuan secara tradisional di kawasan Asia Tenggara. Sehingga sejak dulu telah digunakan untuk mengatasi keluhan kesehatan serta kejantanan pria.

Tongkat Ali Aman Dikonsumsi

Bagaimana dengan konsumsi Tongkat Ali dalam jangka panjang, seberapa aman ini dapat diteruskan? Apakah konsumsi herbal ini dapat menimbulkan efek samping yang perlu diwaspadai? Bagaimana dosis aman untuk mengonsumsi Tongkat Ali?

Umumnya konsumsi ekstraksi Tongkat Ali tergolong aman selama dilakukan dengan dosis yang sesuai. Dan, belum ada catatan buruk mengenai pengaruh Tongkat Ali. Khususnya terhadap kesuburan, keseimbangan hormon pria, kesehatan prostat, testis, serta kualitas semen dalam jangka panjang.

Bagi wanita yang tengah hamil atau menyusui, konsumsi Tongkat Ali sebaiknya dihindari. Mengingat tubuh membutuhkan kadar estrogen yang tinggi untuk menunjang kondisi kehamilan serta produksi ASI. Karena dalam Tongkat Ali memiliki anti estrogen yang dapat menekan kadar estrogen. Sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi pada saat sedang hamil maupun menyusui.

Konsumsi Tongkat Ali dalam jangka panjang tidak dianjurkan bagi wanita. Karena secara alami seharusnya tubuh wanita didominasi oleh estrogen, sementara Tongkat Ali mengandung komponen anti estrogen. Sehingga konsumsi Tongkat Ali bagi wanita hanya dapat dilakukan dalam jangka pendek atau dengan dosis yang disesuaikan.

Namun, secara umum dapat disimpulkan bahwa konsumsi herbal Tongkat Ali adalah salah satu pilihan terbaik. Guna meningkatkan hormon testosteron dalam tubuh bagi siapa pun yang mengalami gangguan kekurangan kadar testosteron.

Menurut catatan First International Journal of Andrology tahun 2014, Phytoandrogenic properties of Eurycoma longifolia as natural alternative to testosterone replacement therapy” dikatakan bahwa manfaat Tongkat Ali sangat baik sebagai testosterone replacement therapy  yang aman dan sehat.

Sedangkan menurut catatan nutrientjournal.com, belum ada keluhan resmi yang merujuk pada efek samping Tongkat Ali. Anda hanya disarankan mengonsumsi dalam dosis yang disesuaikan dengan kondisi tubuh.

Dikatakan bahwa dosis aman dalam mengonsumsi Tongkat Ali sebagai obat kuat alami misalnya, berada pada kisaran 200 – 300 mg per hari. Sedangkan perkiraan toleransi tubuh terhadap Tongkat Ali adalah 1,2 gram untuk setiap 60 gram perharinya.

Belum ada bukti yang menunjukkan adanya pengaruh buruk Tongkat Ali terhadap kesehatan liver dan ginjal. Riset yang diungkap dalam jurnal Acute and subacute toxicity studies of E longifolia in male rats”, pada International Journal of Pharmacology 2011, membuktikan bahwa penggunaan Tongkat Ali dalam dosis 300 mg setiap hari selama 12 minggu tidak mengakibatkan aktivitas abnormal pada ginjal maupun liver. Juga cenderung aman untuk tekanan darah serta irama detak jantung.

Selain itu, diketahui pula bahwa terapi dengan Tongkat Ali aman bagi prostat, fungsi saraf tepi dan pusat, kinerja tiroid, juga fungsi sirkulasi darah. Ini meyakinkan kita bahwa secara umum Tongkat Ali adalah pilihan obat kuat alami yang sehat dan aman.

Beberapa pakar menyarankan Anda untuk mengonsumsi Tongkat Ali dalam dosis bertahap, terutama bagi Anda yang mudah merasa gelisah. Guna menghindari pengaruh insomnia atau sulit tidur karena meningkatnya sirkulasi darah menuju otak yang berlangsung lama.

Walaupun demikian, konsumsi Tongkat Ali tidak menimbulkan efek samping pada detak jantung, sirkulasi darah, atau menyebabkan keluhan signifikan lain. Efek kegelisahan dan keaktifan tidak terlalu parah sehingga menjadi masalah. Dosis bertahap disarankan dengan tujuan membantu tubuh Anda beradaptasi dengan lebih baik terhadap efek Tongkat Ali.

Jadi, bagi Anda yang tertarik menemukan cara aman dan alami untuk meningkatkan performa seksual atau membantu mengatasi keluhan seksual dan fertilitas. Tongkat Ali adalah pilihan terbaik.

Tongkat Ali bukan hanya baik untuk kesehatan fungsi seksual dan kesuburan, tetapi juga bermanfaat meningkatkan kesehatan hati, memperbaiki sirkulasi darah, juga mengoptimalkan daya tahan tubuh.

Demikianlah info lengkap seputar Tongkat Ali, herbal obat kuat alami yang mempu mengembalikan dan meningkatkan hormon testosteron dalam tubuh Anda. Simak terus info terkini dan tepercaya lainnya hanya di Deherba.com.

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍4