Takut Gagal Operasi Plastik Kecantikan? Baca Artikel Ini Sebelum Memutuskan

533

Diedit:

Wajah dan tubuh yang terlihat sempurna, siapa yang tidak menginginkannya? Siapapun, wanita maupun pria, pasti mau penampilannya enak dilihat. Itulah sebabnya banyak orang rela berupaya keras mendapatkannya, bahkan tak jarang ada yang sampai melakukan operasi plastik. Ya, di jaman sekarang operasi plastik untuk kecantikan sudah menjadi hal yang biasa.

Apakah Anda berencana melakukan operasi plastik untuk meningkatkan penampilan? Jika iya, maka ada baiknya untuk mempertimbangkan matang-matang banyak hal sebelum memutuskan operasi plastik. Berikut adalah pertimbangan-pertimbangan yang perlu dilakukan.

Mengapa Anda Menginginkan Operasi Plastik?

Ini pertanyaan yang penting untuk direnungkan secara mendalam. Operasi plastik punya banyak risiko dan butuh banyak biaya. Ini bisa mengubah penampilan fisik Anda secara permanen, mungkin dengan cara yang tidak Anda harapkan atau yang tidak memuaskan.

Jangan mengubah penampilan hanya karena pandangan orang lain atau karena Anda pikir ini bisa membantu Anda mendapatkan pekerjaan idaman. Jika Anda sudah merasa puas dengan penampilan Anda, jangan biarkan orang lain menekan Anda untuk menjalani operasi plastik. Keputusan ini harus Anda buat sendiri dan pastikan jika Anda memang benar-benar membutuhkan operasi plastik.

Jika Anda tidak puas dengan penampilan sekarang, pertimbangkan dulu cara-cara lain untuk memperbaiki kekurangan tersebut sebelum memutuskan bedah plastik. Misalnya, losion dan krim yang diresepkan dokter mungkin bisa mengurangi keriput. Atau gunakan makeup untuk menutupi keriput, bekas luka, dan perubahan kulit lainnya.

Jika Anda kurang puas dengan bentuk tubuh, cobalah ganti gaya berpakaian yang mungkin bisa memperbaiki penampilan. Olahraga dan pola makan sehat juga seringkali bisa membantu Anda mendapatkan bentuk tubuh yang diidamkan.

Apa yang Anda Harapkan?

Anda mungkin bisa puas dengan hasil operasi plastik jika Anda punya harapan yang realistis dan alasan yang tepat mengapa Anda butuh melakukannya. Ingatlah bahwa operasi plastik ditujukan untuk meningkatkan atau memperbaiki apa yang sudah Anda miliki, bukan untuk meniru apa yang orang lain miliki yang Anda idam-idamkan.

Ingat juga bahwa efek dari penuaan, paparan sinar matahari, dan radikal bebas akan tetap ada meskipun Anda menjalani bedah kecantikan. Operasi ini bukanlah pengganti kebiasaan sehat. Memenuhi kebutuhan nutrisi dan olahraga teratur, melindungi diri dari radiasi sinar matahari, mengendalikan stres, berhenti merokok, dan menghindari obat-obatan serta alkohol berlebihan dampak positifnya jauh lebih besar dan bertahan lama bagi penampilan Anda.

Cobalah untuk berpikir realistis terhadap dampaknya bagi kehidupan Anda. Mengubah bagian tubuh tertentu yang tidak Anda sukai mungkin bisa membuat Anda merasa nyaman, baik secara emosi maupun fisik. Akan tetapi jangan harap operasi plastik bisa menyelesaikan semua masalah. Ini mungkin bisa mengubah penampilan, tapi tidak bisa mengubah diri Anda sebenarnya.

Baca juga:  Penuhi Kebutuhan 6 Vitamin untuk Kulit agar Selalu Tampil Cantik Alami

Apa Risiko dari Operasi Plastik?

Tidak ada prosedur bedah plastik yang tidak punya risiko. Risikonya beragam dan bergantung pada tingkat kesehatan Anda serta jenis prosedur yang dijalani. Komplikasi serius memang jarang terjadi, tetapi tetap saja itu bisa Anda alami.

Bisa jadi Anda menempatkan kesehatan dan kehidupan Anda pada risiko yang tidak perlu karena menjalani operasi plastik. Karena itu, sangat penting untuk mempertimbangkan untung-rugi yang mungkin didapati saat dan setelah menjalani operasi.

Siapapun yang menderita penyakit jantung, penyakit paru-paru, diabetes, atau obesitas punya risiko besar mengalami komplikasi seperti pneumonia, stroke, serangan jantung, atau penggumpalan darah di kaki atau paru-paru. Kebiasaan merokok juga turut memperbesar risiko dan menghambat penyembuhan. Komplikasi yang mungkin terjadi akibat operasi plastik gagal antara lain:

  • Komplikasi yang berhubungan dengan anestesi—termasuk pneumonia, pembekuan darah, bahkan kematian.
  • Infeksi di sekitar sayatan, dan dapat memburuk menjadi jaringan parut sehingga butuh operasi tambahan.
  • Cairan yang menumpuk di bawah kulit.
  • Pendarahan ringan, yang mungkin butuh operasi plastik tambahan, atau pendarahan berat yang membahayakan nyawa.
  • Bekas luka yang terlihat jelas atau kerusakan kulit, sebagai akibat dari penyembuhan kulit terjadi abnormal sehingga diangkat melalui pembedahan.
  • Mati rasa dan kesemutan akibat kerusakan saraf—dampaknya mungkin permanen.

