Bagaimana Cara Memulihkan Kulit Rusak Akibat Psoriasis?

1352

Psoriasis adalah penyakit kulit yang membuat sel menumpuk dengan cepat di permukaan kulit sehingga membentuk sisik tebal berwarna perak serta bercak merah yang kering dan gatal. Jika Anda mengalaminya, apa saja yang bisa dilakukan untuk memulihkan kulit rusak akibat psoriasis? Artikel ini akan membahas beberapa caranya.

Psoriasis ringan mungkin hanya menganggu penampilan, namun pada kasus yang berat, penyakit kulit ini dapat menimbulkan nyeri, merusak, dan bahkan melumpuhkan. Pada sebagian besar kasus psoriasis, gejalanya berkembang selama beberapa minggu atau beberapa bulan dan kemudian perlahan berkurang atau bahkan menghilang sama sekali. Namun, seringkali gejala psoriasis akan timbul kembali.

Oleh karena itu, tujuan utama dari metode pengobatan yang ada bukanlah menyembuhkan psoriasis, tapi lebih berfokus untuk menekan pertumbuhan sel kulit. Meskipun tidak mudah disembuhkan sama sekali, gejalanya dapat diminimalkan dan penampilan kulit yang rusak dapat dipulihkan.

Langkah untuk Memulihkan Kulit Rusak Akibat Psoriasis

Mandi Setiap Hari

Hal ini membantu melepaskan sisik dan meredakan peradangan pada kulit. Gunakan air hangat kuku dan sabun yang berbahan dasar ringan. Kemudian tambahkan minyak mandi (Bath oil), oatmeal khusus mandi (oatmeal koloid), serta garam khusus mandi ke dalam air dan berendamlah selama minimal 15 menit.

Gunakan Pelembap

Seusai mandi, keringkan kulit Anda dan segera oleskan pelembap selagi kulit masih lembap. Pilih pelembap yang mengandung hidrokortison atau asam salisilat untuk mengurangi rasa gatal dan sisik. Khusus bagi Anda yang berkulit sangat kering, oleskan dengan minyak kulit. Anda mungkin harus lebih sering mengoleskan pelembap atau minyak selama cuaca dingin dan kering supaya kelembapan kulit tetap terjaga. Jika Anda mengalami psoriasis di kepala, coba keramas dengan sampo yang mengandung ter batubara.

Lindungi Area Tubuh yang Terkena Psoriasis Sepanjang Malam

Lakukan hal ini setelah mengoleskan pelembap berbahan dasar salep ke kulit dan tutupi area tersebut dengan plastik sebelum Anda tidur malam. Di saat bangun pagi, lepaskan tutup plastik dan bersihkan sisik di kulit.

Jemur Kulit dengan Sedikit Sinar Matahari

Sebelum berjemur, pastikan Anda sudah membubuhi kulit yang tidak terkena dampak psoriasis dengan tabir surya ber-SPF minimal 15. Berjemurlah sebentar setidaknya 3 kali dalam seminggu dapat membantu memulihkan kulit rusak dan bercak merah akibat psoriasis. Namun perlu diingat, terlalu banyak sinar matahari malah memicu atau memperburuk gejala psoriasis dan meningkatkan resiko terkena kanker kulit.

Sebisa Mungkin Hindari Pemicu Psoriasis

Cari tahu apa yang memicu dan memperburuk kondisi Anda, dan hindarilah. Pemicu tersebut bisa jadi adalah infeksi, luka di kulit, stres, merokok, atau sinar matahari berlebih.

Hindari Minuman atau Makanan Beralkohol

Karena konsumsi alkohol akan mengurangi efektivitas dari beberapa jenis pengobatan psoriasis.

Langkah-langkah di atas hanya bermanfaat untuk memulihkan kulit yang rusak akibat psoriasis ringan, oleh karena itu dianjurkan untuk mengunjungi dokter jika Anda mengalami gejala yang berat dan sangat mengganggu aktivitas harian. Dengan begitu, dokter dapat memberikan pengobatan yang lebih ampuh dan tepat sasaran bagi Anda.