Blog Herbal No. 1 Indonesia

Minyak Tea Tree Oil untuk Jerawat, Apakah Efektif?


By Cindy Wijaya

Minyak tea tree oil adalah minyak esensial yang sering digunakan dalam produk krim, losion, masker wajah, dan pembersih. Produk perawatan kulit ini dianggap dapat bermanfaat untuk mengurangi masalah jerawat di kulit.

Apa sebenarnya manfaat minyak tea tree oil untuk jerawat? Apakah minyak esensial ini efektif? Bagaimana cara menggunakan tea tree oil untuk jerawat? Simaklah penjelasannya dalam artikel ini.

Apa Itu Tea Tree Oil?

Bagi Anda yang tertarik pada produk aromaterapi, terapi alternatif, atau produk perawatan berbahan alami, Anda mungkin sudah mengenal minyak tea tree oil. Ini adalah minyak esensial yang umum digunakan sebagai bahan tambahan untuk produk perawatan kulit dan rambut.

Minyak tea tree berasal dari daun tumbuhan Melaleuca alternifolia, semak berkayu yang berasal dari Australia. Minyaknya encer, berwarna bening hingga kuning, dengan aroma obat kamper yang mencolok.

Dalam sejarahnya, minyak tea tree telah digunakan untuk infeksi kulit, infeksi jamur (seperti kaki atlet), dan luka lainnya. Saat ini, minyak tea tree merupakan bahan yang umum dalam produk sabun dan sampo.

Minyak Tea Tree Oil untuk Jerawat, Apakah Efektif?

Sebuah ulasan tahun 2015 mengenai 35 penelitian tentang penggunaan perawatan pelengkap untuk jerawat menyimpulkan bahwa ada beberapa bukti yang mendukung manfaat minyak tea tree oil untuk jerawat.

Sebuah penelitian tahun 2006 mendapati bahwa minyak tea tree memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba. Ini dapat membantu mengobati jerawat yang meradang.

Sebuah penelitian tahun 2016 menyelidiki penggunaan kombinasi minyak tea tree dan resveratrol untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Meskipun bukan tujuan penelitian, para peneliti mendapati sebagian besar peserta memiliki lebih sedikit minyak dan bakteri di kulit mereka, serta pori-pori yang lebih kecil. Ini berpotensi memperbaiki jerawat.

Dalam sebuah studi tahun 2017, peserta mengoleskan minyak tea tree ke wajah mereka dua kali sehari selama 12 minggu. Di akhir penelitian, para peneliti menyimpulkan bahwa minyak tea tree memiliki kemampuan untuk “memperbaiki secara signifikan” jerawat ringan hingga sedang tanpa efek samping yang serius. Namun penelitian ini hanya diikuti 14 partisipan dan tidak mengikuti standar kualitas penelitian lainnya.

Sebuah studi 2018 mendapati bahwa menggabungkan lidah buaya, propolis, dan minyak tea tree juga dapat memperbaiki jerawat.

Secara keseluruhan, penelitian menunjukkan bahwa memang ada manfaat minyak tea tree oil untuk jerawat, tetapi minyak ini bukanlah obat jerawat yang terbaik.

Jenis Perawatan Minyak Tea Tree Oil untuk Jerawat yang Terbaik

Produk perawatan kulit yang mengandung tea tree oil tersedia dalam bentuk minyak, gel, dan krim, dengan masing-masing formasi yang sama-sama bermanfaat untuk pengobatan jerawat. Namun yang bisa berbeda adalah konsentrasi minyak murni yang terdapat dalam masing-masing produk.

Kadang-kadang, bahkan ketika suatu produk diberi label sebagai 100% tea tree oil, konsentrasi minyak yang sebenarnya mungkin tidak lebih dari 3% saja. Beberapa produk anti-jerawat dengan kandungan tea tree oil sebagia nilai jual utama mereka hanya mengandung beberapa kadar minyak esensial murni, dan sudah dikombinasikan dengan bahan lain, yang mungkin (atau tidak) meningkatkan efektivitas produk.

Pastikan Anda memakai produk dengan konsentrasi setidaknya 5% minyak tea tree oil murni, karena kurang dari itu mungkin tidak cukup untuk menuai manfaat minyak tea tree oil untuk jerawat.

Meskipun produk perawatan tersebut mungkin bermanfaat, Anda juga dapat memakai 100% minyak tea tree murni dan mengencerkennya sendiri. Perbandingan yang disarankan adalah 1-2 tetes minyak tea tree untuk setiap 12 tetes minyak pembawa seperti minyak zaitun, kelapa, atau almond.

