Wow, Jus Mengkudu Diklaim Menyembuhkan 33 Pasien Covid-19?

629
Buah Mengkudu, Bahan Dasar Jus Mengkudu
Credit Photo: Sarot Chamnankit / Shutterstock

Berita mengejutkan datang dari Makassar dimana sebanyak 33 pasien positif COVID-19 yang dirawat di Rumah Sakit Dadi Makassar diklaim sembuh setelah mengonsumsi jus Mengkudu.

Berdasarkan hasil tes, 33 pasien itu telah dinyatakan negatif setelah masing-masing diberi 2 botol jus Mengkudu untuk diminum selama masa isolasi mereka. Humas RS Dadi Makassar, Yunus, membenarkan kabar ini.

“Karena vaksin untuk virus corona belum ditemukan, maka cara apapun ditempuh demi kesembuhan pasien, sepanjang obat itu dapat menyembuhkan.” kata Yunus.

Achmad Firdaus, satu dari antara pasien yang sembuh, mengatakan bahwa sejak menjalani isolasi ia diberi obat-obat antibiotik, vitamin, suplemen makanan, dan susu kotak. Tetapi Achmad mengakui bahwa sejak ia diberi minum jus Mengkudu, ia merasa badannya langsung terasa ringan. Sakit tenggorokannya sembuh dan nyeri di badannya juga hilang.

Judul berita timesindonesia.co.id sehubungan klaim kesembuhan dari covid-19

Selain 33 pasien di RS Dadi Makassar, sejumlah warga lainnya juga merasakan khasiat dari jus ini. Salah satunya Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara, yang didiagnosis positif COVID-19.

Sejak awal masa isolasi ia mengonsumsi banyak vitamin, juga madu dan telur. Tetapi ada jus yang dikonsumsinya terakhir dan dianggapnya sangat ampuh, yaitu jus yang dibuat dari buah Mengkudu. Victor Batara menuturkan bahwa saat ini dirinya merasa kesehatannya telah kembali pulih.

Belakangan, Direktur RSUD Jombang, Jawa Timur, dr Pudji Umbaran mengajurkan masyarakat untuk mengkonsumsi jus Mengkudu (Morinda citrifilia) untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Menurut dr Pudji, Mengkudu dapat mengaktifasi sel T. Dimana, setl T dalam darah yang mempunyai fungsi dalam proses kekebalan tubuh manusia. “Sangat dianjurkan pada masyarakat untuk mengkonsumsi buah Noni atau Mengkudu,” ujarnya.

Kisah seperti ini mengingatkan bahwa obat tradisional dapat menjadi solusi alternatif untuk membantu pemulihan dari COVID-19. Dalam kondisi genting di tengah pandemi, dengan belum adanya obat medis maupun vaksin yang bisa mengobati dan mencegah penyakit, masuk akal jika banyak pihak berupaya mencari solusi alternatif untuk mengatasi penyakit ini.

Sebelum Makassar, Wuhan Sudah Gunakan Jus Mengkudu untuk Menangkal Covid-19

Sebetulnya sebelum di Makassar, jus Mengkudu juga sudah digunakan di Wuhan, Cina, untuk melawan corona COVID-19, dimana pada tanggal 15 Februari 2020, produk jus Mengkudu didistribusikan dalam jumlah besar ke rumah sakit-rumah sakit di Wuhan, untuk mendukung para tenaga medis yang saat itu paling terekspos virus COVID-19.

Credit: noninewage.com – Jus Mengkudu dikirimkan ke berbagai rumah sakit di Wuhan

Mengapa jus Mengkudu sangat baik untuk membantu melawan COVID-19? Buah mengkudu (Morinda citrifolia) sebenarnya sudah sejak dulu digunakan, baik secara tradisional maupun medis, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Namun, tentu saja kita perlu seimbang menanggapi berita klaim kesembuhan di atas, mengingat selama perawatan tidak hanya jus Mengkudu yang diberikan kepada mereka yang positif COVID-19, namun diberikan juga obat-obat antibiotik dan vitamin, maka menurut penulis terlalu dini untuk menyimpulkan jus Mengkudu adalah obat alami penyembuh penderita COVID-19, walaupun menurut Achmad Firdaus, salah seorang pasien yang sembuh, dia baru merasakan membaik setelah diberi jus Mengkudu.

Penulis sendiri lebih suka menyebut jus Mengkudu sebagai herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh, setidaknya ada dua alasan. Pertama, jus Mengkudu sudah dirasakan manfaatnya secara turun-termurun selama ribuan tahun untuk imunitas, ada kepercayaan di tengah masyarakat, jika rajin minum Mengkudu maka akan tidak mudah sakit.

