Mengatasi Keseleo dengan Cepat dari Rumah

633

Diedit:

Keseleo kadang terjadi begitu saja tanpa Anda duga sebelumnya. Kadang terjadi ketika sedang berolahraga lari pagi, membersihkan rumah, atau bahkan ketika sedang bermain dengan si kecil. Tanpa sengaja, kaki, bahu, atau bahkan pinggang Anda keseleo karena salah posisi atau salah tarik.

Kebanyakan orang memutuskan untuk mengatasi keseleo dengan memijat area sakit. Tak banyak yang tahu kalau cara ini bisa sangat berisiko. Karena beberapa kasus menunjukan efek pijat yang tidak tepat justru bisa memperburuk kondisi keseleo. Pijat bisa menjadi solusi cepat mengatasi keseleo hanya jika pijatan dilakukan dengan tepat dan pada urat otot yang benar.

Hanya saja tak semudah itu menemukan titik urat dan otot yang tepat. Tidak semua orang yang mengaku sebagai ahli pijat benar-benar memahami masalah ini. Dan seringkali pasien malah merasa lebih sakit ketimbang sebelum dipijat.

Pada dasarnya keseleo adalah tarikan pada ligament atau otot yang tidak tepat sehingga menyebabkan terjadi lilitan pada ligamen. Pada tahap awal, lilitan ini hanya akan menimbulkan rasa nyeri. Namun selanjutnya lilitan ini akan menyebabkan robekan pada ligamen yang bisa memunculkan inflamasi atau peradangan pada area ligamen yang disertai pembengkakan dan lebam dari luar. Pada fase ini rasa nyeri bisa menjadi sangat hebat dan menyiksa.

Lalu bagaimana cara terbaik mengatasi keseleo dengan cepat dari rumah ketika sulit bagi Anda menemukan ahli pijat yang benar-benar terpercaya? Beberapa cara berikut ini bisa menjadi solusi bagi Anda.

Kompres Es Batu

Ambil segera es batu dan bungkus dengan kain lap. Lalu kompres bagian nyeri dengan es bungkus ini segera begitu keseleo terjadi. Ini mencegah efek lilitan menyebar ke titik ligament lain dan membantu mencegah inflamasi segera.

Baca juga:  Pertolongan Pertama untuk Keseleo dan Otot Terkilir

Konsumsi Ibuprofen

Alangkah baiknya setiap keluarga memiliki simpanan obat darurat untuk mengatasi keluhan-keluhan sederhana. Dan salah satu yang patut masuk dalam kotak P3K Anda adalah Ibuprofen. Obat penghilang rasa sakit yang bersifat non steroid ini memiliki kemampuan meredakan efek nyeri yang muncul karena keseleo dan persendian. Setidaknya menurunkan ketegangan saraf dan otot sekitar inflamasi akan meredakan efek keseleo.

Manfaatkan Ramuan Rumahan

Ada beberapa ramuan rumahan yang bisa Anda manfaatkan untuk meredakan nyeri, menurunkan peradangan, dan membantu mencegah serta mengatasi pembengkakan dan lebam. Beberapa ramuan yang bisa Anda manfaatkan antara lain:

  • Bawang putih

    Kupas 3 siung bawang putih ukuran sedang dan haluskan. Campur dengan 1,5 sendok makan minyak kelapa yang sudah dipanaskan, lalu oleskan pada area keseleo. Tutup dengan perban atau kain bersih dan diamkan selama 3 jam. Kemudian bersihkan dan ganti dengan ramuan baru. Lakukan beberapa kali sampai rasa nyeri dan pembengkakan mengecil.

  • Kencur

    Kupas segenggam rimpang kencur dan haluskan. Campur dengan tumbukan halus beras ½ sendok makan dan 2 sendok makan minyak kelapa yang sudah dipanaskan. Oleskan pada area keseleo dan tutup dengan kain untuk menahannya. Diamkan sampai olesan mengering. Lakukan berulang 3 – 5 kali sehari untuk hasil optimal.

  • Kubis

    Bungkus lembaran kubis dengan alumunium foil, tekan-tekan supaya air dalam kubis keluar lalu panggang sesaat sampai muncul asap. Gunakan kubis panas tadi pada area keseleo dan tutup dengan plastik. Diamkan setidaknya sampai rasa panas hilang dan ulangi 2 kali sehari.

  • Bawang merah

    Bekukan beberapa suing bawang merah, lalu cincang halus dan campurkan dengan garam. Selagi masih dingin, oleskan pada area keseleo dan tutup dengan plastik. Diamkan selama 2 jam dan bersihkan setelahnya. Lakukan beberapa kali sehari sampai rasa nyeri dan pembengkakan hilang.

  • Minyak jarak

    Panaskan minyak daun jarak dan manfaatkan untuk olesan area keseleo. Lakukan berulang sampai rasa nyeri hilang.

  • Minyak olive

    Minyak olive yang sudah dipanaskan dicampur dengan 1 cm jahe parut dan oleskan pada area yang keseleo. Diamkan sampai rasa panas hilang dan bersihkan segera. Lakukan setidaknya 2 – 3 kali sehari.

Baca juga:  Pertolongan Pertama untuk Keseleo dan Otot Terkilir

Itu tadi beberapa cara cepat untuk mengatasi keseleo dari rumah. Selalu sediakan beberapa obat darurat dan bahan-bahan alami yang memiliki khasiat di rumah Anda untuk penanganan cepat berbagai kondisi darurat, termasuk keseleo.

Advertisement
Alinesia