• Home
  • Blog
  • Psoriasis
  • Psoriasis Kulit Kepala: Penyebab, Gejala-Gejala, dan Cara Mengobatinya

Psoriasis Kulit Kepala: Penyebab, Gejala-Gejala, dan Cara Mengobatinya


By Cindy Wijaya

Bingung karena bercak gatal dan bersisik di kulit kepala yang mirip ketombe? Anda mungkin mengalami psoriasis kulit kepala. Bukan hanya di kulit kepala, psoriasis ini juga dapat muncul di garis rambut, belakang atau dalam kuping, dan leher bagian atas. Tapi jangan khawatir, ada banyak cara untuk mengobatinya.

Untuk membantu Anda mengatasi masalah kulit ini, artikel ini akan membahas mengenai penyebab, gejala-gejala, dan cara mengobati psoriasis di kulit kepala. Ingatlah bahwa psoriasis termasuk masalah kulit yang mungkin membutuhkan perawatan medis. Karena itu jika Anda merasa memiliki masalah ini, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit.

Apa Penyebab Psoriasis Kulit Kepala?

Menurut lembaga Nationat Psoriasis Foundation (NPF), sekitar 45 – 56 persen penderita psoriasis memiliki psoriasis di kulit kepala.

Masih belum diketahui kenapa beberapa orang mengalami psoriasis di kulit kepala, sedangkan yang lain tidak. Akan tetapi para ahli meyakini bahwa ada kombinasi dari faktor genetik dan faktor lingkungan yang memicunya.

Sel-sel kulit normal biasanya tumbuh dan rontok dalam siklus satu bulan, namun pada sel-sel kulit penderita psoriasis mereka tumbuh lebih cepat, karena sistem kekebalan yang terlalu aktif. Sel-sel kulit cenderung tumbuh dalam waktu sekitar tiga sampai empat hari, namun mereka tidak rontok pada kecepatan yang sama, meninggalkan sel-sel kulit mati menumpuk di kulit.

Walaupun tidak ada penyebab yang diketahui mengapa orang memiliki psoriasis di berbagai bagian tubuh, namun didapati bahwa mereka yang menderita psoriasis kulit kepala juga memiliki psoriasis terbalik (inverse), yang terjadi pada lipatan kulit seperti selangkangan dan ketiak. Karena area tersebut bisa lembap, psoriasis mungkin terlihat berbeda.

Banyak juga penderita psoriasis di kulit kepala yang memiliki psoriasis di siku dan lutut, serta mengalami pitting di kuku jari tangan, yaitu kondisi kuku berlubang dan bergelombang.

Apa Saja Gejala Psoriasis Kulit Kepala?

Psoriasis di kulit kepala menyebabkan penumpukan sel pada kulit, yang dapat menimbulkan bercak tebal, bersisik, gatal di kulit kepala dan area tubuh lainnya.

Pada warna kulit yang lebih terang, psoriasis biasanya muncul sebagai bercak merah muda atau merah dengan sisik putih keperakan.

Pada warna kulit yang lebih gelap, psoriasis lebih cenderung muncul sebagai bercak coklat tua atau ungu dengan sisik abu-abu. Psoriasis plak terutama sulit diobati pada kulit kepala karena krim dan salep steroid biasa tidak dapat menembus rambut.

Gejala-gejala psoriasis juga kadang dapat menyerupai ketombe. Psoriasis sangat umum terjadi di area dimana ada banyak gesekan, misalnya di belakang telinga untuk orang yang memakai kacamata.

Gejala psoriasis kulit kepala dapat berbeda-beda mulai dari yang ringan hingga yang berat, termasuk:

  • Kekeringan di kulit kepala
  • Kulit kepala mengelupas yang mirip ketombe
  • Rasa gatal, panas, atau tidak nyaman
  • Timbul bercak kemerahan
  • Sisik seperti keperakan
  • Perdarahan atau kerontokan rambut sementara akibat menggaruk atau menghilangkan plak di kulit kepala

Gejala-gejala tersebut biasanya muncul secara merata di kedua sisi kulit kepala, atau dapat memengaruhi sebagian besar kepala. Mereka juga dapat meluas ke leher, telinga, dahi, dan bagian wajah lainnya.

Bagaimana Cara Mengobati Psoriasis Kulit Kepala?

Terdapat sejumlah pilihan cara mengobati psoriasis kulit kepala, dan dokter kulit Anda mungkin akan menggunakan salah satu atau gabungan dari beberapa pengobatan sesuai kondisi Anda.

Salep untuk Psoriasis Kulit Kepala

Terapi pilihan pertama untuk psoriasis di kulit kepala adalah salep anti-inflamasi. Lembaga NPF mengatakan bahwa perawatan topikal untuk psoriasis termasuk sampho obat, steroid dan tar, dan obat topikal resep.

Mengoleskan salep untuk psoriasis di kulit kepala bisa jadi tidak mudah, karena ada banyak rambut. Dalam beberapa kasus, busa, cairan, atau gel adalah pilihan yang lebih baik untuk kulit kepala. Namun beberapa pasien yang memiliki rambut rapuh atau kering suka menggunakan salep di kulit kepala.

Lembaga NPF merekomendasikan salep untuk psoriasis kulit kepala yang mengandung bahan aktif berikut:

  • Asam salisilat (salicylic acid), yang melembutkan plak dan sisik serta menghilangkannya dari kulit.
  • Tar (terbuat dari batu bara atau kayu), yang memperlambat pertumbuhan sel kulit dan mengurangi peradangan, gatal, dan bersisik.

