Memahami Cara Pencegahan ISPA

531

Diedit:

Dengan tingginya kasus ISPA dalam beberapa minggu belakangan ini di beberapa daerah akibat serangan kabut asap, penting bagi kita untuk memahami bagaimana cara tepat pencegahan ISPA. Ini akan membantu menurunkan resiko serangan ISPA mengingat kini tak kurang dari puluhan ribu penderita ISPA baru terdiagnosa dalam beberapa pekan ini.

Sebelum memahami bagaimana cara pencegahan ISPA, maka penting untuk Anda juga memahami bagaimana penyakit ISPA ini terjadi. ISPA atau Infeksi Saluran Pernafasan Akut ini merupakan serangan infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus yang menyerang seluruh bagian saluran pernafasan, mulai dari hidung, sinus, tenggorokan, hingga area bronkeolus dan alveoli dalam paru-paru.

Secara umum ISPA memang muncul karena serangan infeksi bakteri dan virus. Namun sebenarnya ada faktor-faktor lain yang memicu serangan infeksi ini terjadi. Dan beberapa faktor penyebab tersebut antara lain efek toksinitas yang muncul pada saluran pernafasan, efek pencemaran udara yang mengiritasi hidung dan menurunnya daya tahan tubuh.

Ketika terjadi iritasi pada hidung atau penumpukan toksin, maka sistem pertahanan dalam hidung yang menjadi pelindung saluran pernafasan dari masuknya virus dan bakteri akan mengalami disfungsi. Ketika itulah virus dan bakteri dengan mudah dan leluasan menginfeksi seluruh bagian dari saluran pernafasan. Selain itu, virus dan bakteri juga bisa leluasa menyerang ketika terjadi masalah dengan sistem limfosit dan kelenjar getah bening.

Jadi, kunci utama dalam pencegahan ISPA adalah dengan memagari tubuh dari masuknya toksin dan udara kotor yang sarat akan logam dan material berbahaya yang berpeluang mengiritasi hidung. Juga dengan meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kondisi sistem limfosit dan daya tahan tubuh dalam kondisi yang baik dan stabil.

Baca juga:  Darurat ISPA Di Indonesia: Memahami ISPA Lebih Baik

Adapun cara-cara untuk pencegahan ISPA tersebut secara detail bisa Anda lihat dalam beberapa penjelasan berikut ini.

  • Hindari Paparan Udara Tercemar

    Udara yang sudah tercemar polusi menjadi salah satu hal yang penting untuk Anda hindari untuk pencegahan ISPA. Bilapun memang Anda tak punya pilihan selain hidup dalam lingkungan dengan udara tercemar polusi, maka penting untuk Anda selalu mengenakan masker khusus dengan sistem filter yang mampu mengoptimalkan penyaringan udara yang Anda hirup. Cara ini akan mampu menekan asupan udara berpolusi dalam pernafasan Anda.

  • Hindari Interaksi dengan Pengidap

    Proses penularan bakteri atau virus penyebab ISPA bisa dengan mudah terjadi hanya melalui udara. Penularan terjadi hanya melalui partikel kecil yang keluar dari pasien pengidap ISPA ketika mereka batuk atau bersin. Ketika partikel kecil tersebut terhirup oleh mereka yang sehat, di saat itulah penularan virus atau bakteri itu terjadi.

  • Hindari Merokok

    Rokok mengandung begitu banyak toksin dan asapnya sendiri mengandung banyak mineral dan logam berbahaya yang ketika terhirup bisa meracuni fungsi pernafasan. Racun yang masuk ke dalam sistem pernafasan ini yang akan menurunkan fungsi pertahanan tubuh dalam melawan virus dan bakteri.

  • Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

    Beberapa kasus ISPA disebabkan oleh serangan virus yang cenderung lebih mudah diatasi secara alami oleh gempuran sistem pertahanan tubuh ketimbang dengan pengobatan medis. Karenanya cara terbaik melawan serangan ISPA adalah dengan meningkatkan kondisi pertahanan tubuh seperti dengan memaksimalkan konsumsi makanan dengan vitamin C tinggi, dengan kadar antioksidan tinggi yang baik untuk daya tahan tubuh seperti flavonoid, terpenoid atau antosianin. Beberapa herbal bisa membantu Anda meningkatkan daya tahan tubuh seperti noni juice yang memang kaya akan flavonoid, terpenoid dan beberapa jenis antosianin seperti damnachantal.

  • Hindari Makanan dengan Kadar Toksin Tinggi

    Hindari makanan yang mudah mengiritasi pernafasan dan memiliki kadar toksin tinggi seperti mengandung pemanis buatan, minyak goreng dengan kadar minyak jenuh tinggi dan sebagainya.

Baca juga:  Penyebab ISPA dan Bagaimana Penanggulangannya

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk pencegahan ISPA. ISPA bisa menjadi sangat mematikan bila tidak segera diatasi dan dideteksi dini. Untuk itu penting untuk Anda melakukan pencegahan optimal sebelum ISPA menyerang Anda.