Blog Herbal No. 1 Indonesia

Sindrom Ramsay Hunt, Ruam & Kelumpuhan Wajah Akibat Cacar Api


By Cindy Wijaya

Apakah Anda pernah mengalami cacar air? Meski sudah lama sembuh darinya, virusnya tidak benar-benar hilang. Virus itu bisa tetap ada dalam tubuh, dalam kondisi “tidur”, hingga bertahun-tahun sebelum aktif kembali dan menyebabkan masalah lagi. Salah satu masalah yang bisa ditimbulkan adalah sindrom Ramsay Hunt (Ramsay Hunt syndrome).

Ini dicirikan dengan ruam menyakitkan di area wajah dan kelemahan atau kelumpuhan di wajah. Jangan abaikan jika muncul gejala-gejala ini, karena bisa berdampak serius. Cari tahu lebih banyak tentang gejala, penyebab, dan pengobatan Ramsay Hunt syndrome di artikel ini.

Apa Itu Sindrom Ramsay Hunt?

Sindrom Ramsay Hunt adalah sekumpulan gejala-gejala yang terjadi ketika penyakit herpes zoster (cacar api) berdampak pada saraf wajah di dekat salah satu telinga penderitanya. Selain gejala ruam yang menyakitkan, sindrom ini dapat menyebabkan kelumpuhan wajah dan gangguan pendengaran di telinga yang terkena.

Ramsay Hunt syndrome disebabkan oleh virus yang sama yang menyebabkan cacar air. Setelah cacar air sembuh, virus masih hidup di saraf penderitanya tetapi dalam kondisi tidak aktif. Bertahun-tahun kemudian, virus tersebut dapat kembali aktif dan menyebabkan herpes zoster. Ketika itu terjadi, virus dapat memengaruhi saraf wajah penderitanya.

Komplikasi dari Ramsay Hunt syndrome dapat dicegah atau dikurangi apabila mendapat pengobatan yang segera. Komplikasi dari sindrom ini antara lain kelemahan otot wajah dan tuli yang permanen.

Bagaimana Gejala-Gejala Sindrom Ramsay Hunt?

Terdapat dua gejala utama dari Ramsay Hunt syndrome, yaitu:

  • Ruam merah yang terasa sakit dengan lepuh berisi cairan di, dalam, dan sekitar salah satu telinga.
  • Kelemahan atau kelumpuhan wajah pada sisi yang sama dengan telinga yang terkena.

Biasanya ruam dan kelumpuhan wajah terjadi secara bersamaan. Kadang ruam dan kelumpuhan juga dapat terjadi dalam waktu berbeda. Adakalanya juga ruam tidak pernah muncul, hanya kelumpuhan saja.

Jika Anda mengalami Ramsay Hunt syndrome, Anda mungkin juga mengalami gejala-gejala lain berikut:

  • Sakit telinga
  • Gangguan pendengaran
  • Telinga berdenging (tinnitus)
  • Kesulitan menutup salah satu mata
  • Sensasi berputar atau bergerak (vertigo)
  • Perubahan persepsi rasa atau hilangnya rasa
  • Mulut dan mata kering

Kapan sebaiknya periksakan diri ke dokter? Segera temui dokter jika Anda mengalami kelumpuhan wajah atau ruam herpes zoster di wajah Anda. Perawatan yang dimulai dalam waktu 3 hari sejak munculnya gejala awal dapat membantu mencegah komplikasi jangka panjang.

Apa Sebenarnya Penyebab Sindrom Ramsay Hunt?

Ramsay Hunt syndrome terjadi pada orang yang pernah menderita cacar air. Setelah Anda sembuh dari cacar air, virus penyebabnya (varicella-zoster) tidak benar-benar hilang dari tubuh. Virus itu tetap ada di dalam tubuh Anda, dalam kondisi tidak aktif. Kadang virus itu bisa kembali aktif bertahun-tahun setelahnya, kemudian menyebabkan herpes zoster (cacar api), ruam yang menyakitkan dengan lepuh berisi cairan.

Ramsay Hunt syndrome adalah penyakit herpes zoster yang memengaruhi saraf wajah di dekat salah satu telinga Anda. Penyakit ini juga dapat menyebabkan kelumpuhan wajah dan gangguan pendengaran di salah satu sisi.

Apa Saja Faktor yang Memperbesar Risiko Ramsay Hunt Syndrome?

Sindrom Ramsay Hunt dapat dialami oleh siapapun yang pernah menderita cacar air. Namun lebih umum terjadi pada orang yang berusa lebih tua, biasanya di atas 60 tahun. Sindrom ini jarang sekali dialami oleh anak-anak.

Ramsay Hunt syndrome adalah kondisi yang tidak menular. Akan tetapi, aktifnya kembali virus varicella-zoster dapat menyebabkan cacar air pada orang yang belum pernah menderita cacar air atau belum pernah divaksin. Infeksi yang terjadi bisa menjadi serius bagi orang yang memiliki masalah sistem kekebalan.

Jika Anda mengalami sindrom ini, sebaiknya hindari kontak fisik sampai lepuh ruam sudah berkeropeng. Terutama hindari kontak fisik dengan orang-orang yang rentan seperti:

  • Siapapun yang belum pernah terkena cacar air atau belum pernah mendapat vaksin cacar air.
  • Siapapun yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
  • Bayi yang baru lahir.
  • Wanita yang sedang hamil.

