Stadium Kanker Anal


By Cindy Wijaya

Dalam artikel ini akan dikupas mengenai stadium kanker anal yang digunakan dokter untuk menentukan tingkat pertumbuhan atau penyebaran kanker anal pada pasiennyal. Stadium kanker menggambarkan lokasi kanker, penyebaran kanker, dan apakah kanker telah menyerang bagian tubuh lain.

Untuk dapat menentukan stadium sebuah kanker, pasien akan diminta untuk menjalani sejumlah pemeriksaan medis. Setelah semua pemeriksaan dijalani, barulah dokter dapat memastikan stadium kanker yang dimiliki pasiennya.

Mengetahui stadium kanker akan membantu dokter untuk mempertimbangkan bersama pasien tentang metode pengobatan terbaik yang sesuai kondisi pasien.

Dalam menentukan stadium kanker, ada beberapa sistem yang dapat digunakan. Salah satu sistem yang umum dipakai para dokter untuk kanker anal ialah sistem TNM dari American Joint Committee on Cancer (AJCC).

Berdasarkan sistem TNM ini, kanker anal dikategorikan menjadi lima stadium, yaitu kanker anal stadium 1, kanker anal stadium 2, kanker anal stadium 3, dan kanker anal stadium 4. Mari cari tahu satu per satu apa arti dari masing-masing stadium kanker tersebut, mulai dari yang paling awal.

Kanker Anal Stadium 1

Pada stadium kanker anal yang masih sangat awal ini, kanker masih berukuran kurang dari 2 cm dan belum menyebar ke jaringan terdekat, ke kelenjar getah bening, atau ke organ lain.

Ilustrasi Kanker Anal Stadium 1

Pengobatan yang umumnya disarankan dokter untuk kanker anal stadium 1 ialah operasi dan kemoradioterapi (kombinasi kemoterapi dan radioterapi).

Operasi mungkin disarankan jika kanker berada di dekat tepi anal dan ukurannya kurang dari 2 cm. Operasi ini disebut resesi lokal.

Pasien mungkin juga disarankan operasi jika kankernya kambuh kembali atau belum hilang sepenuhnya setelah menjalani kemoradioterapi.

Kemoradioterapi mungkin disarankan apabila kankernya lebih besar dari 2 cm, melibatkan sfingter anal, atau melibatkan saluran anal.

Kanker Anal Stadium 2

Pada stadium kanker anal ini, kanker sudah lebih besar dari 2 cm tetapi belum menyebar ke jaringan terdekat, ke kelenjar getah bening, atau ke organ lain.

Ilustrasi Kanker Anal Stadium 2

Kanker anal stadium 2 dibagi lagi menjadi dua, yaitu stadium 2A dan stadium 2B.

Pada kanker anal stadium 2A, kanker berukuran lebih besar dari 2 cm tetapi lebih kecil dari 5 cm. Sedangkan pada kanker anal stadium 2B, kanker sudah berukuran lebih besar dari 5 cm.

Pengobatan yang umumnya disarankan dokter untuk kanker anal stadium 2 adalah kemoradioterapi, yang merupakan gabungan dari kemoterapi dan radioterapi.

Pasien juga mungkin disarankan untuk operasi apabila kankernya kambuh kembali atau belum benar-benar hilang setelah kemoradioterapi.

Kanker Anal Stadium 3

Pada stadium kanker anal ini, ukuran kanker dapat berbeda-beda dan kanker sudah menyebar ke jaringan terdekat atau ke kelenjar getah bening. Tetapi belum menyebar ke bagian tubuh yang jauh.

Kanker anal stadium 3 dibagi lagi menjadi tiga, yaitu stadium 3A, stadium 3B, dan stadium 3C.

Pada kanker anal stadium 3A, ukuran kanker tidak lebih besar dari 5 cm. Kankernya sudah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat pada rektum, panggul, atau selangkangan. Tetapi belum menyebar ke bagian tubuh lain.

Pada kanker anal stadium 3B, ukuran kanker bisa berapa pun dan bertumbuh ke organ sekitar, misalnya ke kandung kemih, saluran yang membawa urin dari kandung kemih keluar tubuh (uretra), atau vagina. Tetapi belum menyebar ke kelenjar getah bening atau ke bagian tubuh lain.

Pada kanker anal stadium 3C, kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat tetapi tidak ke bagian tubuh lain. Selain itu kanker juga bisa berukuran lebih besar dari 5 cm ATAU kanker bisa berukuran berapa pun dan sudah bertumbuh ke organ sekitar, seperti ke kandung kemih, uretra, atau vagina.

Pengobatan yang umumnya disarankan dokter untuk kanker stadium ini ialah kemoradioterapi. Namun pasien juga mungkin akan menjalani operasi jika kankernya belum sepenuhnya hilang setelah kemoradioterapi atau jika kanker kambuh lagi.

Kanker Anal Stadium 4

Pada stadium kanker anal ini, kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lain, misanya ke liver (hati). Kankernya bisa berukuran berapa pun dan sudah atau belum menyebar ke kelenjar getah bening. Kanker anal stadium 4 juga disebut kanker anal stadium lanjut.

Ilustrasi Kanker Anal Stadium 4

Pengobatan yang umumnya disarankan dokter untuk kanker anal stadium 4 adalah kemoterapi dan radioterapi.

Tujuan utama pengobatan pada kanker anal stadium lanjut ini adalah untuk memperlambat pertumbuhan dari kankernya serta untuk meringankan gejala-gejala yang ditimbulkannya.

Kesimpulan tentang Stadium Kanker Anal

Pada kanker anal stadium 1, ukuran kanker masih kurang dari 2 cm dan belum menyebar ke jaringan terdekat, ke kelenjar getah bening, atau ke organ lain.

Pada kanker anal stadium 2, ukuran kanker sudah lebih dari 2 cm tetapi belum menyebar ke jaringan terdekat, ke kelenjar getah bening, atau ke organ lain.

Pada kanker anal stadium 3, ukuran kanker bisa berbeda-beda dan kanker sudah menyebar ke jaringan terdekat atau ke kelenjar getah bening. Tetapi belum menyebar ke bagian tubuh yang jauh.

Pada kanker anal stadium 4, kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lain, misanya ke liver (hati). Kankernya bisa berukuran berapa pun dan sudah atau belum menyebar ke kelenjar getah bening.

Demikianlah artikel ini yang menjelaskan tentang stadium kanker anal. Semoga informasi ini berguna bagi Anda. Temukan juga ulasan-ulasan informatif lain seputar penyakit kanker hanya di Deherba.com.

Sumber
{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>