Tips Kurangi Masalah Mendengkur

478

Diedit:

Mendengkur adalah masalah umum kebanyakan orang, karena hampir separuh orang dewasa sering mendengkur di malam hari. Jika Anda salah satunya, mungkin tidak merasa terganggu, namun bagaimana dengan teman tidur Anda? Bisa jadi istri atau suami merasa terganggu sewaktu beristirahat, gara-gara suara dengkuran Anda yang keras. Bacalah artikel ini yang membahas tips kurangi masalah mendengkur.

Apa penyebabnya? Mendengkur terjadi ketika udara yang Anda hirup saat tidur mengalir melalui jaringan yang kendur pada tenggorokan. Ini menyebabkan jaringan bergetar sehingga menghasilkan suara napas yang kasar.

Bergantung pada penyebabnya, mendengkur mungkin disertai dengan tidur yang tidak tenang, nyeri dada di malam hari, napas terengah-engah atau tersedak saat tidur, sakit tenggorokan, tekanan darah tinggi, rasa kantuk yang berlebihan di siang hari dan juga kesulitan berkonsentrasi.

Sekarang, apa yang bisa dilakukan untuk mencegah atau mengurangi mendengkur? Caranya ada banyak, di bawah ini akan dibahas beberapa diantaranya.

1Turunkan berat badan. Kelebihan berat badan adalah penyebab umum mendengkur. Orang yang kegemukan memiliki berat tambahan pada bagian leher yang menyempitkan jalur pernapasan dan membuat jaringan yang kendur di tenggorokan bergetar saat bernapas.

2Coba tidur miring. Tidur telentang membuat lidah jatuh ke arah tenggorokan, yang menyempitkan jalur pernapasan dan menyumbat sebagian aliran udara. Jika Anda kesulitan mempertahankan posisi miring saat tidur, coba jahit bola tenis di bagian belakang baju tidur.

3Obati hidung tersumbat. Suatu alergi atau kelainan pada sekat hidung bisa membatasi aliran udara yang masuk melalui hidung. Hal ini memaksa Anda untuk bernapas lewat mulut, dan akhirnya meningkatkan kecenderungan untuk mendengkur.

Obati dengan dekongestan sesuai dengan anjuran dan resep dokter. Bila Anda memiliki kelainan pada sekat hidung, maka diperlukan pembedahan hidung agar bisa bernapas lega.

4Gunakan nasal strip (strip hidung). Nasal strip dapat melebarkan jalur pernapasan di hidung, yang mempermudah untuk bernapas. Hal ini akan mengurangi mendengkur, terutama jika getaran berasal dari hidung Anda. Nasal strip tersedia di berbagai toko obat dan apotek.

5Kurangi atau hindari konsumsi minuman yang mengandung alkohol dan obat tidur. Jangan minum-minuman yang mengandung alkohol minimal 2 jam sebelum tidur. Jika Anda terbiasa minum obat tidur, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum melanjutkan konsumsi obat tidur.

Baik alkohol maupun obat tidur menekan sistem saraf pusat sehingga membuat otot-otot berelaksasi secara berlebihan, termasuk otot di jaringan dasar tenggorokan. Relaksasi otot inilah yang memicu Anda mendengkur ketika tidur.

6Bernyanyilah. Menyanyi bisa memperbaiki kendali otot tenggorokan. Suatu penelitian terhadap sejumlah partisipan menunjukkan bahwa ada penurunan frekuensi mendengkur pada partisipan yang menggunakan metode menyanyi.

Mereka berlatih menyanyi selama 20 menit dalam sehari selama 3 bulan. Partisipan tersebut mulai mendengkur saat dewasa, dan tidak mengalami masalah hidung maupun kelebihan berat badan. Namun, cara ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Advertisement
Alinesia