Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Obat Telinga Berdengung Obat Telinga Berdengung Shutterstock

Pengobatan Tinnitus—Telinga Berdenging—Tanpa Obat dengan Bahan-Bahan Alami

Hampir semua orang pernah mengalami kondisi telinga berdenging yang disebut tinnitus. Tinnitus berarti di telinga seperti ada suara mendesis atau dering, yang dapat terjadi terus-menerus atau kambuh sewaktu-waktu.

Seseorang mengalami telinga berdenging bisa karena masalah pendengaran terkait usia tua, cedera atau infeksi pada telinga, mendengar suara terlalu keras, berada di ketinggian tinggi, infeksi saluran pernapasan bagian atas, penyumbatan kotoran telinga, kekurangan vitamin dan mineral, perubahan tulang telinga (pertumbuhan tulang abnormal), atau penyakit seperti hipertensiatau tekanan darah rendah, diabetesatau kelainan peredaran darah.

Masalah tinnitus ini bisa mengganggu kegiatan sehari-hari dan menyulitkan Anda untuk mendengar, bekerja, konsentrasi, dan tidur. Walaupun tidak selalu mudah untuk mencari tahu penyebab pastinya, namun ada beberapa bahan alami yang dapat membantu pengobatan tinnitus secara efektif.

Ginkgo Biloba

Ginkgo bilobadianggap sebagai herbal terbaik untuk obat telinga berdengung. Herbal ini berperan penting dalam memperbaiki aliran darah, yang pada akhirnya meningkatkan fungsi telinga serta mengurangi suara berdenging di telinga.

Disamping itu, herbal ini memiliki kemampuan anti bakteri dan anti jamuryang bisa mengatasi infeksi apa pun yang turut menyebabkan tinnitus.

Untuk pengobatan tinnitus, Anda bisa mengonsumsi ekstrak ginkgo bilobayang dapat dibeli dari toko obat herbal. Konsumsilah 120 – 240 mg ekstrak standar yang mengandung 24 – 32 persen flavonoid serta 6 – 12 persen terpenoid.

Konsumsilah setiap hari, paling bagus sebanyak 3 – 4 kali, selama 6 minggu untuk mendapatkan hasil terbaik. Tetapi konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mulai mengonsumsinya karena herbal ini bisa mengganggu fungsi obat-obat tertentu yang mungkin sedang Anda konsumsi.

Catatan: Ginkgo biloba tidak dianjurkan diberikan pada anak-anak.

Cuka Apel

Karena mengandung agen anti jamurdan anti inflamasi, cuka apelbisa dimanfaatkan untuk mengatasi infeksi penyebab tinnitus. Cuka apeljuga dapat menyeimbangkan kadar alkalin di dalam tubuh.

  • Campurkan 2 sendok teh cuka apel dan sedikit madu ke dalam segelas air.
  • Minumlah larutan ini 2 – 3 kali setiap hari sampai telinga berhenti berdenging.

Bawang Bombai

Manfaat pengobatan serta anti bakteri yang dimiliki bawang bombai membantu mengobati infeksi telinga penyebab tinnitus. Berikut cara menggunakan bawang bombai sebagai obat telinga berdengung.

  • Iris 1 bawang bombai kecil menjadi irisan-irisan kecil.
  • Panaskan dengan microwave selama 1 – 2 menit.
  • Biarkan mendingin, lalu saring sari bawangnya.
  • Masukkan 2 – 3 tetes sari bawang bombai ke telinga yang terinfeksi.
  • Biarkan di telinga selama 5 menit, lalu miringkan kepala agar mengalir keluar.
  • Lakukan ini beberapa kali dalam seminggu.

Bawang Putih

Bawang putih dapat digunakan untuk pengobatan tinnitus yang disebabkan oleh ketinggian tinggi atau udara dingin. Bawang putih membantu mengurangi inflamasisekaligus meningkatkan aliran darah. Di sisi lain, juga memiliki kemampuan anti bakteri yang bisa mengatasi infeksi apa pun yang mungkin menyebabkan masalahnya.