Cara Menggunakan Tea Tree Oil untuk Jerawat
Credit Photo: AmyLv – Shutterstock

Cara Menggunakan Tea Tree Oil untuk Jerawat

Berikut adalah langkah-langkah cara menggunakan tea tree oil untuk jerawat. Terdiri dari langkah untuk melarutkan, mengetes, dan mengoleskan ke wajah.

  • Larutkan 1 – 2 tetes tea tree oil dengan 12 tetes minyak pembawa seperti minyak zaitun, kelapa atau minyak almond. Namun berhat-hati lah saat menggunakan minyak tambahan pada wajah Anda. Ada jenis-jenis minyak yang justru dapat memperburuk wajah.
  • Sebelum mengoleskan campuran minyak tea tree oil untuk jerawat di wajah, lakukanlah uji tempel ke kulit di bagian dalam siku. Perhatikan apakah ada tanda-tanda kulit sensitif atau reaksi alergi seperti gatal, kemerahan, bengkak, dan rasa terbakar.
  • Sebelum mengoleskan minyak, cuci wajah dulu dengan sabun pembersih khusus wajah berjerawat, lalu keringkan dengan ditepuk-tepuk.
  • Oleskan perlahan campuran minyak tea tree oil dengan mengoleskannya pada jerawat menggunakan kapas.
  • Biarkan hingga kering. Kemudian oleskan pelembap (moisturizer) yang biasa Anda pakai.
  • Ulangi pagi dan malam.

Anda juga bisa menggunakan produt perawatan kulit yang mengandung tea tree oil. Hal ini lebih mudah daripada menggunakan langsung minyak tea tree oil untuk jerawat. Bacalah komposisi dari suatu produk perawatan kulit dan pilih yang mengandung tea tree oil sebagai bahan aktifnya.

Efek Samping Penggunaan Minyak Tea Tree Oil

Apabila diencerkan dan dioleskan dengan benar, minyak esensial ini tidak memiliki efek samping yang serius. Minyak tea tree juga tidak memiliki interaksi negatif yang diketahui dengan minyak esensial lain, obat, atau suplemen.

Namun, minyak tea tree kadang dapat menyebabkan kekeringan, gatal, rasa terbakar, kemerahan, dan pembengkakan ringan, terutama bagi orang yang memiliki kulit berjerawat. Untuk mengurangi risiko iritasi kulit, selalu lakukan uji tempel terlebih dahulu untuk mengetahui apakah Anda memiliki sensitivitas terhadap minyak ini.

Minyak esensial ini tidak aman dikonsumsi secara oral (melalui mulut). Minyak tea tree dapat beracun ketika tertelan, dan dalam jumlah besar dapat menyebabkan kebingungan, ruam, goyah, ketidakmampuan untuk berjalan, dan bahkan berpotensi menyebabkan koma.

Kesimpulan tentang Minyak Tea Tree Oil untuk Jerawat

Memang studi akademis masih relatif sedikit yang menunjukkan kegunaan minyak tea tree oil untuk jerawat. Namun banyak penelitian yang telah dilakukan sampai saat ini umumnya meneguhkan bahwa sifat antimikroba, antiseptik, dan anti-inflamasi yang terkandung dalam minyak esensial ini dapat membantu mengurangi masalah jerawat tanpa efek samping serius.

Meskipun tidak dianggap lebih efektif daripada obat jerawat konvensional seperti benzoil peroksida atau asam salisilat, minyak tea tree memiliki keunggulan sebagai produk alami yang mungkin lebih lembut pada kulit dan cenderung tidak menimbulkan iritasi.

Bila Anda mencari solusi melawan jerawat untuk dimasukkan dalam rutinitas perawatan kulit harian, minyak tea tree oil dapat menjadi solusi yang baik, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif yang tidak dapat mentolerir obat jerawat konvensional.

Anda bisa memakai produk perawatan kulit yang diformulasikan dengan minyak tea tree oil atau dengan mengencerkan minyak esensial dengan perbandingan 2 tetes minyak tea tree untuk setiap 12 tetes minyak pembawa.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang manfaat dan cara menggunakan tea tree oil untuk jerawat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Temukan juga ulasan menarik lain seputar bahan-bahan obat alami hanya di Deherba.com.

Sumber

Healthline. Can Tea Tree Oil Help Get Rid of Acne?. https://www.healthline.com/health/skin/tea-tree-oil-for-acne

Verywell Health. Tea Tree Oil for Acne. https://www.verywellhealth.com/does-tea-tree-oil-treat-acne-15529

Derm Collective. Tea Tree Oil for Acne: Does it Work, Is it Safe, and How to Use It. https://dermcollective.com/tea-tree-oil-for-acne/

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review ★★★★★

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}