Noni Juice sebagai Herbal Fibromyalgia


By Cindy Wijaya

Fibromyalgia membuat seseorang merasakan nyeri di sekujur tubuhnya padahal tidak sedang sakit apa-apa. Bahkan lebih mengganggu lagi, rasa nyeri itu juga dapat disertai rasa letih, gangguan tidur, hingga gangguan mood. Apakah Anda mengalaminya? Jika ada herbal untuk fibromyalgia, apakah Anda ingin mencobanya? Dalam artikel ini akan dikupas salah satu herbal yang efektif sebagai obat alami untuk fibromyalgia, Noni juice.

Noni juice merupakan minuman herbal yang terbuat dari sari buah Noni murni. Herbal asli Indonesia ini sudah teruji oleh waktu dan telah didukung oleh banyak penelitian ilmiah.

Noni telah sejak lama digunakan secara tradisional untuk membantu menghilangkan rasa sakit atau nyeri. Bukti manfaat Noni juice untuk membantu mengatasi nyeri fibromyalgia bisa terlihat pada sebuah hasil penelitian besar yang dilakukan oleh Neil Solomon, M.D, Ph.D. dan rekan-rekannya. Penelitian ini dipublikasikan dalam buku “NONI JUICE, How Much, How Often, For What.”

Penelitian itu mengikutsertakan 1.224 pakar kesehatan dan 25.314 pengguna Noni juice dari 80 negara. Para pengguna Noni tersebut mengalami masalah kesehatan yang berbeda-beda, mulai dari yang ringan sampai berat.

Bagaimana hasilnya? Tercatat bahwa herbal Noni juice sanggup membantu pemulihan 5.872 pasien dari total 6.828 (86%) pasien fibromialgia! Di samping itu, penelitian tersebut juga memperlihatkan herbal ini terbukti meningkatkan tingkat energi, mempermudah untuk tidur pulas, mengurangi stres, serta memperbaiki mood. Semua manfaat itu sesuai yang dibutuhkan oleh para penderita fibromialgia.

Apa yang membuat Noni juice sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai herbal fibromyalgia? Bagian berikut akan menjelaskan alasan ilmiah di baliknya.

Kemampuan Noni Juice sebagai Herbal untuk Fibromyalgia

Bagaimana herbal ini membantu menghilangkan, atau setidaknya, meredakan nyeri fibromyalgia? Bahan baku Noni juice, buah Noni, mengandung nutrisi lengkap yang punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah sebagai analgesik, atau pereda rasa nyeri, yang telah dikenal luas dalam sejarah pengobatan tradisional. Faktanya tanaman Noni punya sebutan “painkiller tree” (“pohon penghilang rasa sakit”).

Kemampuan analgesik dari buah Noni sudah diuji dalam berbagai macam penelitian ilmiah. Contohnya yang dilakukan pada tahun 2009 oleh Simla Basar dan rekan-rekannya dari University Clinic Hamburg, Jerman. Mereka menemukan bahwa buah Noni memiliki efek pereda rasa nyeri yang sebanding dengan obat analgesik kimiawi, tramadol.

Perlu diketahui bahwa tramadol merupakan obat analgesik golongan keras yang biasanya hanya diresepkan untuk mengurangi nyeri dengan intensitas sedang hingga parah, misalnya nyeri pasca operasi. Jadi secara teori, herbal Noni juice berguna sebagai obat untuk pereda nyeri fibromyalgia karena mempunyai kemampuan alami yang setara dengan obat analgesik kimiawi golongan keras.

Itu artinya rasa nyeri fibromyalgia yang sudah sampai parah pun seharusnya bisa dibantu diatasi oleh herbal ini. Dan karena Noni adalah bahan alami, maka Anda tidak perlu merasa khawatir dengan efek samping yang biasa ditimbulkan oleh obat kmiawi.

Herbal Noni Lengkapi Gaya Hidup Sehat Agar Terbebas dari Fibromyalgia

Para ahli menyebutkan bahwa cara pengobatan untuk fibromyalgia tidak hanya bergantung pada konsumsi obat pereda nyeri, tetapi juga pada perawatan diri melalui gaya hidup sehat. Sebenarnya perawatan diri merupakan salah satu kunci utama untuk mengendalikan gejala-gejala penyakit ini.

Itu termasuk mengurangi stres, mencukupi kebutuhan tidur, olahraga teratur, dan menenangkan diri. Bagaimana herbal Noni juice dapat membantu Anda untuk menerapkan perawatan diri agar terbebas dari fibromyalgia?