Sebelum membeli suatu produk, Anda sebaiknya memastikan produk tersebut tidak menyebabkan iritasi dan aman bagi penderita psoriasis.

Shampo untuk Psoriasis Kulit Kepala

Shampo khusus untuk psoriasis di kulit kepala dapat membantu mengatasi pengelupasan, kemerahan, dan gatal-gatal.

Sering kali shampo untuk psoriasis kulit kepala memiliki beberapa bahan yang sama dengan obat-obatan dan salep yang direkomendasikan oleh dokter untuk psoriasis di bagian tubuh lain. Dua bahan utama di dalamnya adalah tar batubara (coal tar) dan asam salisilat (salicylic acid).

Shampo ini harus digunakan hanya untuk jangka waktu yang singkat. Dan Anda harus menggosokkannya secara perlahan, karena psoriasis Anda bisa menjadi lebih buruk jika menggosoknya terlalu keras. Penting juga untuk mengikuti petunjuk dokter Anda.

Fototerapi

Fototerapi menyinari sinar ultraviolet (UV) pada kulit dengan tujuan memperlambat pertumbuhan sel kulit. Menurut lembaga American Academy of Dermatology (AAD), fototerapi juga dapat menekan sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif, mengurangi peradangan, dan menghilangkan rasa gatal sehingga kulit bisa pulih.

Seorang dokter kulit dapat menggunakan perangkat genggam, yang terlihat seperti pengering rambut, untuk cara mengobati psoriasis kulit kepala.

Akan tetapi, meski dapat dengan baik mengobati psoriasis, beberapa pasien merasa sulit untuk pergi ke klinik dokter tiga kali seminggu untuk mendapat fototerapi.

Terapi Sistemik

Apabila obat topikal atau fototerapi UV tidak efektif untuk cara mengobati psoriasis kulit kepala, dokter mungkin akan meresepkan obat atau menggunakan obat biologis.

Terdapat beberapa jenis obat yang dapat diresepkan untuk memperbaiki gejala-gejala psoriasis. Obat-obatan ini bekerja dengan cara memperlambat sistem kekebalan, dan termasuk obat seperti methotrexate, apremilast, dan tofacitinib.

Obat biologis, yang diberikan melalui injeksi atau infus, menargetkan bagian spesifik dari sistem kekebalan. Terdapat sejumlah pilihan obat biologis, termasuk adalimumab, ustekinumab, dan secukinumab.

Tips Praktis dalam Mengobati Psoriasis di Kulit Kepala

Untuk membantu para pasien mendapat manfaat maskimal dari pengobatan untuk psoriasis di kulit kepala mereka, para dokter kulit sering kali memberikan saran-saran berikut ini:

  • Jangan menggaruk kulit kepala. Memang psoriasis bisa membuat kulit kepala sangat gatal. Namun menggaruknya hanya akan memperparah kondisi, bisa menyebabkan perdarahan dan bahkan kerontokan rambut.
  • Redakan gatal dengan mengobati psoriasis. Ketika psoriasis hilang, gatal akan berhenti. Beritahukan pada dokter kulit Anda apabila rasa gatalnya tak tertahankan.
  • Menggosokkan shampo dengan lembut. Menggosok terlalu keras atau menggaruk kulit kepala cenderung akan memperburuk psoriasis.
  • Hilangkan kerak/sisik dengan hati-hati. Untuk cara mengobati psoriasis kulit kepala, Anda perlu melonggarkan dan mengangkat kerak di kulit kepala, tapi lakukan ini dengan lembut. Mengopeknya dapat membuat psoriasis kambuh dan dapat menyebabkan rambut rontok.
  • Dokter kulit menyarankan penggunaan pelembut kerak. Pelembut kerak yang mengandung asam salisilat dapat melembutkan bagian psoriasis yang tebal dan membandel. Melembutkan bercak ini memungkinkan obat untuk bekerja lebih baik. Saat mengoleskan obat ke kulit kepala, pastikan untuk mengangkat rambut agar obatnya menempel ke kulit kepala, bukan rambut.
  • Cobalah untuk tidak stres. Psoriasis bisa membuat stres, namun stres juga dapat memperburuk kondisi. Stres bisa membuat rambut di kelapa rontok. Berupayalah untuk mengurangi stres, misalnya dengan mengerjakan hobi atau melakukan kegiatan yang membuat rileks.

Memiliki psoriasis di kulit kepala memang bisa menyulitkan Anda. Namun terdapat berbagai pilihan pengobatan, dan pengobatan tersebut biasanya efektif untuk mengurangi dan bahkan menghilangkan gejala-gejala psoriasis. Berkonsultasilah dengan dokter kulit untuk memperoleh pengobatan yang sesuai kondisi Anda.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang psoriasis kulit kepala. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Healthline. Identifying Scalp Psoriasis. https://www.healthline.com/health/scalp-psoriasis-pictures

Health. What to Do About Plaque Psoriasis on Your Scalp: Dermatologist-Recommended Treatments. https://www.health.com/condition/psoriasis/plaque-psoriasis-scalp

National Psoriasis Foundation. Scalp Psoriasis. https://www.psoriasis.org/scalp/

WebMD. Psoriasis Shampoo: How to Choose. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/psoriasis/psoriasis-shampoo

American Academy of Dermatology Association. Scalp psoriasis: Tips for managing. https://www.aad.org/public/diseases/psoriasis/treatment/genitals/scalp-self-care

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>