Prostat, Problem dan Solusinya

713
Shutterstock

Diedit:

Prostat adalah kelenjar berbentuk seperti kacang kenari yang terletak di bawah kandung kemih dan di sekeliling uretra (pangkal kandung kemih).

Organ ini berfungsi menghasilkan suatu cairan yang membentuk 30 persen volume air mani.  Cairan ini mengandung asam sitrat, kalsium, dan enzim yang kemungkinan besar berfungsi untuk meningkatkan kemampuan berenang dan kesuburan sperma. Selain itu, prostat juga mensekresikan cairan seng, yang menurut para ilmuwan dapat mencegah infeksi organ kelamin.

Mengenali Masalah Prostat

Sebenarnya, seiring bertambahnya usia, seorang pria akan mengalami pembesaran kelenjar prostat. Tetapi, tidak selalu pembesaran kelenjar prostat mengakibatkan pembengkakan.

Karena letaknya yang mengelilingi pangkal saluran kemih (uretra) yang terletak di bawah kandung kemih, maka jika kelenjar prostat membengkak, kelenjar prostat dapat menekan saluran kemih sehingga air kencing menjadi tidak lancar atau bahkan tersumbat.

Gejala yang ditimbulkan oleh pembengkakan kelenjar prostat hampir mirip dengan gejala kanker prostat. Karena itu, seorang pria dianjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan bila mengalami gejala tersebut.

Ada baiknya Anda, para pria, memastikan apakah masalah prostat yang Anda alami hanya karena pembesaran kelenjar prostat atau gejala adanya kanker prostat. Berikut penjelasan mengenai beberapa masalah prostat.

  • Prostatitis (Radang prostat)
    Gejala adalah demam dan ketidaknyamanan ketika buang air kecil dan nyeri pada daerah kandung kemih. Bila prostat amat membengkak, penderita tidak dapat lagi buang air kecil. Jika peradangan prostat disebabkan oleh bakteri, penyakitnya disebut prostatitis bakterial, yang biasanya akut atau kronis. Ini biasanya dikaitkan dengan infeksi saluran kemih. Akan tetapi, dalam lebih banyak kasus, penyebab peradangan ini tidak terdeteksi sehingga penyakitnya disebut prostatitis nonbakterial.
  • Hiperplasia prostatis ringan (Benign prostatic hyperplasia/BPH)
    BPH adalah pembengkakan prostat non-kanker yang dapat menyerang pria berusia 40 tahun ke atas. Resiko terkena BPH meningkat seiring dengan bertambahnya usia seorang pria. BPH dapat berkembang menjadi kanker prostat. Gejala untuk mereka yang terkena BPH adalah meningkatnya intensitas buang air kecil, terutama di malam hari. Selain itu juga melemahnya pancaran air seni. Perasaan bahwa air seni di dalam kandung kemih belum benar-benar habis (anyang-anyang).
  • Tumor atau kanker prostat
    Prostat juga dapat diserang oleh tumor atau kanker ganas. Umumnya, kanker prostat terdeteksi dalam pemeriksaan kesehatan rutin, bahkan sewaktu gejala-gejalanya tidak terasakan. Dalam kasus yang lebih serius, bisa terjadi penumpukan urin yang mengakibatkan pembengkakan kandung kemih. Sewaktu kanker menyebar ke organ-organ tubuh lain, dapat timbul nyeri punggung, gejala neurologis, serta pembengkakan kaki akibat tersumbatnya sistem limfatis.
Baca juga:  Bagaimana Cara Menghadapi Penyakit Prostat?

Para pria, terutama mewaspadai adanya gangguan prostat yang mungkin dapat timbul terutama bagi yang mereka yang memiliki faktor resiko terkena gangguan prostat. Beberapa faktor resikonya meliputi:

  • Faktor genetik dan hormon.
  • Lebih dari 80 persen kasus kanker prostat ditemui pada pria di atas usia 65 tahun.
  • Kebiasaan makan yang buruk dan kurangnya aktivitas fisik.
  • Perokok atau sering menghirup asap rokok.
  • Tekanan emosi (Stress).
  • Tipe berat badan yang mengganggu prostat adalah tipe bentuk tubuh membesar di bagian pinggang dengan perut buncit seperti apel.
  • Penderita diabetes melitus.

