Apakah Penyebab Telapak Tangan Kuning Penyakit Berbahaya?


By Cindy Wijaya

Apakah akhir-akhir ini Anda memperhatikan bahwa warna telapak tangan Anda agak berbeda dengan telapak tangan orang lain? Dibandingkan dengan telapak tangan mereka, telapak tangan Anda warnanya tampak kekuningan. Dan bukan hanya telapak tangan, tapi telapak kaki juga warnanya seperti itu. Ini mungkin membuat Anda cukup khawatir, dan berpikir jangan-jangan ada masalah pada kesehatan Anda.

Telapak tangan alaminya berwarna merah cerah atau merah muda. Tapi kadang-kadang warnanya memang bisa berubah jadi kekuningan karena berbagai hal. Apa saja penyebab telapak tangan kuning? Apakah telapak tangan kuning gejala penyakit? Simaklah penjelasannya di artikel ini.

Apa Penyebab Telapak Tangan Kuning?

Salah satu penyebab telapak tangan kuning adalah suatu kondisi yang disebut karotenemia. Karotenemia adalah suatu kondisi yang dicirikan dengan perubahan pigmen warna kulit menjadi oranye-kekuningan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh asupan makanan yang kaya beta-karoten dalam waktu lama.

Beta-karoten adalah pigmen lipokrom yang menambah warna kuning pada kulit. Lipokrom terdapat dalam buah-buahan dan sayuran berpigmen seperti jeruk, labu, pepaya, mangga, wortel, dan brokoli. Pigmen ini disintesis dalam buah-buahan saat mereka matang. Dalam sayuran, warna kuning dari lipokrom tertutupi oleh warna hijau dari klorofil. Sering kali, semakin kuning atau hijau warna sayuran, maka semakin banyak beta-karoten yang dikandungnya.

Kondisi karotenemia lebih sering terjadi pada bayi dan anak kecil. Mungkin ini disebabkan oleh orang tua mereka yang memberi bayi mereka banyak asupan buah-buahan dan sayuran berwarna hijau dan oranye. Bisa juga disebabkan oleh asupan suplemen nutrisi untuk bayi.

Karena mengonsumsi banyak beta-karoten, maka kelebihan beta-karoten dalam darah Anda menempel ke area-area tubuh yang memiliki kulit lebih tebal, seperti telapak tangan, telapak kaki, lutut, siku, dan lipatan di sekitar hidung.

Mereka adalah area-area pertama yang biasanya diperhatikan berubah warnanya jadi oranye-kekuningan. Dan kondisi ini bisa lebih jelas terlihat pada orang yang berkulit lebih terang. Perubahan warna kulit akan terus menjadi gelap seraya Anda mengonsumsi lebih banyak makanan yang kaya beta-karoten.

Meskipun karotenemia adalah kondisi yang tidak berbahaya, tapi hal itu bisa membuat seseorang keliru mengiranya sebagai penyakit kuning (jaundice).

Apa Saja Makanan Penyebab Telapak Tangan Kuning?

Terus mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak beta-karoten dapat menyebabkan kondisi karotenemia. Karotenemia adalah salah satu penyebab telapak tangan dan kaki kuning. Makanan-makanan yang mengandung banyak beta-karoten antara lain:

  • Wortel
  • Ubi jalar
  • Bayam
  • Mangga
  • Pepaya
  • Labu
  • Jeruk
  • Melon jingga/oranye
  • Paprika merah
  • Aprikot
  • Brokoli
  • Kacang polong
  • Mentega
  • Keju
  • Susu

Penting untuk diketahui bahwa karotenemia biasanya terjadi akibat diet ketat atau karena mengonsumsi makanan tertentu dalam jumlah besar. Pola makan seperti ini bisa membuat Anda kebanyakan asupan zat gizi tertentu tapi kekurangan zat gizi lainnya.

Anda perlu mengonsumsi sekitar 20 – 50 miligram beta-karoten per hari selama beberapa minggu sampai terjadi peningkatan kadar beta-karoten dalam darah yang cukup untuk mengubah warna kulit jadi oranye-kekuningan.

Sebagai contoh: Satu wortel ukuran sedang mengandung sekitar 4 miligram beta-karoten di dalamnya. Jadi jika Anda makan 10 wortel per hari selama beberapa minggu, Anda bisa mengalami karotenemia.

Konsumsilah variasi makanan bergizi seimbang, jangan hanya satu atau beberapa makanan saja, untuk memastikan Anda mendapatkan semua zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah yang tepat.

Masalah Kesehatan Penyebab Karotenemia

Sebenarnya ada dua jenis karotenemia, yaitu karotenemia primer dan karotenemia sekunder. Karotenemia primer disebabkan oleh masalah pola makan dan muncul beberapa minggu setelah peningkatan konsumsi makanan yang memicunya. Hal ini lebih cenderung terjadi pada orang yang vegetarian daripada non-vegetarian.

Sedangkan karotenemia sekunder disebabkan oleh masalah kesehatan. Jika Anda tidak mengonsumsi buah-buahan atau sayuran yang menganding banyak beta-karoten, bisa jadi penyebab telapak tangan kuning adalah karena masalah kesehatan.

