Obat Mata Bintitan di Apotik, Apa Saja yang Disarankan?


By Cindy Wijaya

Mata bintitan (hordeolum) adalah infeksi pada kelenjar minyak di kelopak mata yang menyebabkan munculnya bintil merah keras mirip jerawat. Biasanya juga disertai gejala lain seperti rasa sakit, bengkak, panas, dan gatal pada area itu. Bintil dan gejala-gejala lainnya dapat membaik sendiri dalam 1 – 2 minggu, tapi Anda bisa mempercepat pemulihannya dengan menggunakan obat mata bintitan di apotik yang tepat.

Sebenarnya bintitan dapat Anda obati sendiri dengan perawatan di rumah, karena seringnya hanya disebabkan oleh penyumbatan kelenjar minyak di kelopak mata. Jadi mungkin Anda ingin mencoba cara rumahan dulu sebelum membeli obat mata bintitan di apotik.

Obat Mata Bintitan di Rumah

Saat Anda mengobati bintil di kelopak mata, pastikan untuk selalu cuci tangan terlebih dulu. Dan sering-sering lah cuci tangan dan cuci muka, termasuk di area sekitar mata, setiap hari.

Kompres panas yang ditempelkan di bintil dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi bintitan. Tujuannya untuk membuatnya pecah sehingga nanah putih yang dihasilkan oleh infeksi bisa mengalir keluar.

Untuk membuat kompres panas, panaskan handuk basah dalam microwave sampai hangat atau rendam ke dalam air panas dan peras handuknya. Pastikan handuk tidak terlalu panas. Kemungkinan bintil akan mulai menyusut setelah beberapa hari perawatan ini.

Sementara bintitan sedang dalam proses sembuh, jangan menyentuh area di dekat mata dan jangan memakai riasan apapun sampai benar-benar sembuh.

Anda masih boleh memakai lensa kontak, tapi jika bintil semakin parha, Anda sebaiknya tidak memakainya dan menemui dokter mata.

Jika ada cairan keluar dari mata, bersihkan dengan sabun berbahan lembut misalnya dengan sabun bayi dan air, atau tisu untuk kelopak mata (eyelid wipes).

Jika ada rasa sakit, Anda bisa mengonsumsi obat pereda sakit yang dijual bebas/dapat dibeli tanpa resep untuk meringankannya.

Obat Mata Bintitan di Apotik Tanpa Resep Dokter

Saat bintil baru muncul, Ada bisa memberinya obat untuk mengurangi bakteri dan dengan lembut membuka pori-pori yang tersumbat sehingga bintil dapat mengering. Jadi di samping menggunakan perawatan kompres hangat di rumah, Anda bisa mencoba menggunakan salep, larutan, atau pad obat mata bintitan di apotik.

Obat Salep

Obat salep untuk bintil di kelopak mata sebaiknya yang mengandung bahan aktif mineral oil dan petrolatum white. Salep ini dapat mencegah iritasi mata dan untuk sementara meredakan panas dan iritasi mata. Namun salep ini tidak dapat mengobati infeksi yang terkait dengan bintitan, dan dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur saat memakainya.

Untuk menggunakan obat salep mata bintitan, Anda perlu menarik kelopak mata bagian bawah ke arah bawah dan mengoleskan sedikit salep di bagian dalam kelopak mata. Untuk menghindari kontaminasi, jangan sentuh ujung wadah salep ke permukaan apapun dan segera pasang kembali tutupnya setelah digunakan.

Selain itu salep air mata buatan (artificial tears) juga dapat membantu mengurangi gejala mata bintitan.

Lid Scrub

Lid scrub mengandung air dan bahan non-iritasi lainnya pada pad yang telah dibasahi sebelumnya yang menghilangkan minyak dan kotoran dari kelopak mata. Tisu kemasan ini mengurangi atua menghilangkan bakteri penyebab bintitan, terutama pada mereka yang memiliki kondisi blefaritis, yang menyebabkan kelopak mata gatal dan terkelupas.

Menjaga kelopak mata tetap bersih dapat mencegah terjadinya bintitan. Lid scrub juga dapat membantu membersihkan sisa riasan mata yang dapat menyumbat kelenjar kelopak mata.

Obat Mata Bintitan di Apotik dengan Resep Dokter

Meski sering kali dapat sembuh sendiri, namun ada kasus dimana bintitan menjadi terinfeksi dan bintil tidak sembuh-sembuh atau bahkan bertambah parah. Jika bintil Anda belum mulai sembuh dalam 3 – 4 minggu atau semakin besar dan semakin terasa sakit, Anda sebaiknya minta bantuan dokter. Dokter dapat meresepkan salep antibiotik khusus untuk melawan infeksi bakteri pada area mata.

Salep Erythromycin Ophthalmic

Salep mata erythromycin ophthalmic biasanya dioleskan hingga 6 kali sehari selama beberapa hari, sesuai yang disarankan oleh dokter Anda. Ikuti petunjuk pada resep dokter dengan teliti, dan jangan gunakan lebih atau kurang dari yang diresepkan.