Pencegahan sebaiknya tidak hanya dilakukan oleh para pria yang memiliki resiko melainkan semua pria. Anda dapat melakukan beberapa tips pencegahan gangguan prostat untuk melindungi kejantanan Anda. Apa saja itu?

Konsumsi banyak sayuran dan buah, kurangi makanan berlemak, hindari rokok dan alkohol, konsumsi makanan/minuman yang mengandung antioksidan dan omega-3.

Omega 3 dapat ditemukan pada Ikan salmon, mackerel, tuna dan herring. Kerang, padi-padian, biji-bijian, bekatul, susu, dan polong-polongan mengandung mineral seng yang juga sangat baik untuk penderita gangguan prostat.

Banyak dokter mengamati bahwa pria bertubuh bugar jarang mengalami masalah prostat ketimbang mereka yang lebih banyak duduk. Pemeriksaan yang teratur juga sebaiknya dilakukan, terutama bagi yang memiliki faktor resiko yang tinggi untuk terkena gangguan prostat.

Pengobatan Prostat

Jika prostatitis disebabkan oleh infeksi, pengobatan antibiotik biasanya digunakan. Dokter mungkin juga menyarankan diet yang terbatas. Pengobatan prostat melalui operasi juga bisa jadi dilakukan dengan memotong sebagian dari kelenjar prostat sehingga tekanan pada saluran air seni dapat dikurangi.

Prosedur operasi yang berbeda digunakan untuk hal ini. Selama syaraf-syaraf di belakang prostat tersebut tidak rusak, seorang pria tidak akan impoten. Namun ia dapat menjadi tidak subur. Mengapa?

Baca juga:  Apakah Anda Mengenal Jenis-Jenis Penyakit Prostat?

Operasi prostat dapat merusak otot sphincter yang biasanya menutup leher kandung kemih. Akibatnya, air mani akan mengambil jalan pintas ke dalam kandung kemih, dan dibuang bersama air seni.

Jika ditemukan kanker, bentuk-bentuk pengobatan lain digunakan, bergantung pada tahap pertumbuhannya. Biasanya, semakin dini keberadaan kanker diketahui, maka semakin besar peluang untuk sembuh. Kanker prostat pada stadium dini dapat disembuhkan melalui operasi (pembedahan) atau radiasi.

Melalui operasi, kelenjar tersebut diangkat, dan akibatnya hampir selalu impotensi. Pada stadium lanjut, dimana kanker sudah menyebar ke berbagai bagian tubuh, kemungkinan untuk sembuh sangat kecil. Tindakan medis yang dilakukan pada saat itu, hanya bersifat mengontrol.

Jika operasi dan pembedahan terlalu berat untuk Anda pertimbangkan sebagai solusi, Anda dapat memilih Sarang Semut sebagai solusi yang aman disamping harganya yang terjangkau.

Sarang Semut kaya akan antioksidan seperti flavonoid yang terbukti dapat mengatasi berbagai gangguan prostat, tanpa efek samping. Selain itu, mineral seng yang terdapat dalam Sarang Semut juga diketahui berperan dalam hal tersebut.

Menarik sekali, hasil penelitian menunjukkan bahwa prostat adalah pusat utama dari konsentrasi seng dalam tubuh. Jika makanan seseorang tidak cukup mengandung seng, kelenjar prostat mulai kehilangan unsur ini dan beberapa peneliti menghubungkannya dengan berbagai problem prostat.

Banyak pria menyatakan problemnya menjadi ringan dengan bantuan tambahan unsur seng dalam makanan mereka. Dengan kandungan seng yang dimilikinya, Sarang Semut dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan mineral seng sehingga membantu tubuh menjaga kesehatan prostat.

Baca juga artikel kami lainnya tentang Tekanan Darah Tinggi, Pencegahan dan Pengendalian.