Obat Sakit Perut Alami untuk Mengatasi Berbagai Penyakit Perut

640

Diedit:

Setiap kali kita mengeluh sakit perut tentunya kita mencari obat sakit perut. Tapi tahukah kita bahwa sakit perut itu bisa bermacam-macam. Seperti kita ketahui bahwa perut adalah salah satu kumpulan organ vital yang ada dalam tubuh manusia. Terdapat berbagai macam organ yang terdapat di daerah perut, seperti lambung, usus, hati, pankreas, usus 12 jari, dan ginjal. Setiap organ tersebut mempunyai penyakitnya masing-masing. Jika perut tidak dapat dijaga dengan baik, tentunya penyakit mudah sekali masuk ke dalam tubuh, dan perut akan terasa sakit.

Terdapat berbagai macam penyakit pada daerah perut, gejala yang paling umum dirasakan adalah rasa sakit pada daerah perut, namun rasa sakit tersebut harus kita perhatikan dengan baik, agar mengetahui penyakit yang menyerang dan bagaimana mengobatinya.

Gastritis

Ini adalah kata lain dari penyakit maag. Penyakit ini akan menyerang bagian lambung, dimana kadar asam lambung sangat tinggi, sehingga menimbulkan luka pada lambung. Luka tersebut yang menimbulkan rasa nyeri pada daerah perut sebelah kiri, dan bagian diafragma pada bagian perut. Ada kalanya disertai dengan rasa pusing, mual, bahkan ada beberapa orang yang menderita muntah.

Penyebab penyakit ini biasanya stress, telat makan, selalu menunda makan atau tidak cocok makanan tertentu. Untuk mengatasinya sebaiknya dengan berbaring dengan tenang, dan mengkonsumsi air hangat. Untuk mengobati penyakit maag secara alami dapat kita gunakan ramuan kunyit yang diparut atau direbus, mengkonsumsi air rebusan kunyit akan membuat luka pada lambung menadi pulih.

Masuk angin

Ini adalah salah satu penyakit yang paling sering teradi di masyarakat kita. Dimana seluruh bagian perut terasa kembung, dan ada kalanya sulit untuk bernafas. Penyebab penyakit ini, adalah terlalu banyak gas yang ada di daerah perut. Obat sakit perut untuk penyakit ini adalah dengan mengkonsumsi rebusan air jahe, jika ingin rasanya manis dapat kita tambahkan gula putih.

Diare

Penyakit seperti ini juga sering sekali menyerang masyarakat kita. Penyakit ini menyerang bagian sistem pencernaan, seperti lambung atau disertai rasa pusing, mual, bahkan diare. Penyakit ini akan menimbulkan rasa sakit pada daerah perut. Penyebab penyakit ini adalah bakteri E-Coli, bakteri ini bisa masuk melalui makanan yang dikonsumsi, atau tangan yang belum dicuci bersih ketika akan makan.

Obat sakit perut untuk penyakit ini adalah dengan mengkonsumsi air kelapa muda, atau mengkonsumsi larutan garam dan gula. Minuman ini akan membantu mengatasi cairan yang hilang ketika diare, dan juga akan membantu memulihkan kondisi tubuh.

Sakit perut karena menstruasi

Rasa sakit ini biasanya terjadi hanya pada wanita yang mengalami menstruasi. Rasa sakit tersebut karena perut sedang mengalami pendarahan,dan juga beberapa kerja hormon menjadi terganggu. Penyakit ini memang tidak selalu terjadi, hanya sesekali, ketika menstruasi tiba. Namun tidak semua wanita mengalami hal seperti ini setiap bulannya.

Untuk mengatasi penyakit ini sebaiknya berbaring dan istirahat, dan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi dan juga teh manis hangat.

Konstipasi

Penyakit ini disebabkan karena kurangnya asupan serat dalam tubuh kita. Perut akan terasa sakit, dan sulit untuk buang air besar. Perut terasa kembung, sulit untuk bernafas dan ada kalanya punggung terasa nyeri. Obat sakit perut untuk penyakit ini sebaiknya dengan mengkonsumsi makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan.

Radang usus buntu

Penyakit ini menyerang bagian usus buntu. Usus buntu adalah bagian usus yang berbentuk kantung, dan besarnya sebesar ibu jari. Usus ini terhubung dengan usus besar. Penyakit ini akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian perut kanan bawah. Untuk mengatasi penyakit seperti ini, biasanya dilakukan operasi pengangkatan usus buntu.

Batu ginjal

Batu ginjal adalah sebuah benda yang berbentuk kristal kecil yang berasal dari mineral yang ada dalam urin. Jika ukurannya kecil akan terbawa bersama cairan urin, jika ukurannya besar tentunya akan menghambat saluran kencing. Penyebab penyakit ini biasanya kurang minum air putih. Maka dari itu sebaiknya banyak mengkonsumsi air putih secara teratur, kira-kira sebanyak 2 liter setiap hari.

Kenali Gejala Kenali Penyakit!

Setiap penyakit yang menyerang bagian perut mempunyai ciri yang hampir sama, seperti rasa nyeri pada perut, kembung, dan rasa mual. Namun jika kita perhatikan ada beberapa gejala spesifik yang tidak kita sadari berbeda-beda pada setiap penyakit perut. Gejala tersebut yang harus diperhatikan secara detail, agar penanganan penyakit pada perut semakin maksimal.

Baca juga:  Jenis Sakit Perut dan Cara Penanganannya

Sebagai contoh, ketika kita sedang sakit maag, maka rasa sakit tersebut cenderung pada perut bagian kiri atau bagian diagfragma, berbeda ketika kita sedang sakit perut karena masuk angin. Rasa sakit juga akan berbeda ketika seseorang menderita radang usus buntu, rasa sakit tentunya akan lebih menyerang bagian perut kanan bagian bawah.

Dengan begitu maka jelas sudah kita harus dapat merawat perut dengan baik. Tidak sulit untuk merawat perut, yang harus kita lakukan adalah mengkonsumsi air putih minimal sebanyak 2 liter setiap hari dan banyak mengkonsumsi makanan berserat.

Mengkonsumsi minuman yang mengandung proboitik juga baik untuk pencernaan, seperti yoghurt dan susu. Hindari makanan seperti junk food, atau minuman bersoda. Hindari juga minuman beralkohol, kebiasaan merokok, dan juga makanan yang terlalu banyak mengandung lemak tinggi. Olahraga secara rutin juga dapat membantu kesehatan sistem pencernaan.

Advertisement
Alinesia