Obat Otitis Media Alami Yang Mudah Ditemukan

532
Obat Otitis Media

Diedit:

Otitis Media – Obat infeksi telinga juga ada yang menggunakan bahan alami. Umumnya infeksi telinga sendiri dapat disebabkan karena beberapa macam faktor yang berbeda, dan umumnya menyerang ketika musim dingin tiba. Infeksi virus dan bakteri seringkali menjadi penyebab utama, karena itu obat otitis media pun akan Anda butuhkan untuk menyembuhkan gangguan yang Anda alami tersebut.

Dalam artikel ini ada beberapa alternatif obat otitis media alami yang bisa menjadi rekomendasi. Beberapa herbal ini diyakini mampu membantu pemulihan penderitanya. Salah satunya ialah Noni Juice, berdasarkan atas Journal of Primary Health Care.

Obat Otitis Media

Ketika telinga tengah, bagian telinga yang berlokasi tepat pada belakang gendang telinga, sudah mulai terkena infeksi virus ataupun bakteri, maka Anda akan mulai merasakan sakit. Di mana itu terjadi karena sudah mulai ada peradangan, juga cairan membangun pada daerah telinga tengah Anda. Ketika ini, obat infeksi telinga akan dibutuhkan.

Telinga Adalah Organ yang Rentan Infeksi

Obat infeksi telinga alami dapat dicoba, sebab telinga itu merupakan organ tubuh yang cukup rentan dibandingkan organ tubuh yang lainnya. Infeksi pada telinga juga bisa mempengaruhi organ tubuh Anda yang lain, jadi Anda jangan remehkan infeksi telinga tersebut. Untuk penyebab dari infeksi telinga, itu berbeda-beda, dan berdasar pada daerah di mana infeksi tersebut terjadi. Obat infeksi telinga pun juga akan menyesuaikan.

Namun Anda tak perlu khawatir, karena itu adalah bagian dari dokter THT untuk memastikan jenis obat yang paling cocok bagi Anda. Yang terpenting Anda menyampaikan keluhan sakit telinga yang Anda alami dengan tepat, sisanya dokter akan memeriksa. Pemberian obat infeksi telinga pun akan dokter lakukan.

Infeksi Telinga Dalam

Obat infeksi telinga bagian dalam itu sangat penting, sebab infeksi pada telinga bagian dalam sifatnya lebih berbahaya. Karena itu infeksi telinga jenis ini akan membutuhkan perhatian medis profesional yang lebih lagi. Penumpukan lilin pada telinga merupakan penyebab umum terjadinya infeksi telinga, kekurangan gizi, infeksi saluran pernafasan atas, alergi makanan, kelainan genetik, luka, dan alergi lingkungan.

Tetapi obat infeksi telinga herbal sekarang sudah mulai ditemukan, dan tidak sedikit orang yang menggunakannya, karena itu kekhawatiran Anda dapat sedikit berkurang. Jika Anda sudah merasakan beberapa gejala dari infeksi telinga, maka Anda harus mulai waspada. Anda juga harus ingat jika gejala tersebut dapat berbeda dari orang yang satu dengan yang lainnya.

Gejala Infeksi Telinga

Sebelum memberikan obat infeksi telinga, baik itu yang alami maupun yang tidak, Anda harus memahami ciri-ciri otitis media. Selain gejala infeksi telinga yang berbeda satu dengan yang lain, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, juga ada tanda umum dari infeksi telinga yang menyerang seseorang. Untuk tahu kapan waktu yang tepat menggunakan obat infeksi telinga, maka Anda harus tahu gejala umum tersebut. Berikut beberapa gejala umum dari orang yang mengalami infeksi telinga, yaitu cairan mengalir keluar dari telinga, sensasi berdengung pada telinga, sakit kepala, rasa nyeri pada telinga, mual, demam tinggi, cairan yang keluar melalui telinga, respon buruk pada suara, dan juga masalah tidur. Itu tanda bahwa obat infeksi telinga dan penanganan yang tepat dibutuhkan.