Salep Bacitracin Ophthalmic

Salep mata bacitracin ophthalmic juga dapat digunakan sebagai obat mata bintitan. Sebelum mengoleskan sedikit salep antibiotik ini pada area yang terinfeksi, bersihkan kelopak mata Anda dengan air secara perlahan untuk menghilangkan kerak. Salep ini dapat dioleskan 1 – 3 kali sehari tergantung pada saran dokter Anda.

>Salep antibiotik dapat menimbulkan efek samping. Beritahukan dokter Anda jika mengalami: iritasi mata, kemerahan pada mata, perubahan pada penglihatan atau sakit mata, reaksi alergi seperti gatal-gatal dan bengkak.

Obat Antibiotik Minum

Obat antibiotik minum (oral) jarang diresepkan sebagai obat mata bintitan di apotik. Kadang antibiotik tablet diresepkan jika ada bercak kulit merah di sekitar mata yang signifikan, ada kekhawatiran akan infeksi akut pada jaringan di sekitar mata, atau ada disfungsi kelenjar meibomian. Antibiotik oral juga akan diresepkan setelah dilakukan prosedur operasi pada mata bintitan.

Injeksi Steroid

Pada kasus bintitan yang parah, dokter mungkin akan menginjeksi obat steroid ke dalam bintil untuk mengurangi pembengkakan di kelopak mata. Cara ini juga dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit. Injeksi steroid lebih sering digunakan untuk mengobati kalazion.

Kapan Operasi Disarankan untuk Mata Bintitan?

Bila bintil tidak membaik setelah beberapa minggu setelah Anda mencoba perawatan kompres hangat dan obat bintitan di apotik dengan/tanpa resep dokter, atau jika bintil memburuk dan menimbulkan abses (kumpulan nanah), Anda mungkin perlu mengeringkanya melalui pembedahan.

Kadang-kadang bintitan dapat berkembang menjadi selulitis superfisial, yaitu infeksi kelopak meta yang berpotensi lebih serius yang dapat menyebabkan abses, meski jarang sekali terjadi.

Operasi pembedahan dilakukan oleh seorang dokter mata atau ahli bedah okuloplastik, yaitu dokter spesialis bedah rekonstruktif di area mata. Selama prosedur, dokter akan mengeringkan abses dengan jarum atau alat bedah lain. Setelahnya dokter mungkin meresepkan antibiotik untuk diminum selama 7 – 10 hari.

Alternatif Alami dari Obat Mata Bintitan di Apotik

Di samping obat-obatan medis, Anda juga dapat memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar untuk mengobati atau setidaknya mengurangi gejala mata bintitan.

Teh Hijau

Teh hijau punya senyawa anti-inflamasi alami yang dapat mengurangi nyeri dan peradangan, juga membantu menghilangkan bintil. Juga kaya akan kandungan tannic acid yang efektif untuk mencegah infeksi.

Anda bisa mencelupkan sekantung teh hijau ke air hangat selama beberapa menit, lalu peras kantung teh, dan tempelkan pada area kelopak mata yang bintitan selama 5 menit. Lakukan ini beberapa kali sehari.

Lidah Buaya

Lidah buaya juga sering dipakai untuk obat mata bintitan karena punya sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, dan menenangkan. Bahan alami ini dapat membantu mengurangi kemerahan, bengkak, dan peradangan, serta mempercepat penyembuhan.

Ambil bagian gel dari daun lidah buaya, lalu gosokkan gel pada kelopak mata yang bintitan, biarkan selama 20 menit. Setelah itu cuci bagian mata dengan air hangat. Ulangi lakukan beberapa kali sehari hingga lima hari.

Kesimpulan tentang Obat Mata Bintitan di Apotik

Meskipun mata bintitan umum terjadi dan biasanya bukan sesuatu yang serius, namun gejala-gejalnaya bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan bahkan bisa mengarah ke kondisi yang lebih serius.

Anda bisa mempercepat penyembuhannya dengan pengobatan rumahan, misalnya dengan kompres hangat. Tapi bila tidak efektif, Anda bisa mencoba obat mata bintitan di apotik. Dokter juga dapat meresepkan obat yang lebih manjur apabila bintitan menjadi terinfeksi, membesar, terasa semakin sakit, atau lama sembuhnya.

Selagi masa perawatan, Anda harus menjaga kebersihan tangan dan menahan diri untuk tidak menyentuh bagian mata agar bintitan lebih cepat sembuh.

Demikianlah artikel ini yang membahas mengenai obat mata bintitan di apotik. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Verywell Health. How Styes Are Treated. https://www.verywellhealth.com/how-styes-are-treated-5095601

Top 10 Home Remedies. Home Remedies for Eye Sty (Stye). https://www.top10homeremedies.com/home-remedies/home-remedies-eye-sty-stye.html

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>