Alasan kedua, karena sudah ada penelitan yang dilakukan untuk mendukung keyakinan tersebut. Supaya lebih jelas, mari kita perhatikan uji klinis yang menyatakan bahwa jus Mengkudu terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jus Mengkudu Tingkatkan Aktivitas Sistem Kekebalan Sampai 30%!

Sebuah artikel ilmiah yang mengulas berbagai penelitian menyatakan bahwa seseorang yang teratur minum jus Mengkudu akan mengalami peningkatan sistem kekebalan, yang ditandai dengan perbaikan-perbaikan utama berikut:

  • 19 persen penurunan MDA dalam darah – MDA adalah ukuran stres oksidatif.
  • 32 persen peningkatan aktivitas sel-sel NK – Sel-sel NKA membantu memblok virus dalam tubuh.
  • 30 persen peningkatan protein IL2 – protein IL2 mengatur sel-sel darah putih yang berfungsi untuk pertahanan tubuh terhadap infeksi.

Setiap perbaikan penanda utama (marker) di atas merupakan bukti penting bahwa Noni juice ampuh untuk menguatkan kekebalan kita terhadap virus corona COVID-19. Bagaimana masing-masing penanda tersebut berpengaruh pada kekebalan? Berikut adalah penjelasan sederhananya.

Penanda 1 – Penurunan MDA dalam Darah

Senyawa MDA sering menjadi ukuran stres oksidatif karena senyawa ini meningkat di dalam tubuh ketika kita stres. Akibat stres oksidatif, jumlah radikal bebas dalam tubuh akan melebihi kemampuan tubuh untuk menetralkannya, yang jika terus berlanjut dalam waktu lama bisa menyebabkan berbagai penyakit dan penuaan dini.

Kita semua menghadapi stres, baik secara fisik, mental, maupun emosional. Dan semua stres tersebut berdampak pada sistem kekebalan kita. Salah satu cara untuk meredam dampak negatif tersebut adalah dengan mengonsumsi suplemen yang kaya akan adaptogen.

Adaptogen adalah molekul yang menyeimbangkan kadar radikal bebas dalam tubuh, sehingga membantu tubuh pulih dari stres dan menjaga fungsi kekebalan tubuh tetap baik. Noni juice merupakan adaptogen yang ampuh, terbukti dari penelitian di atas yang memperlihatkan terjadi penurunan MDA dalam darah sebesar 19 persen setelah meminumnya.

Penanda 2 – Peningkatan Aktivitas Sel NK

Kita masing-masing punya sel-sel NK yang merupakan bagian dari pertahanan alami tubuh yang pertama kali bereaksi saat kuman (contohnya virus) masuk dalam tubuh. Sel NK (singkatan dari natural killer) terus “berpatroli” sehingga siap menelan sel-sel yang telah terinfeksi virus. Reaksi ini biasanya aktif hingga 12 jam pertama sejak virus masuk.

Jika seseorang teratur minum jus mengkudu, aktivitas sel NK mereka akan meningkat sampai sebesar 32 persen. Dengan begitu sel-sel NK bertambah aktif dalam berpatroli dan lebih cepat tanggap untuk menelan sel-sel yang terinfeksi virus, sebelum virus tersebut sempat menggandakan diri dalam jumlah banyak.

Penanda 3 – Peningkatan Protein IL2

Ketika serangan virus tidak teratasi dengan pertahanan alami di atas, maka tubuh akan mengaktifkan pertahanan lainnya. Protein IL2 akan merangsang sistem kekebalan untuk menghasilkan sel limfosit T dan limfosit B.

Limfosit T merupakan salah satu jenis sel darah putih yang berfungsi menjadi antibodi dan pertahanan terakhir tubuh. Beda halnya dengan sel NK yang menyerang apapun yang dianggapnya asing di dalam tubuh, limfosit T akan secara khusus menyerang virus.

Cara menyerangnya yaitu dengan menelan virus lalu membuat antibodi berdasarkan virus itu dengan cara mengaktifkan limfosit B menjadi sel plasma. Kemudian sel plasma akan menghasilkan antibodi yang khusus untuk melawan virus tertentu. Cara kerjanya seolah-olah sistem kekebalan kita punya laboratoriumnya sendiri untuk menciptakan anti-virus guna mengatasi serangan virus.

Noni juice terbukti meningkatkan aktivitas protein IL2 mencapai 30 persen. Ini bukan angka yang kecil, sebab peningkatan setiap persen sangat menentukan seberapa mampu tubuh kita bisa bekerja cepat untuk menciptakan anti-virus, sebelum virus itu semakin menggandakan diri dan menimbulkan kerusakan lebih parah.

Berdasarkan ketiga penanda ini, jelaslah kenapa jus Mengkudu sangat baik untuk diminum khususnya di tengah pandemi saat ini. Mengingat belum ditemukannya obat medis maupun vaksin yang efektif, kita sangat bergantung pada kemampuan kekebalan tubuh kita untuk menghadapi corona COVID-19.