Ada sejumlah masalah kesehatan yang dapat membuat tubuh kesulitan untuk mengubah karoten menjadi vitamin A, sehingga terjadilah kondisi karotenemia. Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang dapat menyebabkan karotenemia:

  • Diabetes melitus
  • Hipotiroidisme
  • Sindrom nefritik dan nefrotik
  • Anoreksia nervosa
  • Glomerulonefritis
  • Penyakit hati primer
  • Hiperlidemia (kolesterol tinggi)
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit hati
  • Kondisi keturunan
  • Kelainan metabolisme bawaan

Karotenemia yang disebabkan oleh masalah kesehatan bisa membahayakan sehingga perlu ditangani dengan baik. Karena itu jika melihat gejala ini, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apa penyebab telapak tangan kuning yang Anda alami. Dokter dapat melakukan pemeriksaan medis, biasanya diawali dengan tes darah, untuk mengetahui penyebabnya.

Apakah Penyakit Kuning Penyebab Telapak Tangan Kuning?

Di samping karena kondisi karotenemia, penyebab telapak tangan dan kaki kuning lainnya adalah karena penyakit kuning (jaundice). Berbeda dengan karotenemia, yang biasanya karena pola makan dan seringnya tidak berbahaya, penyakit kuning bisa jadi berbahaya.

Penyakit kuning dicirikan dengan warna kekuningan pada kulit, mata, dan membran mukosa (selaput lendir). Penyakit ini sering terjadi pada bayi baru lahir, tapi orang dewasa juga bisa mengalaminya.

Normalnya saat sel darah merah baru berkembang, yang lama akan mati, dan organ hati membantu menyaring sel darah merah yang mati untuk keluar dari aliran darah. Tetapi jika hati tidak berfungsi dengan baik, bilirubin dapat menumpuk dan menyebabkan kulit menguning.

Selain menjadi penyebab telapak tangan dan kaki kuning, penyakit kuning juga dapat menimbulkan sejumlah gejala lain, seperti:

  • Warna kekuningan pada kulit secara keseluruhan, di putih mata, dan di membran mukosa (seperti di dalam hidung dan mulut).
  • BAB berwarna pucat atau terang, dan sangat berbau.
  • Urin berwarna coklat atau kuning tua.
  • Gatal-gatal, sering kali di seluruh tubuh.
  • Perut terasa nyeri.
  • Muntah berdarah atau BAB berdarah.
  • Demam
  • Mengantuk, kebingungan, gelisah atau gejala-gejala perubahan mental lainnya.

Penyakit kuning atau jaundice sebenarnya adalah gejala dari penyakit lain yang berkaitan dengan organ hati, kantong empedu, atau pankreas.

Setiap kerusakan pada hati, seperti hepatitis atau sirosis, dapat menyebabkan penyakit kuning. Peradangan atau penyumbatan saluran empedu juga bisa menyebabkan penyakit kuning. Penyebab lainnya adalah kanker pankreas.

Penyakit-penyakit tersebut berbahaya dan harus segera ditangani secara medis. Karena itu segeralah periksakan diri ke dokter apabila Anda mengalami gejala-gejala penyakit kuning.

Kesimpulan tentang Penyebab Telapak Tangan Kuning

Apa penyebab telapak tangan kuning? Setidaknya ada dua penyebab utama kenapa telapak tangan kuning, yaitu karotenemia dan penyakit kuning (jaundice).

Karotenemia sering kali disebabkan oleh kelebihan asupan beta-karoten (disebut kondisi karotenemia primer). Beta-karoten ada dalam berbagai buah dan sayuran, contohnya dalam wortel, labu, pepaya, brokoli, bayam. Tetapi kadang karotenemia dapat disebabkan oleh masalah kesehatan seperti diabetes, hipotiroidisme, dan kolesterol tinggi (disebut kondisi karotenemia sekunder).

Sedangkan penyakit kuning (jaundice) disebabkan oleh penumpukan bilirubin di dalam darah. Hal ini berkaitan dengan penyakit pada hati, kantong empedu, atau pankreas.

Jika penyebab telapak tangan dan kaki kuning adalah pola makan, maka itu cukup diatasi dengan mengurangi konsumsi makanan pemicunya. Namun jika penyebabnya adalah masalah kesehatan atau penyakit, maka penyakitnya harus ditangani terlebih dulu.

Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah gejala ini disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu, dan dokter bisa memberi saran perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang kenapa telapak tangan kuning. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar topik kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

WebMD. What to Know About Yellow Palms. URL: https://www.webmd.com/diet/what-to-know-yellow-palms

Livestrong.com. Yellow Hands? Here’s Why and What to Do. URL: https://www.livestrong.com/article/150221-what-causes-yellow-color-in-my-hands/

Cleveland Clinic. Can Eating Too Many Carrots Turn Your Skin Orange?. URL: https://health.clevelandclinic.org/can-eating-too-many-carrots-turn-your-skin-orange/

My Food Data. Top 10 Foods Highest in Beta Carotene. URL: https://www.myfooddata.com/articles/natural-food-sources-of-beta-carotene.php

DermNet. Carotenoderma. URL: https://dermnetnz.org/topics/carotenoderma

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}