Sebagaimana telah disinggung di awal, penelitian oleh Neil Solomon menunjukkan bahwa herbal ini terbukti mengurangi stres, mempermudah untuk tidur pulas, meningkatkan tingkat energi (sehingga Anda bisa teratur berolahraga), serta memperbaiki mood. Mari kita perhatikan cara kerja Noni dalam masing-masing manfaat tersebut.

Noni Juice untuk Mengurangi Stres:

Pertama, Noni sanggup mengaktifkan fungsi GABA di dalam otak untuk menghasilkan efek relaksasi pada tubuh yang akan meredakan stres. Kedua, Noni mampu menghambat enzim-enzim pemecah dan penghilang neurotransmiter monoamin di dalam otak. Dengan begitu ketersediaan neurotransmiter monoamin bisa tetap terjaga, sehingga membantu mengatasi stres kronis sekaligus mencegah gejala-gejala depresi.

Noni Juice untuk Mempermudah Tidur Pulas:

Cara kerja ini masih ada hubungannya dengan cara kerja Noni untuk mengurangi stres. Pertama, Noni merangsang tubuh untuk memproduksi hormon yang membuat tubuh kita rileks, mengantuk, lalu tertidur pulas. Kedua, Noni memengaruhi senyawa neurotransmiter di dalam otak untuk meredakan kecemasan dan depresi yang memicu insomnia.

Noni Juice untuk Meningkatkan Tingkat Energi:

Dalam hal meningkatkan energi, Noni bekerja terutama melalui 4 cara: memperbaiki metabolisme tubuh, memperbaiki kualitas tidur, mendetoksifikasi toksin dalam tubuh, serta meningkatkan imunitas tubuh. Keempat cara ini saling melengkapi satu sama lain sehingga kita akan punya stamina yang memadai untuk sepanjang hari.

Noni Juice untuk Memperbaiki Mood:

Dalam hal memperbaiki mood, Noni bekerja dengan memengaruhi hormon di dalam tubuh, khususnya hormon serotonin. Serotonin bertanggung jawab untuk mengatur mood Anda. Dan Noni memiliki kandungan scopoletin yang akan berikatan dengan serotonin untuk menjaga kadarnya dalam tubuh tetap terjaga, sehingga mood tetap terkontrol dengan baik.

Keempat cara kerja di atas akan melengkapi kemampuan herbal Noni juice untuk meredakan rasa nyeri fibromyalgia. Dengan begitu bukan hanya rasa nyeri saja yang akan diatasi, tetapi penderita penyakit ini juga akan dibantu untuk tidak merasa letih, bisa tidur pulas, dan memiliki mood yang baik.

Tidak Perlu Ragu Mencoba Noni Juice sebagai Herbal untuk Fibromyalgia

Apakah Anda ingin mencoba Noni juice untuk meredakan nyeri fibromyalgia yang mengganggu? Pikirkanlah bukti-bukti yang telah dikupas di artikel ini.

Pertama, Noni sanggup secara efektif meredakan nyeri fibromyalgia. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa efek pereda nyeri yang dimiliki Noni setara dengan kemampuan obat analgesik kimiawi golongan keras. Namun bedanya Noni aman dari efek samping yang biasa ditimbulkan oleh obat kimiawi.

Kedua, Noni punya cara-cara kerja lain yang turut berguna untuk mengendalikan gejala-gejala fibromyalgia. Noni dapat mengurangi stres, mempermudah tidur pulas, meningkatkan tingkat energi, serta memperbaiki mood.

Pertimbangkan juga bahwa Noni merupakan herbal yang kemampuannya telah teruji oleh waktu untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan telah didukung oleh banyak penelitian ilmiah yang lengkap, yang menyertakan banyak ahli kesehatan.

Dengan begitu Anda tidak perlu ragu apabila ingin memanfaatkan herbal Noni juice untuk mengatasi fibromyalgia, sekaligus untuk membuat kesehatan Anda secara keseluruhan menjadi lebih baik.

Sumber

Solomon, Neil. 2000. Noni Juice: How Much, How Often, For What. Orem [US]: Direct Source Publishing

Basar, Simla, dkk. (2009). Analgesic and antiinflammatory activity of Morinda citrifolia L. (Noni) fruit.  Phytotherapy Research. 24(1): 38-42. DOI: 10.1002/ptr.2863

Deng, Shixin & West, Brett. (2007). Noni as An Anxiolytic and Sedative: A Mechanism Involving Its Gamma-Aminobutyric Acidergic Effects. Phytomedicine: International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacology. 14(7-8): 517-22. DOI: 10.1016/j.phymed.2007.04.005

Deng, Shixin & West, Brett J. (2011). Antidepressant Effects of Noni Fruit and its Active Principals. Asian Journal of Medical Sciences. 3(2): 79-83

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}