Apabila sistem kekebalan kita kuat, maka virus akan sulit untuk menginfeksi tubuh karena kekebalan mampu menghancurkannya sebelum dapat menyebabkan masalah. Dan kalaupun tubuh terlanjur terinfeksi virus, dengan memperkuat kekebalan maka infeksi tersebut akan cepat hilang dan tubuh lebih cepat dipulihkan dari dampak-dampak infeksi.

Jus Mengkudu, Cara Sederhana untuk Melawan Corona COVID-19

Jus Mengkudu yang sedang viral karena pemberitaan diklaim sembuhkan 33 orang di Makassar dari Covid-19, sebenarnya sudah banyak digunakan masyarakat yang tahu khasiatnya sebagai obat tradisional untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Karena itu jika Anda sudah biasa mengonsumsi jus Mengkudu, maka kemungkinan Anda punya kekebalan tubuh yang lebih baik.

Tetapi jika Anda belum mengonsumsi, bagus jika Anda mulai mencobanya. Mengingat di masa new normal ini, lebih banyak orang beraktifitas, menjadi asalan kuat mengapa kita perlu berupaya sebisanya meningkatkan kekebalan dari dalam. Seraya terus melindung diri dengan menggunakan masker, rajin cuci tangan tangan, dan menjaga jarak.

Ingatlah kini jus Mengkudu tidak hanya dipercaya sebagai obat tradisional, namun sekarang sudah didukung oleh penelitian moderen sebagai jus untuk memperkuat kekebalan tubuh. Maka sambil menunggu vaksi Covid-19, tidak ada salahnya menggunakan herbal yang ada untuk terus mempertahankan kekebalan tubuh, termasuk jus buah Mengkudu.

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana cara membuat jus ini? Kami telah menyiapkan artikel yang menjelaskan resep sederhana untuk membuat jus buah mengkudu. Silakan baca di sini: Tolak Corona (COVID-19): Perkuat Imunitas Tubuh Anda dengan Jus Buah Noni!

Bagi Anda yang tidak mau repot-repot memburu buah Mengkudu jenis Morinda citrifolia untuk dijadikan jus, saat ini dipasaran sudah ada produk jus Mengkudu siap minum, namun pastikan Anda membeli hanya produk jus Mengkudu (Noni juice) yang hanya mengandung 100% sari buah Mengkudu, tanpa campuran lain. Agar lebih hemat dan tentu saja bermanfaat.

Selain itu pastikan juga produk jus Mengkudu yang Anda minum terbuat dari jenis Mengkudu Morinda citrifolia, karena memang ada beberapa jenis buah Mengkudu yang bentuknya hampir serupa, tetapi bukan Morinda citrifolia, sehingga yang mereka yang awam akan sulit membedakannya.

Jika ingin tahu lebih lanjut mengenai khasiat buah mengkudu, silakan baca pembahasan lengkapnya di artikel: Noni Juice Tingakatkan Imunitas, Lawan Hipertensi, Diabetes, dan 27 Masalah Kesehatan Lainnya!

Sumber

Sumber Referensi:

Noni by NewAge. Boost your immunity with Noni by NewAge. Published: 2020-03-16. URL: https://noninewage.com/en-us/news/7867479/boost-your-immunity-with-noni-by-newage

Noni by NewAge. Tahitian Noni Juice is fantastic for supporting immunity – here’s why. Published: 2020-03-09. URL: https://noninewage.com/en-us/news/7848598/tahitian-noni-juice-is-fantastic-for-supporting-immunity-heres-whyv

Noni by NewAge. Published: 2020-03-20.URL: https://noninewage.com/en-us/news/7937196/noni-by-newage-donates-216-million-in-tahitian-noni-to-frontline-medical-workers-fighting…

Ma DL, Jun Z, Jianhua G, dkk. (2008). The effect of Tahitian Noni Juice on antioxidation and immune function. Chinese Medical Research & Clinical. 6: 8-10

Surya Yogya. 33 Pasien di Makassar Sembuh, Virus Corona Keok dari Jus Mengkudu. Published: 2020-05-15. URL: https://suryayogya.com/2020/05/15/33-pasien-di-makassar-sembuh-virus-corona-keok-dari-jus-mengkudu/2/

Palopos.co.id. Kondisi Wabup Tator Berangsur Membaik. Published: 2020-04-28. URL: https://palopopos.fajar.co.id/2020/04/28/kondisi-wabup-tator-berangsur-membaik/

TIMES Indonesia. Jus Mengkudu Diklaim Sembuhkan 33 Pasien Covid-19 di Makassar. Published: 2020-05-21 URL: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/273208/jus-mengkudu-diklaim-sembuhkan-33-pasien-covid19-di-makassar