Risiko utama lain yang dari bedah kecantikan adalah bahwa hal ini mungkin tidak menghasilkan perubahan yang Anda inginkan dan bahkan membuat Anda semakin tidak bahagia. Prosedur atau pengobatan tambahan mungkin diperlukan untuk memperbaiki hasil operasi awal. Akan tetapi, hasil operasi plastik kecantikan seringkali tidak dapat diubah-ubah lagi.

Pikirkan juga biaya yang diperlukan. Operasi plastik untuk kecantikan biasanya mahal. Biayanya termasuk biaya untuk prosedur bedah plastik itu sendiri (mencakup biaya dokter bedah, anestesi, dan fasilitas operasi), obat apapun sebelum dan sesudah prosedur, perawatan lanjutan, check-up, dan masih banyak biaya lainnya.

Apakah Anda Masih Ingin Melakukannya?

Dampak dan risiko operasi plastik yang cukup berat mungkin membuat Anda urung menjalaninya. Terlebih lagi risiko-risiko tersebut bisa saja Anda alami dalam jangka panjang, bahkan permanen, dan risikonya bertambah parah jika operasi plastik gagal.

Anda hanya punya satu tubuh seumur hidup, dan sekali Anda mengubahnya dengan operasi plastik, tubuh tersebut akan berubah selamanya. Anda mungkin berpikir tidak akan pernah menyesali keputusan untuk mengubahnya, tetapi nyatanya fakta di lapangan membuktikan yang sebaliknya.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

Sebuah survei yang diringkaskan oleh huffingtonpost.com memperlihatkan bahwa operasi plastik untuk kecantikan tidak benar-benar membuat Anda tampak lebih menarik.

Penelitian yang dilakukan Aesthetic Surgery Institute juga menyatakan bahwa hanya sepertiga—bahkan kurang—dari pasien yang merasa senang dengan hasilnya. Sebuah penelitian di Norwegia juga membuktikan bahwa remaja perempuan yang menjalani bedah kecantikan lebih rentan menderita gangguan kecemasan dan depresi. Penelitian itu kemudian menyimpulkan bahwa operasi plastik tidak bisa memperbaiki masalah mental atau emosi yang kemungkinan jadi penyebab Anda ingin operasi plastik.

Ditambah lagi, jika operasi plastik gagal, kemungkinan besar Anda menjadi jauh lebih tidak bahagia daripada sebelumnya. Jadi cintailah diri Anda apa adanya dan biarkan wajah atau bagian tubuh lain manapun terlihat alami. Sadarilah bahwa setiap wanita cantik, bahkan tanpa perlu terlihat sempurna. Dan kecantikan dari dalam—sifat-sifat baik—jauh lebih berharga daripada penampilan fisik.

Manfaatkan Noni Juice, Alternatif untuk Kecantikan Alami Tanpa Operasi

Noni Juice dapat membantu Anda mendapatkan penampilan fisik yang diidam-idamkan, tanpa perlu merasakan sakitnya sayatan bedah plastik. Tahukah Anda bahwa penampilan fisik banyak bergantung pada kesehatan kulit? Ya, kulit adalah organ tubuh yang terluas dan paling kelihatan, jadi merawat kulit seharusnya jadi prioritas untuk mendapatkan kecantikan yang diidamkan.

Noni Juice memiliki berbagai kandungan dan antioksidan yang sangat berperan menjaga kesehatan kulit. Diantaranya; Antrakuinon sebagai antibakteri, antitumor, analgesik, antivirus, dan memiliki tipe 1 sintesis kolagen; Glikosida dan Glukosida sebagai antikanker dan antitumor; Lignan dan Neolignan sebagai antioksidan dan arteriosklerosis; Polisakarida sebagai immuno modulator, antikanker, dan antitumor; Scopoletin sebagai antiinflamasi, analgesik, penghambat histamin, antibakteri, dan antijamur.

Dengan rutin mengonsumsi Noni Juice, Anda bisa mendapatkan kulit yang jauh lebih indah. Dan ini berarti penampilan fisik pun dapat meningkat. Khasiat Noni Juice bagi kecantikan kulit tidak perlu diragukan lagi, karena bahkan seorang model Victoria Secret sekelas Miranda Kerr pun rutin minum herbal ini untuk memperoleh kecantikan kulit yang tampak sempurna.

Baca artikel “Miranda Kerr—Wanita Tercantik di Dunia, Ternyata Rahasia Kecantikannya Berasal dari Indonesia!” untuk mengetahui mengapa Noni Juice begitu bermanfaat bagi kecantikan model Vitoria Secret tersebut.

Bagi Anda yang sedang bimbang apakah operasi plastik adalah keputusan yang bijak, kami anjurkan untuk pertimbangkan baik-baik sebelum melakukannya. Pikirkan untung-ruginya dan dampak buruk yang terjadi apabila operasi plastik gagal. Ingatlah bahwa kecantikan dari luar tidak bertahan lama. Kecantikan dari dalam yang terlihat dari sifat-sifat baik Anda—itulah yang bertahan lama dan sangat dihargai orang lain.