5 Jenis Obat Gonore di Apotik & Alternatif Herbalnya


By Cindy Wijaya

Seseorang yang terkena penyakit gonore harus segera mengobatinya, ini penting untuk mencegah penularan ke pasangan maupun ke bayi dalam kandungan (bagi ibu yang sedang hamil). Cara terbaik mengobati gonore adalah dengan mendapatkan penanganan medis oleh dokter. Dokter akan memberikan resep obat-obatan dan petunjuk mengenai dosis dan waktu minumnya.

Anda harus patuh dengan petunjuk dokter karena ada risiko terjadinya kekebalan (resistensi) obat yang mengakibatkan antibiotik tertentu tidak lagi mempan. Mengonsumsi obat sesuai dosis akan mencegah resistensi dan membantu Anda mendapatkan hasil pengobatan yang optimal.

Poin Penting

  • Apa saja obat gonore di apotik?
  • Apa obat gonore untuk orang dewasa, pasangan, dan untuk bayi?
  • Apa alternatif obat gonore secara alami?

Apa Saja Obat Gonore di Apotik?

Penyakit gonore harus diobati dengan konsumsi obat antibiotik. Pada umumnya pengobatan lini pertama untuk gonore adalah dengan terapi obat ganda (ceftriaxone dan azithromycin). Jika obat ceftriaxone tidak tersedia, alternatifnya adalah menggunakan obat cefixime bersama dengan azithromycin.

Obat antiobiotik lain, doxycycline, dapat ditambahkan untuk mengobati gonore yang sudah menyebabkan radang panggul (epididimitis). Menurut Medscape, berikut penjelasannya dari masing-masing obat tersebut, dan dengan nama apa obat gonore di apotik tersebut bisa diperoleh.

Ceftriaxone

Ceftriaxone adalah bagian dari terapi obat ganda (bersama dengan azithromycin) untuk mengobati gonore, karena efek penghambatan bakterinya yang tinggi dan berkelanjutan dalam darah. Ceftriaxone berikatan dengan protein pengikat penicillin, menghambat pertumbuhan dinding sel bakteri.

Apa saja obat gonore di apotik umum seperti apotik Kimia Farma dan K24? Beberapa merek dagang ceftriaxone yang biasa ada di apotik yaitu: Betrix, Broadced, Ceftriaxone Sodium, Cefaxon, Cetriax, Futaxon, Intrix, Triasco, dan Zeftrix.

Azithromycin

Ilustrasi Obat Gonore di Apotik K24
Photo by Testalize.me on Unsplash

Azithromycin menghambat pertumbuhan bakteri, mungkin dengan menghalangi disosiasi asam ribonukleat transfer peptidil (tRNA) dari ribosom, menyebabkan terhentinya sintesis protein yang bergantung pada RNA. Obat ini adalah bagian dari terapi obat ganda yang direkomendasikan sebagai pengobatan lini pertama untuk infeksi gonore (bersama dengan ceftriaxone).

Apa saja obat gonore di apotik Kimia Farma, apotik K24, atau di apotik umum lainnya? Beberapa merek dagang azithromycin yang biasa ada di apotik antara lain: Azithromycin Dihydrate, Azitran, Aztercon, Azivol, Aztrin, Ezitro, Lanzitrin, Numycin, Zifin, dan Zycin.

Cefixime

Cefixime menghambat sintesis dinding sel bakteri dengan mengikat satu atau beberapa protein pengikat penicillin. Obat ini tidak digunakan sebagai lini pertama dan merupakan terapi alternatif untuk gonore tanpa komplikasi, jika ceftriaxone tidak tersedia. Untuk kondisi ini, pasien bisa diberikan cefixime ditambah azithromycin.

Apa saja obat gonore di apotik K24, Kimia Farma, atau di apotik umum lainnya? Beberapa merek dagang cefixime yang umumnya ada di apotik yaitu: Bexifim, Cefarox, Ceptik, Fixiphar, Inbacef, Nixaven, Simcef, Sporetik, Starcef, Trixim, Pharmafix, dan Profim.

Doxycycline

Doxycycline menghambat sintesis protein dan, dengan begitu, menghambat pertumbuhan bakteri dengan mengikat subunit ribosom 30S dan mungkin 50S dari bakteri yang rentan. Doxycycline selama 10-14 hari dapat digunakan sebagai tambahan ceftriaxone untuk kasus gonore yang sudah menyebabkan radang panggul (epididimitis).

Apa saja obat gonore di apotik umum seperti apotik K24 dan Kimia Farma? Beberapa merek dagang doxycycline yang umumnya ada di apotik antara lain: Dohixat, Doxicor, Doxycycline hyclate, Interdoxin, Pushrob, Siclidon, dan Viadoxin.

Erythromycin Ophthalmic

Erythromycin adalah satu-satunya obat salep mata antibiotik yang direkomendasikan untuk digunakan pada bayi baru lahir, untuk mengobati atau mencegah penyakit konjungtivitis mata akibat gonore, yang bisa ditularkan oleh ibu kepada bayinya yang lahir melalui proses persalinan.

Anda sebaiknya selalu ikuti petunjuk dokter dan tidak sembarangan membeli obat salep eryhtromycin di apotik, karena ini menyangkut kesehatan mata dari bayi baru lahir yang sudah pasti lebih sensitif dan rentan.

Apa Obat Gonore untuk Orang Dewasa, Pasangan, dan Bayi?