Orang-orang tersebut dapat tertular virus varicella-zoster sehingga dapat mengalami cacar air. Infeksi yang mereka alami bisa menjadi serius apabila sistem kekebalan tubuh mereka sedang lemah.

Komplikasi yang Harus Diwaspadai


Berikut adalah komplikasi-komplikasi yang dapat disebabkan oleh sindrom Ramsay Hunt:

Kehilangan pendengaran dan kelemahan wajah yang permanen. Bagi kebanyakan orang, gangguan pendengaran dan kelumpuhan wajah akibat Ramsay Hunt syndrome hanyalah sementara. Namun, dua gejala ini bisa menjadi permanen.

Kerusakan mata. Kelemahan wajah akibat Ramsay Hunt dapat membuat Anda sulit menutup kelopak mata. Ketika ini terjadi, kornea yang melindungi mata Anda bisa menjadi rusak. Kerusakan ini dapat menyebabkan sakit mata dan penglihatan kabur.

Postherpetic neuralgia. Kondisi menyakitkan ini terjadi ketika infeksi herpes zoster merusak serabut saraf. Pesan yang dikirim oleh serabut saraf ini menjadi campur aduk dan berlebihan, menyebabkan rasa sakit yang mungkin berlangsung lama setelah gejala-gejala lain sudah memudar.

Komplikasi-komplikasi seperti di atas dapat dicegah atau dikurangi apabila Anda segera mendapatkan perawatan medis yang tepat. Jadi segera lah ke dokter apabila mengalami gejala-gejala sindrom ini.

Bagaimana Pengobatan Sindrom Ramsay Hunt?

Sewaktu Anda memeriksakan diri ke dokter, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik, meninjau riwayat medis Anda, dan melihat gejala-gejala yang Anda alami. Untuk memastikan apakah yang Anda alami adalah Ramsay Hunt, dokter mungkin mengambil sampel cairan dari salah satu lepuh ruam di telinga untuk dilakukan pengujian.

Apabila dokter sudah memastikan Ramsay Hunt syndrome adalah penyebabnya, beliau kemudian akan memberikan pengobatan. Perawatan yang tepat untuk sindrom ini dapat mengurangi rasa sakit dan mengurangi risiko komplikasi jangka panjang. Obat-obatan yang diberikan mungkin termasuk:

Obat antivirus. Obat-obatan seperti acyclovir, famciclovir, atau valacyclovir sering kali dapat membantu mengatasi virus cacar air.

Kortikosteroid. Pemberian singkat obat prednisone dosis tinggi tampaknya meningkatkan efek obat antivirus pada penderita sindrom ini.

Obat anti-kecemasan. Obat-obatan seperti diazepam dapat membantu meredakan vertigo.

Obat pereda nyeri. Rasa sakit yang disebabkan oleh sindrom ini bisa terasa parah. Mungkin dokter akan memberikan obat nyeri resep untuk mengurangi rasa sakitnya.

Tips Perawatan di Rumah

Di samping perawatan medis yang diberikan oleh dokter, Anda juga dapat melakukan langkah-langkah perawatan di rumah untuk membantu mengurangi ketidaknyamanan. Berikut tips-tips yang bisa diikuti:

  • Jaga kebersihan area yang terkena ruam.
  • Pakai kompres dingin dan basah pada ruam untuk mengurangi rasa sakit.
  • Minum obat pereda nyeri atau anti-inflamasi yang dijual bebas, seperti ibuprofen.

Jika kelemahan wajah membuat Anda sulit untuk menutup salah satu mata, lakukan langkah-langkah berikut untuk melindungi mata Anda:

  • Gunakan obat tetes mata untuk melembapkan sepanjang hari jika mata Anda menjadi kering.
  • Pada malam hari, oleskan salep ke mata dan rekatkan kelopak mata Anda atau pakai penutup mata.

Apabila tidak ada banyak kerusakan pada saraf, Anda seharusnya bisa benar-benar pulih dalam waktu beberapa minggu. Tetapi bila kerusakan yang terjadi cukup parah, Anda mungkin tidak akan benar-benar pulih bahkan setelah beberapa bulan.

Secara keseluruhan, peluang sembuh Anda akan lebih baik jika pengobatan dimulai dalam waktu 3 hari setelah munculnya gejala awal. Jika pengobatan dimulai dalam waktu ini, kebanyakan pasien bisa sembuh total. Jika pengobatan tertunda selama lebih dari 3 hari, kemungkinan sembuh total lebih kecil.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang sindrom Ramsay Hunt. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Mayo Clinic. Ramsay Hunt syndrome – Symptoms & causes. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ramsay-hunt-syndrome/symptoms-causes/syc-20351783

Mayo Clinic. Ramsay Hunt syndrome – Diagnosis & treatment. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ramsay-hunt-syndrome/diagnosis-treatment/drc-20351789

Mount Sinai. Ramsay Hunt syndrome. https://www.mountsinai.org/health-library/diseases-conditions/ramsay-hunt-syndrome

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}