Penyebab ISPA dan Bagaimana Penanggulangannya

517

Diedit:

Anda mungkin baru pertama kali mendengar tentang ISPA, untuk Anda yang belum mengetahuinya – ISPA adalah singkatan “Infeksi Saluran Pernafasan Akut”. Pada dunia medis, ISPA ini memiliki 3 problematika yakni saluran pernafasan, infeksi, dan bersifat cepat dan sesaat (Akut). Sekarang sebelum berlanjut ke topik yang lebih mendalam terkait gangguan ISPA ini, mari membahas lebih detail terkait problematikanya di bawah ini:

Saluran Pernapasan

Saluran pernafasan atau sistem pernafasan merupakan kumpulan dari beragam organ pernafasan manusia yakni sinus hidung, hidung, pleura, bronkus, paru-paru atau pulmo, bronkiolus, rongga telinga, dan alveolus.

Infeksi dan Penyebab Penyakit ISPA

Infeksi yakni proses masuknya beragam type mikroorganisme – Mulai dari bakteri, kuman, virion, jamur, dan yang lainnya pada tubuh dan organ seseorang. Sesudah masuk ke tubuh, mikroorganisme tersebut akan mulai berkembang biak. Beberapa ada yang mulai mengikuti aliran darah, hingga mikroorganisme tersebut sampai menuju kelenjar getah bening, bahkan ada yang ke otak juga. Dari sini, selanjutnya gejala dan tanda-tanda penyakit pun akan mulai bermunculan.

ISPA Bersifat Akut

Apabila proses infeksi yang berlangsung pada seseorang tersebut hingga max 14 hari, itu sudah dapat disebut sebagai “akut”. ISPA ini bisa menyerang siapa saja, jadi tak melihat usia, baik tua muda semuanya tetap beresiko terkena penyakit ini. ISPA yang paling banyak menelan korban pada usia anak yang di bawah 5 tahun yakni ISPA dengan pneumonia atau radang selaput paru-paru. Di negara Indonesia sendiri, ISPA ini juga kerapkali menyerang, khususnya balita dan bayi. Bahkan masyarakat Indonesia sendiri sekarang ini masih jarang yang mengetahui tentang pneumonia, apalagi yang tinggal di daerah pedesaan atau kota kecil. Pneumonia di anak-anak itu seringkali diakibatkan karena Haemofilus influenza dan Streptococcus pneumonia.

Baca juga:  Memahami Cara Pencegahan ISPA

ISPA dan Kondisi Darurat ISPA

Anda jangan menganggap remeh penyakit ISPA ini, penyakit ini dapat dikategorikan sebagai kondisi darurat dan harus segera disembuhkan secepat mungkin. ISPA memiliki potensi menular ke orang sekitar. Untuk yang memang sedang mengalami kelainan pada sistem antibodi tubuh juga untuk orang-orang dengan usia lanjut itu lebih rentan terserang penyakit ISPA. Selain itu, pada anak-anak – Sistem kekebalan tubuh yang masih belum sempurna juga mengakibatkan anak-anak rentan dengan serangan ISPA, tak sedikit anak-anak yang meninggal karena ISPA terlambat ditangani. ISPA ini juga termasuk penyakit menular, karena disebabkan oleh bakteri dan virus, dan dapat menular ketika sang penderita batuk-batuk dan bersin.

Gejala Penyakit ISPA

ISPA bisa menyebabkan beberapa gejala atau tanda-tanda, khususnya yang memiliki kaitan dengan paru-paru dan hidung. Adapun tanda-tanda dari penyakit ISPA yakni:

  • Paru-paru seperti terhambat
  • Hidung berair atau tersumbat
  • Penderita sering merasa kelelahan
  • Tubuh terasa sakit
  • Tenggorokan menjadi sakit dan penderita sering batuk-batuk

Adakah Herbal untuk Menyembuhkan Penyakit ISPA?

Jika Anda bertanya “Adakah herbal untuk menyembuhkan penyakit ISPA?” maka Anda dapat mencoba herbal “Noni juice”. Noni juice bisa menyembuhkan seseorang dengan penyakit gangguan pernafasan, paling tidak bisa meringankannya. Kandungan Fitokimia dalam herbal Noni juice memiliki fungsi memperbaiki fungsi dari organ tubuh yang sedang mengalami gangguan. Bahkan di dalam herbal ini, spektrum Fitokimia yang ada juga cukup luas, dan memang hanya terdapat pada buah Noni–yang merupakan bahan utama dari Noni juice. Sekian artikel tentang penyebab ISPA dan bagaimana penanggulangannya, semoga bermanfaat.