Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Manfaat Magnesium untuk Mengatasi Depresi Manfaat Magnesium untuk Mengatasi Depresi

Ternyata Manfaat Magnesium Penting Buat Anda! Ini Dia 10 Diantaranya

Selama ini kita tahu besarnya manfaat mineral bagi kesehatan dan keberlangsungan hidup manusia. Namun tak banyak yang tahu apa manfaat setiap jenis mineral tersebut. Padahal peran mereka sangat besar dalam mempertahankan stabilitas kinerja setiap bagian tubuh kita.

Demikian pula bila kita bicara soal magnesium dan segala manfaat magnesium bagi kesehatan. Magnesium termasuk jenis mineral yang kita butuhkan dalam jumlah yang relatif besar dibandingkan jenis mineral lain.

Menurut WHO secara umum kebutuhan tubuh akan magnesium hanya 80 mg untuk usia dibawah 3 tahun, 130 mg untuk usia 4-8 tahun, 240 mg untuk usia 9 -12 tahun, 350 sampai 400 mg untuk usia remaja hingga dewasa, dan menjadi 430 mg untuk usia manula.

Magnesium sendiri masuk dalam daftar 7 makro mineral esensial. Karena perannya yang cukup besar dalam tubuh sehingga kekurangan magnesium akan berakibat fatal jika terjadi. Magnesium sendiri sebagian besar berada di dalam tulang manusia, sedangkan sisanya sekitar 50% tersebar di seluruh sel tubuh seperti pada otot, jaringan organ, dan pada beberapa bagian sel darah.

Apa saja manfaat magnesium?

Dalam salah satu ulasan yang kami lansir dari medicalnewstoday, berikut adalah beberapa peran dan manfaat utama dari magnesium untuk kesehatan manusia.

1. Kesehatan tulang

Magnesium memang memiliki peran sangat besar dalam membentuk tulang dan proses pertumbuhannya. Magnesium berfungsi untuk membantu proses asimilasi kalsium dalam formasi tulang. Magnesium juga membantu proses aktivasi vitamin D dalam ginjal untuk kemudian diserap sebagai bagian dari proses penguatan tulang. Magnesium sendiri juga bekerja sebagai perekat antar molekul dalam tulang sehingga tulang akan lebih kokoh.

2. Pencegahan diabetes

Magnesium memiliki peran besar dalam proses metabolisme terhadap karbohidrat dan glukosa. Sebuah studi di Maryland Medical Center USA yang melibatkan 2000 pasien diabetes tipe 2 membuktikan bahwa diet dengan menambahkan lebih banyak magnesium akan membantu menurunkan glukosa darah dan menstabilkan kondisinya. Riset ini juga membuktikan adanya peran magnesium dalam mencegah resistensi insulin.

3. Kesehatan pencernaan

Magnesium berperan dalam membantu berbagai kelenjar enzim dalam pencernaan untuk memproduksi setidaknya 300 jenis enzim penting bagi tubuh. Perannya besar dalam memaksimalkan fungsi pencernaan dan proses penyerapan sari makanan. Magnesium dimanfaatkan untuk membantu menjaga stabilitas produksi asam lambung, menekan produksi gas, membantu mengatasi efek perut panas, perih, serta nyeri akibat serangan iritasi lambung.

4. Mengatasi PMS

Dalam riset yang juga diadakan oleh Maryland Medical Center USA disampaikan pula mengenai manfaat Magnesium untuk membantu meredakan gejala Pre Menstruasi Syndrom (PMS) dengan memadukannya bersama B6. Magnesium akan membantu meredakan ketegangan otot pada daerah pinggang dan panggul serta membantu menstabilkan fungsi peristaltik dinding rahim—yang sangat membantu meredakan nyeri haid.

5. Penanganan asma seketika

Dalam beberapa metode kesehatan modern, ditemukan prosedur pemberian infus magnesium pada pasien yang mendapatkan serangan asma berat. Infus magnesium akan seketika memberi efek relaks pada otot leher dan sistem pernafasan sehingga membuka sumbatan dan melonggarkan penebalan dinding tenggorokan yang menjadi penyebab asma.

6. Mengatasi depresi

Magnesium dalam jangka pendek memberi efek rileks pada tubuh dan pada akhirnya akan membantu produksi serotonin—yang disebut hormon “senang”. Hormon ini akan meredakan efek stress dan depresi pada seseorang karena serotonin akan bekerja selayaknya seorang ibu yang memeluk dan menenangkan anaknya.

7. Kesehatan jantung

Maryland Medical Center USA menyatakan bahwa peran magnesium sangat besar dalam kesehatan jantung. Studi membuktikan adanya kolerasi antara penurunan risiko serangan jantung koroner dengan asupan magnesium yang mencukupi. Magnesium memiliki peran dalam menjaga stabilitas detak jantung. Malahan dalam beberapa riset lain ditemukan adanya manfaat infus magnesium dalam mengatasi aritmia—penyakit dimana detak jantung bekerja tidak beraturan. Riset lain menunjukan adanya peran magnesium untuk membantu pemulihan pasien angioplasty.

8. Menurunkan tekanan darah

Ada manfaat magnesium terhadap tekanan darah tinggi dan ini dibuktikan oleh salah satu riset Maryland Medical Center USA terhadap 8500 orang wanita penderita hipertensi. Peran magnesium akan membantu mengembalikan komposisi darah, mengatasi kelebihan sodium dan natrium darah, serta membantu mengatasi kelebihan kolesterol dalam darah. Bagi ibu hamil yang terdeteksi mengalami tekanan darah tinggi, solusi terbaiknya adalah dengan memberikan asupan magnesium karena dianggap lebih aman bagi pertumbuhan janin ketimbang pemberian obat medis.

9. Mengatasi keluhan pada otot

Mereka yang kerap bekerja dalam kondisi dan posisi monoton biasanya mengeluhkan nyeri, keram, kesemutan, dan kadang disertai gejala menyerupai karpal sindrom. Magnesium akan membantu menekan terjadinya efek semacam ini pada otot.

10. Mengatasi migrain

Studi mengatakan bahwa mengonsumsi lebih banyak magnesium akan membantu menekan ketegangan otot dan saraf pada area kepala, serta menekan ketegangan pembuluh darah yang menyebabkan sirkulasi darah menuju otak terhambat. Ini berperan besar dalam membantu mengatasi rasa sakit kepala yang hebat seperti migrain. Juga membantu menurunkan durasi serangan dan kekerapan serangan. Magnesium juga dapat membantu otak lebih toleran terhadap stres, tekanan kerja, dan kelelahan akibat berpikir keras.

Dimana bisa mendapatkan manfaat magnesium?

Tidak sulit menemukan sumber magnesium, karena magnesium secara umum terdapat pada hampir semua jenis sayuran dan buah yang kaya serat. Beberapa jenis bahan makanan memang memiliki jumlah magnesium yang mencukupi dan lebih mudah untuk dikonsumsi. Diantaranya adalah jamur dan satu jenis buah tropis unik bernama noni.

Buah noni adalah buah alami khas tropis yang dikenal mengandung cukup magnesium untuk memenuhi kebutuhan tubuh namun tidak dalam porsi berlebihan yang dapat mengganggu fungsi ginjal. Meski begitu, tentu saja penting untuk memperhatikan asupan air putih guna menekan efek samping asupan magnesium.

addfriends en 130
PENTING: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami.

Log In or Register