Umumnya orang percaya kepada penggunaan obat otitis media berupa antibiotik. Memang terkadang antibiotik itu dibutuhkan dan diresepkan oleh dokter. Tetapi harus Anda ingat, jika penggunaan obat infeksi telinga antibiotik terlalu sering atau terlalu lama dapat membawa efek negatif juga. Apalagi jika Anda menggunakan dosis yang salah, misalkan Anda menganggap bahwa infeksi telinga sudah sembuh, kemudian Anda menghentikan penggunaan obat infeksi telinga antibiotik tersebut, hal ini akan menyebabkan bakteri menjadi kebal terhadap obat antibiotik yang sama di lain waktu.

Baca juga:  Penyebab Otitis Media Yang Perlu Diwaspadai

Obat Otitis Media Alami yang Dapat Anda Coba

Karena alasan tersebutlah, maka disarankan bagi Anda untuk menggunakan obat yang sifatnya alami. Juga obat otitis media tersebut baik bagi kesehatan ginjal maupun digunakan untuk jangka panjang. Efek positifnya pun bersifat lebih permanen. Berikut beberapa obat infeksi telinga alami yang boleh Anda coba:

  • Kemangi

    Obat infeksi telinga alami yang pertama yakni kemangi. Kemangi diambil ekstraknya, untuk kemudian dimanfaatkan dalam mengobati infeksi telinga yang bersifat ringan. Dengan menggunakan ekstrak kemangi ini, Anda juga dapat meredakan sakit telinga, di mana kondisinya berkaitan dengan hal tersebut. Untuk membuat obat infeksi telinga herbal dari kemangi, pertama sediakan daun kemangi 4 hingga 5 lembar, hancurkan, tempelkan pada lokasi telinga Anda yang mengalami infeksi.

  • Cuka Sari Apel

    Masih di obat infeksi telinga alami, yang berikutnya adalah menggunakan cuka dari sari buah apel. Pengobatan otitis media menggunakan bahan ini memang berkhasiat. Khususnya jika jamur yang menjadi faktor penyebab infeksi telinga pada seseorang. Cara menggunakannya yaitu dengan dicampur bersama alkohol, bisa juga dicampur menggunakan air saja. Pertama, rendamlah bola kapas memakai campuran tersebut. Selanjutnya pasang pada telinga Anda untuk kurun waktu 5 sampai 7 menit. Selanjutnya lepas bola kapas, untuk mendapatkan efek obat infeksi alami berbahan cuka sari apel ini, Anda bisa berbaring dengan sisi yang berlawanan.

  • Noni Juice

    Tahukah Anda ternyata Noni Juice dapat membantu penderita otitis media?  Bagaimana kinerja dari herbal ini? Ternyata terdapat kandungan polisakarida yang terbukti mampu melepaskan senyawa peningkat sistem kekebalan tubuh. Selain itu Noni Juice juga membantu proses terbentuknya nitrit oksida yang dipercaya dapat mengaktifkan sel makrofagus yang dapat menghancurkan keberadaan bakteri penyebab otitis media. Namun pengobatan ini hanya bersifat alternatif saat pengobatan medis sulit dilakukan.

Itulah beberapa bahan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat infeksi telinga herbal alami. Bahan-bahan pembuatan obat infeksi telinga alami tersebut juga dapat dengan mudah ditemukan. Mungkin beberapa ada yang sedikit sulit, tetapi tentu itu semua akan sebanding dengan manfaat yang akan Anda peroleh nantinya. Jika sakit infeksi telinga masih tidak kunjung sembuh, berkonsultasilah ke dokter THT, jangan tunggu bertambah parah. Sebab jika infeksi telinga sudah cukup parah, maka pengobatan alami ini mungkin akan kurang dapat diandalkan.

Nantikan informasi penting lainnya seputar gangguan kesehatan, tips hidup sehat, maupun pengobatan alternatif alami – hanya di deherba.

Advertisement
Alinesia