• Home
  • Blog
  • Keseleo
  • Obat Keseleo: Terapi Rumahan, Obat Warung, dan Ramuan Tradisional

Obat Keseleo: Terapi Rumahan, Obat Warung, dan Ramuan Tradisional


By Cindy Wijaya

Baru-baru ini kaki atau tangan Anda keseleo dan jadi bengkak, akibatnya jadi susah untuk beraktivitas. Padahal Anda orangnya sibuk, banyak yang harus dikerjakan. Apakah ada obat keseleo yang ampuh untuk mengobati nyeri dan bengkaknya? Ya, ada. Dan Anda bisa mengobatinya sendiri dari rumah.

Dalam artikel ini akan dikupas beragam cara mengobati keseleo dan bengkak supaya Anda cepat pulih dan bisa kembali beraktivitas normal. Pilihannya terdiri dari terapi RICE, obat yang dijual bebas, dan obat dari ramuan tradisional.

Obat Keseleo 1: Terapi RICE

Ini adalah cara mengobati paling pertama yang harus Anda lakukan segera setelah terjadi keseleo atau terkilir. Apa itu RICE?

  • R = Rest – Istirahatkan bagian tubuh yang keseleo atau terkilir. Jangan dulu digerak-gerakkan.
  • I = Ice – Tempelkan kompres es 20 – 30 menit ke bagian tubuh yang keseleo untuk mengurangi bengkak.
  • C = Compress – Beri tekanan pada bagian tubuh yang keseleo, caranya bungkus dengan perban elastis untuk menstabilkan sendi dan mengurangi nyeri dan bengkak.
  • E = Elevation – Angkat bagian tubuh yang keseleo, misalnya angkat kaki ke atas kursi setidaknya setinggi pinggul saat Anda duduk. Atau jika terjadi di lengan, gunakan gendongan selama 1 – 2 hari.

Di samping melakukan terapi RICE sebagai pertolongan pertama obat keseleo, Anda juga perlu menghindari HARM selama 72 jam setelah keseleo. Apa itu HARM?

  • H = Heat – Hindari suhu panas, misalnya mandi air panas, sauna, kompres panas. Suhu panas dapat menambah bengkak dan peradangan selama 72 jam setelah cedera.
  • A = Alcohol – Jangan minum alkohol karena bisa meningkatkan perdarahan dan pembengkakan, juga memperlambat pemulihan.
  • R = Running – Jangan berlari atau aktivitas lain yang mengharuskan Anda memakai bagian tubuh yang keseleo, karena akan memperparah cedera.
  • M = Massage – Jangan pijat selama 72 jam pertama, karena bisa menambah perdarahan dan pembengkakan.

Jadi selama 48 – 72 jam pertama (sekitar 2 – 3 hari) setelah keseleo Anda perlu dengan cermat melakukan terapi RICE dan menghindari HARM. Bila dilakukan dengan benar, keseleo dan bengkak Anda dapat pulih lebih baik dan lebih cepat.

Meski begitu cedera Anda tidak akan langsung sembuh setelah 72 jam itu. Biasanya cedera akibat keseleo atau terkilir butuh waktu beberapa minggu sampai benar-benar sembuh.

Selama waktu penyembuhan itu Anda bisa mengupayakan obat keselo dan bengkak lain untuk membuat Anda senyaman mungkin serta mempercepat kesembuhannya.

Obat Keseleo 2: Obat yang Dijual Bebas (Obat Warung)

Sering kali Anda tidak butuh obat apapun jika cedera keseleonya ringan dan Anda masih sanggup menahan rasa sakitnya. Tapi kalau dirasa butuh obat keseleo kimiawi, maka yang paling aman adalah parasetamol, terutama diminum langsung setelah cedera.

Ada juga pilihan obat keseleo dan bengkak lain yaitu OAINS, yang dapat membantu meredakan bengkak dan peradangan pada bagian tubuh yang cedera. Berikut penjelasan tentang obat-obatan yang bisa dibeli secara bebas ini.

Parasetamol

Parasetamol  (Panadol, Naprex, Paramol, Biogesic, dsb) digunakan untuk meredakan rasa sakit. Jika Anda memutuskan minum obat ini untuk keseleo tangan, kaki, lutut, atau yang lainnya, sebaiknya minum secara teratur selama beberapa hari. Dosis umum parasetamol untuk orang dewasa ialah tablet 500 mg setiap 4 – 6 jam atau tablet 1000 mg setiap 6 – 8 jam.

Jika rasa sakit cederanya lebih parah, Anda mungkin membutuhkan resep dokter untuk obat penghilang rasa sakit yang lebih kuat, seperti codeine (Codikaf, Codipront, Coditam). Obat ini lebih kuat tetapi dapat menimbulkan efek samping kantuk dan sembelit.

Ilustrasi Obat Keseleo
Credit Photo: FocusStocker – Shutterstock

Obat Anti-Inflamasi untuk Penghilang Rasa Sakit

Ada juga obat keseleo dan bengkak lain yaitu OAINS (obat anti-inflamasi non-steroid). Obat-obatan jenis ini mampu meredakan nyeri sekaligus mengurangi bengkak dan peradangan.

Namun ada baiknya OAINS tidak dikonsumsi dalam 48 jam pertama setelah cedera. Tujuannya untuk membiarkan proses peradangan berlangsung secara alami, karena peradangan adalah bagian penting dalam penyembuhan. Selain itu konsumsi dalam 48 jam itu juga bisa sedikit menambah perdarahan.

Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa konsumsi OAINS sebagai obat keseleo dan bengkak dalam beberapa hari pertama setelah cedera lebih besar manfaatnya daripada risikonya. Jadi Anda lah yang memutuskan kapan akan mengonsumsi OAINS, dan jika perlu konsultasi dulu dengan dokter.

Ada beberapa jenis dan merek OAINS. Jenis OAINS yang dapat dibeli secara bebas contohnya adalah ibuprofen (Intrafen, Bodrexin IBP, Bufect, Proris, dsb), dan merupakan yang disarankan karena efek sampingnya lebih sedikit.

Meski begitu Anda tetap perlu hati-hati dengan efek samping dari konsumsi OAINS, perhatikan keterangannya pada kemasan obat. Beberapa orang dengan asma, darah tinggi, penyakit ginjal, dan gagal jantung mungkin tidak boleh mengonsumsi OAINS. Jadi tanyakan pada dokter atau apoteker sebelum meminum OAINS, untuk memastikan apakah cocok buat Anda.

Obat Anti-Inflamasi Topikal (Obat Luar)

Sama seperti obat OAINS yang diminum, obat anti-inflamasi topikal juga ada berbagai jenis dan merek. Anda bisa membeli yang mengandung ibuprofen atau diclofenac secara bebas. Tetapi untuk jenis yang lain butuh resep dokter.

Masih belum jelas seberapa efektif anti-inflamasi topikal ini untuk obat keseleo dan bengkak dibandingkan OAINS tablet. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa obat topikal ini mungkin sama baiknya dengan tablet untuk mengobati keseleo. Sedangkan penelitian lain menunjukkan bahwa mereka tidak lebih baik daripada obat gosok biasa.

Namun ada sisi positifnya. Jumlah obat anti-inflamasi topikal yang masuk ke aliran darah jauh lebih sedikit dibandingkan dengan tablet OAINS, dan risiko efek sampingnya lebih kecil.

Obat Keseleo 3: Ramuan Tradisional

Di samping obat warung, Anda juga bisa memanfaatkan ramuan tradisional untuk meringankan rasa nyeri dan bengkak akibat terkilir. Berikut dua bahan alami yang bisa diolah untuk jadi obat keseleo dan bengkak tradisional.

Buah Nanas

Nanas punya kemampuan sebagai anti-inflamasi alami, yang dapat membantu mengurangi peradangan, pembengkakan, dan rasa sakit. Jadi nanas cocok dimanfaatkan sebagai obat keseleo tangan, engkel kaki, lutut, atau lainnya. Berikut cara mengolah nanas.

  • Kupas 1 buah nanas matang dan potong-potong seperlunya.
  • Blender semua potongan nanas itu.
  • Minum jus nanas sekaligus habis.

Daun Gandarusa

Daun dari tanaman gandarusa juga memiliki aktivitas anti-inflamasi yang turut mengurangi peradangan dan pembengkakan. Juga punya sifat analgesik yang membantu mengurangi nyeri akibat keseleo. Berikut cara mengolah daun gandarusa menjadi ramuan tradisional.

  • Rebus 30 – 60 gram daun gandarusa segar bersama 3 gelas air.
  • Terus rebus sampai airnya tersisa kira-kira 1 gelas.
  • Angkat, dinginkan, dan saring air rebusannya.
  • Minum obat keseleo tradisoinal ini pagi dan sore, masing-masing ½ gelas.

Perlu diketahui bahwa konsumsi obat tradisional bisa berinteraksi dengan obat kimiawi yang sedang dikonsumsi. Jadi sebaiknya tanya dulu pada dokter atau apoteker jika ingin mengonsumsi keduanya. Dan sebaiknya beri jeda waktu sekitar 2 jam antara obat tradisional dan obat kimiawi.

Kapan Sebaiknya ke Dokter?

Anda sebaiknya jangan tunggu lama-lama untuk periksa ke dokter apabila:

  • Tidak membaik dalam beberapa hari setelah mencoba obat keseleo di rumah sendiri (contohnya masih susah berjalan)
  • Keluhannya justru memburuk (misalnya nyeri atau bengkak bertambah).

Anda juga perlu periksa ke dokter jika khawatir dengan cederanya, atau jika cederanya parah. Terutama jika:

  • Merasa ada retak atau patah tulang atau otot yang robek.
  • Nyeri yang parah di sekitar tulang.
  • Lengan atau kaki tampak berubah bentuk, bukan hanya bengkak.
  • Aliran darah terhambat di tangan atau kaki (mati rasa, dingin, pucat, kebiruan).
  • Rasa sakitnya parah.
  • Tidak bisa berjalan atau menahan beban atau tidak bisa memegang apapun.
  • Memar parah.
  • Sendi tampak tidak berfungsi atau tidak stabil meski rasa sakit dan bengkak sudah membaik.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang pilihan obat keseleo dan bengkak untuk pemulihan yang lebih baik dan lebih cepat. Semoga informasi ini dapat berguna bagi Anda dan keluarga. Temukan juga ulasan-ulasan informatif lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Patient. Sprains and Strains. URL: https://patient.info/bones-joints-muscles/sports-injuries/sprains-and-strains

Dalimartha, Setiawan. (2008). 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Erianti, Farizka, dkk. (2015). Screening of Tropical Fruits for Anti-Inflammation Activity in Vitro in South Kalimantan Indonesia. Journal of Medical and Bioengineering. 4(5): 407 – 411

Kumar, Raju Senthil, dkk. (2010). Anti-Inflammatory and Analgesic Activities of Ethanol Extract of Aerial Parts of Justicia Gendarussa Burm. International Journal of Pharmacology. 6(3): 278 – 28

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>