Pil KB dan Manfaat-Manfaatnya


By Cindy Wijaya

Cara mencegah kehamilan salah satunya adalah dengan menggunakan pil KB sebagai alat kontrasepsi. Penggunaan pil KB sendiri juga dianjurkan oleh pemerintah, jadi untuk keamanan penggunaan, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi. Tetapi, mengapa pil KB bisa bermanfaat dalam mencegah kehamilan pada seorang wanita?

Alasannya adalah karena kandungan hormon dalam pil KB yang jika dikonsumsi bisa menghentikan pelepasan sel telur (ovum). Ini membuat dinding rahim wanita tak mempan pada implantasi pembuahan dan menghalangi sperma dalam melewati leher rahim wanita yang menggunakan pil ini. Namun ada yang perlu diketahui lebih jauh dari penggunaan pil KB ini. Bacalah artikel ini untuk mengetahuinya.

Hentikan Kebiasaan Merokok

Jika sebelumnya Anda memiliki kebiasaan merokok, sangat disarankan untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Selain buruk bagi kesehatan, merokok juga memiliki efek berbahaya jika digunakan bersamaan dengan pil KB. Penggunaan pil KB bersamaan dengan kebiasaan merokok dapat mengakibatkan pembekuan darah.

Pembekuan darah ini bisa mengancam kehidupan Anda. Sekali lagi, apabila Anda seorang perokok, maka hentikanlah kebiasaan buruk tersebut mulai dari sekarang. Dan untuk Anda yang bukan perokok, jangan pernah memulai kebiasaan buruk tersebut di saat menggunakan pil KB. Tidak ada efek positif apapun yang Anda dapatkan dari merokok.

Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Pil KB

Anda dapat memulai kapanpun untuk menggunakan pil KB ini, tapi umumnya wanita cenderung mulai memanfaatkan pil KB ketika mereka datang bulan. Dengan begitu, mereka bisa meminimalkan gangguan pada siklus menstruasi normal yang mereka alami. Kapanpun Anda memutuskan untuk memakai pil KB, sebaiknya gunakan metode kontrasepsi yang lain hingga haid Anda yang berikutnya itu sudah benar-benar aman. Namun pencegahan kehamilan tetap di lakukan untuk 7 hari selanjutnya. Waktu-waktu yang dianjurkan untuk Anda dalam menggunakan pil KB, yakni hari pertama haid, hari Minggu sesudah haid dimulai, dan hari ke-5 haid.

Tubuh yang Menyesuaikan dengan Hormon

Perlu diingat bahwa Anda mungkin saja mengalami tanda kehamilan di bulan pertama, yang disebabkan oleh tubuh yang berusaha menyesuaikan diri dengan hormon-hormon (misalnya mual, bercak, dan tanda-tanda lainnya). Beberapa jenis pil KB bahkan bisa mengakibatkan tubuh berhenti haid.

Karenanya Anda harus sudah memahami jenis kontrasepsi yang manakah yang akan dipakai, supaya bisa mengantisipasi kemungkinan efek samping yang ditimbulkannya. Agar tidak khawatir kalau-kalau kebobolan hamil, siapkanlah selalu alat tes kehamilan yang bisa digunakan saat muncul tanda-tanda yang menyerupai tanda awal kehamilan.

2 Herbal dengan Fungsi Kontrasepsi Pengganti Pil KB

  • Pare

    Buah yang memiliki rasa pahit ini terkenal mujarab untuk mengurangi sterilitas pada seorang pria. Buah pare yang sering digunakan sebagai lalapan ini mengandung mineral nabati kalsium, fosfor, serta karotenoid yang berkhasiat bagi kesehatan. Namun fungsinya sebagai kontrasepsi berkaitan dengan kandungan triterpenoid yang mempunyai aktivitas anti-spermatozoa. Kandungan inilah yang dapat mengakibatkan infertilitas pada pria. Oleh karena itu, konsumsi buah pare bagi pria yang hendak melakukan kontrasepsi haruslah dibatasi agar jangan sampai menyebabkan infertilitas.

  • Daun kelor

    Herbal kedua yakni daun kelor. Daun ini tahan air dan mempunyai permukaan sempit, dan sudah terbukti bermanfaat untuk alat kontrasepsi. Pernah dilakukan penelitian oleh Universitas Airlangga di Balai Penelitian Indrapura, Surabaya. Penelitian ini melibatkan 25 partisipan yang mengonsumsi herbal tablet berbahan baku daun kelor sebagai alat kontrasepsi. Hasil penelitiannya cukup positif karena dari 25 partisipan tidak ada yang gagal dan tidak ada efek sampingnya. Bahkan, mereka mengaku merasa lebih sehat setelah meminum tablet daun kelor tersebut.

Dari ulasan dalam artikel ini, Anda telah mengerti jika pil KB memiliki efek berbahaya jika digunakan bersamaan dengan merokok. Anda juga tahu fungsi lain dari pil KB selain sebagai alat kontrasepsi, juga ada herbal alternatif yang dapat menggantikan pil KB. Semoga informasi di artikel ini bisa berguna bagi Anda.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Artikel Terkait