Penyebab Bau Mulut: Ketahui dan Atasi Sekarang!

469

Diedit:

Bau mulut tentu menjadi sesuatu yang menakutkan, karena terkadang Anda sendiri tidak sadar, dan orang lain yang menyadarinya juga tidak akan memberitahukan kepada Anda. Jika Anda mengeluarkan bau mulut, mereka hanya akan diam saja dan kemudian menjauhi Anda. Selain itu, jika dilihat dari sisi kesehatan, kemungkinan terjadi gangguan pada kesehatan Anda, sehingga muncullah bau mulut tersebut.

Jika memang Anda sedang mengalami gangguan yang satu ini, tidak perlu panik, sebab itu merupakan hal yang wajar dan sering kali muncul. Yang menjadi masalah adalah jika sumber penyebab tidak segera diatasi, hingga akhirnya menjadi masalah yang serius dan kronis. Mari baca selengkapnya.

Penyebab Bau Mulut

Sisa makanan di gigi

Penyebab pertama adalah Anda kurang menjaga kebersihan gigi. Gigi yang kurang bersih sering kali menjadi faktor penyebab munculnya bau mulut pada seseorang. Itu semua karena terdapat sisa makanan yang masih menempel pada gigi, biasanya di sela-sela gigi. Sisa makanan ini pun akan menjadi tempat berkembang biak yang bagus untuk bakteri, itu karena bakteri senang tinggal di tempat yang lembab, basah, dan juga hangat.

Jika bakteri sudah berkembang biak di daerah tersebut, otomatis bau mulut akan timbul. Bakteri yang hidup di daerah gigi kotor tersebut akan memproduksi senyawa sulfur dengan bau layaknya bau telur yang sudah busuk.

Tubuh yang kurang asupan air

Penyebab kedua adalah tubuh Anda kekurangan asupan air. Istilah medisnya disebut juga dengan dehidrasi, jika tubuh mengalami dehidrasi maka produksi air liur atau saliva pun akan ikut menurun. Di sini fungsi utama dari saliva untuk membersihkan bakteri pada bagian dalam mulut pun akan tidak teratasi.

Baca juga:  Kenali Penyebab Bau Mulut Tidak Sedap!

Selain itu, saliva juga memiliki peranan untuk menjaga sel pada bagian dalam mulut supaya tetap hidup. Apabila tubuh kekurangan saliva, otomatis sel pada bagian dalam mulut pun akan banyak yang mati. Sel mati ini dapat menjadi faktor penyebab bau busuk, selain karena bakteri.

Jika Anda termasuk seseorang dengan alergi yang mengakibatkan Anda tak bisa bernafas dengan baik menggunakan hidung dan Anda menggunakan mulut untuk sarana bernafas, hal ini juga bisa berpengaruh.

Jika sering bernafas menggunakan mulut maka mulut akan mengering dengan cepat. Oleh karenanya, apabila Anda termasuk kategori orang yang memiliki alergi seperti ini, maka Anda sebaiknya memperhatikan kesehatan saluran nafas dan juga menambah asupan air minum, lebih dibandingkan orang biasanya.

Herbal untuk Mengatasi Masalah Bau Mulut yang Mengganggu

  • Buah-buahan

    Anda sebaiknya memperbanyak konsumsi buah-buahan. Khususnya jika bau mulut disebabkan oleh sariawan. Hal ini tentu sangat beralasan, karena buah-buahan itu memiliki kandungan vitamin yang tinggi, yakni vitamin C. Penyebab terjadinya sariawan adalah karena vitamin C dalam tubuh kurang, dan Anda bisa memenuhi kekurangan tersebut dengan konsumsi buah-buahan ini.

  • Air hangat campur garam

    Anda juga bisa menghilangkan bau mulut, atau paling tidak meringankannya dengan berkumur. Sekarang memang sudah tersedia obat kumur antiseptik di apotik-apotik, namun Anda juga bisa menggunakan cara yang alami, jadi tak perlu membeli obat kumur yang mahal dan pedas di mulut.

    Anda bisa menggantinya dengan menggunakan air hangat dicampur garam. Selain itu, Anda juga bisa berkumur menggunakan air rebusan dari daun sirih.

Sekian artikel tentang penyebab bau mulut yang perlu diketahui dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga setelah membaca artikel ini Anda jadi bisa memulihkan kepercayaan diri dengan menghilangkan bau mulut secara alami.

Baca juga:  Kenapa Anda Mengalami Bau Mulut saat Berpuasa?
Advertisement
Alinesia