Pengobatan gonore dapat berbeda-beda tergantung pada pasiennya. Menurut Mayo Clinic, berikut adalah pengobatan yang direkomendasikan untuk orang dewasa, bagi pasangannya, dan bagi bayi yang lahir dari seorang ibu yang terinfeksi gonore.

Pengobatan Gonore untuk Orang Dewasa

Orang dewasa yang menderita gonore diobati dengan obat antibiotik. Karena munculnya jenis bakteri gonore yang kebal terhadap obat, maka pakar kesehatan dari CDC merekomendasikan agar gonore tanpa komplikasi diobati dengan antibiotik ceftriaxone. Antibiotik ini diberikan melalui suntikan atau injeksi.

Setelah mendapat antibiotik, Anda masih bisa menularkan infeksinya ke orang lain hingga tujuh hari kemudian. Jadi hindarilah aktivitas seksual apapun setidaknya selama tujuh hari.

Tiga bulan setelah pengobatan, CDC juga merekomendasikan untuk melakukan tes gonore lagi. Hal ini untuk memastikan tidak ada infeksi ulang dari bakteri tersebut, yang dapat terjadi jika pasangan seksnya tidak diobati atau pasangan seks baru tertular bakteri tersebut.

Pengobatan Gonore untuk Pasangan dari Orang yang Terinfeksi

Teman hidup (suami atau istri) atau pasangan seks dari orang yang terinfeksi gonore selama 60 hari terakhir juga perlu diperiksa dan diobati, meskipun mereka tidak menunjukkan gejala. Jika Anda diobati karena gonore dan pasangan seks Anda tidak diobati, Anda bisa tertular lagi jika melakukan kontak seksual dengannya.

Pastikan untuk menunggu hingga tujuh hari setelah pasangan Anda mendapat pengobatan sebelum melakukan kontak seksual lagi dengannya.

Pengobatan Gonore untuk Bayi yang Lahir dari Ibu yang Terinfeksi

Bayi yang mengembangkan penyakit gonore setelah lahir dari ibu yang terinfeksi bisa diobati dengan antibiotik. Obat tersebut mungkin diberikan dalam bentuk injeksi, obat oral, atau obat luar (seperti salep), tergantung pada jenis penyakitnya.

Apa Rekomendasi Obat Gonore secara Alami?

Cara mengobati gonore yang utama adalah dengan antibiotik sesuai petunjuk dokter. Jika ingin membeli obat gonore di apotik Kimia Farma, K24, atau apotik umum lainnya, Anda harus membeli sesuai dengan resep dan mengonsumsinya sesuai dosis yang ditentukan dokter.

Selain dengan obat resep, Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami yang dapat mempercepat pemulihan dari infeksi gonore. Salah satu rekomendasi herbal untuk obat gonore adalah Noni juice, yang terbuat dari sari buah Noni (Mengkudu).

Ilustrasi Obat Gonore di Apotik Kimia Farma
Photo by Ninetechno from Getty Images via Canva

Buah Noni bermanfaat dalam meningkatkan aktivitas sistem imun untuk melawan infeksi penyakit gonore. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal BMC Complementary Medicine and Therapies Vol. 22 No. 222 mendapati bahwa Noni memiliki aktivitas imunostimulan yang luar biasa melalui aktivasi dan peningkatkan jumlah sel natural killer (NK).

Jurnal Molecular Medicine Vol. 18 No. 1 menunjukkan bahwa sel-sel NK yang sudah aktif dan meningkat jumlahnya tersebut kemudian meningkatkan produksi interferon-γ (IFN-γ). IFN-γ adalah penyumbang utama dari pertahanan imun terhadap infeksi bakteri.

Dan American Journal of BioMedicine Vol. 3 No. 5 menunjukkan bahwa IFN-γ dapat memperkuat pertahanan imun terhadap infeksi bakteri gonore (Neisseria gonorrhoeae) dengan cara memproduksi sel-sel limfosit.

Sederhananya, dengan minum Noni juice akan membantu mengoptimalkan sistem imun Anda dalam melawan dan mengatasi infeksi gonore, sehingga tubuh Anda pulih dengan lebih baik. Untuk hasil maksimal, pastikan untuk mengonsumsi Noni juice yang dibuat dari 100% sari buah Noni, tanpa campuran air atau jus buah lain—supaya Anda memperoleh manfaat sepenuhnya dari buah Noni.

Kesimpulan tentang Obat Gonore di Apotik

Apa saja obat gonore di apotik umum seperti apotik Kimia Farma dan K24? Obat gonore haruslah dibeli sesuai resep dan diminum sesuai petunjuk dokter. Obat-obat antibiotik yang umumnya diresepkan dokter ialah ceftriaxone, azithromycin, cefixime, doxycycline, dan obat salep mata eryhtromycin.

Apa obat gonore untuk orang dewasa, pasangan, dan untuk bayi? Orang dewasa biasanya diobati dengan antibiotik; pasangan dari orang yang terinfeksi juga perlu diperiksa dan diobati dengan antibiotik; bayi yang tertular gonore dari ibunya juga bisa diobati dengan antibiotik.

Apa alternatif obat gonore secara alami? Rekomendasi herbal untuk membantu pengobatan gonore adalah Noni juice. Cara kerjanya yaitu dengan memperkuat sistem imun sehingga tubuh lebih mampu mengatasi infeksi gonore dan bisa pulih dengan lebih baik.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang obat gonore di apotik. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}