  • Goreng 2 siung bawang putih yang sudah digerus dalam 1 sendok makan minyak wijen.
  • Setelahnya, saring dan biarkan mendingin, lalu masukkan 2 – 3 tetes minyak dari bawang ke dalam saluran telinga.
  • Lakukan ini setiap hari di malam hari sebelum tidur. Lanjutkan terus selama 1 minggu.

Anda juga bisa mengonsumsi kapsul suplemen bawang putih atau menggunakan rempah ini dalam masakan.

Larutan Saline

Larutan saline bisa menjadi obat telinga berdengung yang disebabkan oleh penyumbatan saluran hidung atau kelebihan cairan di sinus.

  • Campurkan 1 sendok teh garam dan 1 sendok teh gliserin ke dalam 2 gelas air hangat untuk membuat sendiri larutan saline.
  • Gunakan botol semprot hidung untuk memasukkan larutan ini ke setiap lubang hidung sampai larutannya terasa mengalir ke bagian belakang tenggorokan.
  • Semprotkan juga larutan ini ke tenggorokan.
  • Lakukan ini 3 kali sehari sampai saluran hidung sudah bersih dari sumbatan.

Jahe

Jahe juga berguna untuk pengobatan tinnitus. Manfaat pengobatan dan penyembuhan yang dipunyai jahe membantu melancarkan peredaran darah, mengatasi patogen, dan melawan radikal bebas. Selain itu, juga memiliki kemampuan serupa dengan obat aspirin untuk mengatasi rasa sakit yang menyertai tinnitus.

  • Tuangkan ½ sendok teh jaheyang baru diparut ke secangkir air panas. Biarkan hingga 10 menit, lalu saring airnya, dan tambahkan sedikit madu ke dalamnya. Minumlah teh herbal ini 2 – 3 kali sehari untuk beberapa hari sampai gejala tinnitus mereda.
  • Bisa juga kunyah beberapa irisan jahe segar. Kegiatan mengunyah akan membantu mengurangi tekanan pada telinga yang dapat menyebabkan tinnitus.

Buah Labu

Menyantap makanan-makanan seperti buah labu yang kaya akan vitamin A bisa mengobati telinga berdengung. Diketahui bahwa kekurangan vitamin A adalah salah satu penyebab utama dari banyak masalah telinga, termasuk tinnitus.

Vitamin A sangat dibutuhkan bagi fungsi normal koklea, atau telinga bagian dalam, yang bertanggung jawab untuk penerimaan maupun transmisi suara.

Untuk membantu pengobatan tinnitus, cukup dengan memasukkan buah labu ke dalam sop, atau dikukus, dipanggang, atau digoreng untuk menyantapnya.

Nanas

Tambahkanlah nanas ke dalam menu makan sehari-hari Anda untuk mengurangi gejala-gejala tinnitus. Nanas membantu mengurangi inflamasi di seluruh tubuh karena memiliki enzimyang disebut bromelain. Disamping itu, nanas mengandung beragam vitamin termasuk vitamin A.

Makanlah buah nanas segar secara teratur untuk mengurangi inflamasi. Anda juga bisa meminum jus nanas segar jika tidak ingin memakannya begitu saja.

Untuk membantu kinerja dari obat telinga berdengung yang Anda gunakan, coba pakai kompres hangat atau bantalan pemanas (dibungkus kain) untuk mengurangi tekanan dan rasa sakit pada telinga yang bermasalah.

Anda juga dianjurkan untuk berhenti merokok, membatasi konsumsi obat aspirin, menghindari suara keras, dan coba putar musik bernada konstan untuk membantu Anda saat ingin tidur. Selain itu untuk meringankan telinga berdenging, upayakanlah gaya hidup sehat dengan teratur olahraga dan pola makan bergizi seimbang.

FOLLOW US:
instagramsms

Log In or Register