Obat Infeksi Saluran Kemih yang Terbukti Manjur

423

Diedit:

Mengenai obat untuk infeksi saluran kemih perlu untuk Anda ketahui, karena penyakit ini merupakan penyakit yang benar-benar menyiksa. Pada kesempatan artikel kesehatan kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana pengobatan yang tepat untuk infeksi saluran kemih, pengertian dari infeksi saluran kemih, dan beberapa info terkait lainnya.

Yang memang sekiranya pasti Anda perlukan. Penyakit ini apabila tak segera diberikan penanganan yang tepat, atau dengan kata lain pengobatan yang tepat, bisa menyebabkan komplikasi serius. Contoh komplikasi yang disebabkan karena infeksi saluran kemih yang dibiarkan terlalu lama yakni infeksi darah dan gangguan ginjal. Mari baca selengkapnya.

Apa Itu Penyakit Infeksi Saluran Kemih?

Infeksi saluran kemih itu merupakan penyakit yang terjadi di saluran kemih Anda, yang disebabkan karena adanya mikroorganisme pada saluran kemih. Walaupun begitu, meskipun saluran kemih dalam keadaan normal – Yang bebas dari virus, mikroorganisme asing, dan bakteri, infeksi saluran kemih tetap dapat menyerang Anda, baik itu kandungan kemih, uretra, ginjal, ataupun ureter (Saluran fibromuskuler yang bertugas mengalirkan urine dari organ ginjal menuju kandungan kemih).

Air seni atau urine ini adalah media yang bagus untuk pertumbuhan kuman-kuman. Dan di dalam urine sendiri memang ada kuman, namun jumlahnya masih dalam batasan normal. Sebenarnya tubuh sudah memiliki perlindungan alami, yaitu dengan mengosongkan kandung kemih, dengan mengosongkan kandung kemih maka kolonisasi dari kuman bisa ditekan sedemikian rupa.

Dengan begitu kuman masih dalam batasan normal dan juga tak bisa naik menuju ginjal ataupun saluran kemih bagian atas. Ini juga menyebabkan urine yang dikeluarkan itu mempunyai tingkat osmolalitas tinggi, pH asam, dan konsentrasi urea yang tinggi. Keadaan inilah yang mengakibatkan urine memiliki efek anti-bakteri. Apabila terjadi gangguan ke mekanisme ini, maka infeksi saluran kemih akhirnya bisa terjadi.

Antibiotik untuk Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

Biasanya apabila Anda berobat ke dokter terkait penyembuhan infeksi saluran kemih, Anda akan mendapatkan resep antibiotik. Beberapa jenis antibiotik yang digunakan yakni ciprofloxacin, amoxicillin, levofloxacin, trimethoprim, dan nitrofurantoin. Pengobatan menggunakan antibiotik dianggap cukup dan tak perlu dirawat di rumah sakit, kecuali infeksi saluran kemih Anda sudah menyebabkan komplikasi.

Baca juga:  Infeksi Saluran Kemih dan Cara Menyembuhkannya

Daun Kemuning untuk Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Selain menggunakan antibiotik, dianjurkan bagi Anda untuk menggunakan metode pengobatan alami dalam menyembuhkan infeksi saluran kemih yang diderita. Adapun metode alami untuk menyembuhkan infeksi saluran kemih adalah dengan menggunakan daun kemuning. Berikut langkah demi langkahnya:

  • Ambil 35 gram daun kemuning yang masih segar, cuci sampai bersih.
  • Rebuslah daun kemuning menggunakan air putih 3 gelas hingga air berkurang jadi satu setengah gelas atau separuhnya.
  • Matikan api, diamkan hingga air rebusan menjadi dingin.
  • Saringlah air rebusan daun kemuning tersebut.
  • Selanjutnya, minum air rebusan 3x per hari, tiap kali minum minumlah ½ gelas.
  • Minum dengan rutin hingga infeksi saluran kemih sembuh dan Anda sehat seperti sediakala.

Dari informasi yang disebutkan sebelumnya, kini Anda sudah mengerti bahwa pengobatan infeksi saluran kemih bisa dilakukan baik menggunakan pengobatan biasa ataupun pengobatan menggunakan bahan-bahan herbal alami.

Memang cara yang terbaik adalah menggunakan pengobatan herbal, karena tidak memiliki efek samping apapun bagi tubuh. Dan yang paling penting, jika mengalami infeksi pada saluran kemih, jangan terlambat untuk menanganinya, segeralah disembuhkan sebelum terjadi komplikasi serius. Demikianlah info tentang obat infeksi saluran kemih yang terbukti manjur, semoga bermanfaat.

Advertisement
Alinesia