Penyakit Pneumonia dan Cara Menyembuhkannya

398

Diedit:

Pneumonia adalah penyakit berupa peradangan jaringan pada salah satu maupun kedua paru-paru yang umumnya diakibatkan karena infeksi. Pada penderita pneumonia, paru-parunya ada sekumpulan kantong udara dengan ukuran kecil pada ujung saluran pernafasan, penuh dengan cairan. Tidak mengherankan apabila orang awam seringkali menamakan penyakit ini dengan nama lain paru-paru basah.

Pneumonia termasuk kategori penyakit yang bisa ringan sampai dengan bersifat serius serta mengancam jiwa Anda. Penyakit Pneumonia ini dapat menjadi serius jika sudah menjangkiti anak-anak, orang tua dengan usia lebih dari 65 tahun, dan juga bayi. Begitu pula apabila orang yang terjangkiti penyakit Pneumonia ini memiliki sistem antibodi tubuh yang lemah. Mari baca selengkapnya.

Lebih Lanjut mengenai Pneumonia

Jika sebelumnya sudah dibahas sekilas tentang Pneumonia, sekarang Anda juga perlu mengetahui hal lain terkait penyakit ini. jika seseorang terserang Pneumonia, maka kantung udara di paru-parunya akan terisi oleh nanah atau cairan, dan hal tersebut dapat mengakibatkan penderita menjadi sesak nafas, demam, batuk berdahak, dan juga perasaan menggigil. Selain bakteri, yang dapat menyebabkan penyakit Pneumonia yaitu virus dan juga jamur.

Tanda-Tanda Pneumonia

Seseorang yang terkena penyakit Pneumonia akan mengalami gejala berikut ini. Gejala tersebut bervariasi, ada yang ringan sampai yang cukup berat. Kesemuanya itu bergantung kepada beberapa faktor, contohnya type kuman yang menjadi faktor penyebab, kondisi kesehatan penderita secara keseluruhan, dan juga umur dari penderita. Gejala atau tanda-tanda Pneumonia ringan itu secara sekilas memang sama dengan gejala dari penyakit common cold (Batuk pilek dan sakit demam) maupun penyakit flu, tetapi bedanya hanyalah tak sembuh-sembuh, jadi gejala tersebut bertahan cukup lama. Apabila Anda mengalami gejala ini, berarti Anda harus waspada, Anda mungkin saja terserang Pneumonia.

Baca juga:  Melakukan Pencegahan Pneumonia dengan Vaksinasi

Berikut merupakan beberapa tanda tubuh lainnya apabila menderita Pneumonia:

  • Berkeringat, menggigil dan demam
  • Sakit kepala
  • Muntah, diare dan mual
  • Batuk berdahak kental dan tebal – Kental juga termasuk lengket
  • Sesak nafas – Nafas menjadi cepat dan tak beraturan
  • Suhu tubuh menjadi lebih rendah dibandingkan ketika normal, untuk orang dengan usia lebih dari 65 tahun, juga pada orang yang memiliki sistem antibodi tubuh yang tak kuat
  • Nyeri otot dan kelelahan
  • Nyeri dada ketika batuk dan bernafas dalam

Pneumonia Aspirasi

Juga terdapat istilah Pneumonia aspirasi. Ini adalah saat seseorang menghirup minuman, makanan, muntahan, maupun air liur dan masuk dalam paru-paru. Hal tersebut juga bisa menyebabkan seseorang menderita Pneumonia. Untuk yang satu ini berarti penyebabnya bukan karena mikroorganisme, tetapi sama-sama berbahaya dan harus segera diatasi.

Obat Herbal untuk Menyembuhkan Penyakit Pneumonia

Obat herbal yang dapat Anda gunakan untuk menyembuhkan Pneumonia adalah dengan menggunakan bunga sepatu. Sediakan 2 bunga sepatu, cuci terlebih dahulu, lalu sesudahnya Anda tumbuk sampai halus kemudian campurkan dengan 1 gelas air masak plus garam. Saring baru bisa Anda minum. Dosis untuk meminumnya yaitu 3 kali per hari hingga sakit Pneumonia yang Anda derita sembuh.

Apabila Anda hendak membeli obat herbal olahan, maka Anda harus memastikan jika pembuat obat herbal tersebut memang benar terpercaya. Jangan sampai Anda juga membeli obat herbal yang dibuat oleh perusahaan palsu atau perseorangan yang tidak memiliki ijin dari BPOM. Sekian artikel tentang penyakit Pneumonia dan cara menyembuhkannya, semoga bermanfaat.

Advertisement
Alinesia