Mengetahui Konsekuensi Operasi Plastik

550
Shutterstock

Diedit:

Beberapa waktu lalu, di jagat maya heboh berita tentang kontes kecantikan yang tengah berlangsung di Negeri Ginseng, Korea Selatan. Mayoritas perempuan yang tampil dalam ajang bergengsi tersebut memiliki wajah yang mirip karena rata-rata mereka pernah melakukan operasi plastik.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak perempuan di Korea Selatan memilih jalur operasi plastik untuk menyempurnakan penampilan fisiknya, terlebih mereka yang berprofesi sebagai public figure alias artis.

Keinginan untuk tampil sempurna di hadapan para penggemarnya tentu menjadi keinginan setiap artis. Bagaimana dengan fenomena yang terjadi di negeri kita sendiri?

Ternyata hampir tak jauh beda. Bukan hanya artis, kalangan wanita, terutama mereka yang berasal dari kalangan menengah ke atas pun banyak yang melakukan atau paling tidak berkeinginan untuk operasi plastik.

Pada dasarnya, setiap kaum Hawa senantiasa berkeinginan untuk memiliki tubuh dan wajah yang proposional dan cantik ketika di depan lawan jenisnya. Sayangnya, keinginan mereka didapatkan dengan melakukan operasi plastik dengan menghadapi segala konsekuensinya, hanya karena ingin mendapatkan wajah dan tubuh yang diimpikannya.

Bagaimana dengan Anda? Melakukan operasi plastik memang menjadi hak prerogatif setiap orang karena yang bersangkutan sendiri yang akan mendapatkan hasil dan konsekuensinya. Namun, sangat disarankan ketika Anda hendak melakukan operasi plastik untuk berpikir secara matang.

Ingatlah bahwa segala kemungkinan dapat terjadi. Selain membutuhkan biaya yang tidak sedikit, kesiapan fisik dan mental pun harus dipersiapkan jauh-jauh hari untuk menerima segala konsekuensi negatif yang bisa jadi terjadi bila operasinya gagal.

Operasi plastik ini pasti menimbulkan dampak psikologis bagi pelakunya. Ada berbagai macam dampak yang ditimbulkannya, terutama yang berkaitan dengan keharusan beradaptasi dengan tubuh atau bagian tubuh yang baru pasca operasi.

Baca juga:  Pil Pembesar Payudara, Apakah Aman?

Tentu saja, akan ada banyak perubahan yang sebelumnya tidak pernah dirasakan. Misalnya saja, orang yang melakukan pembesaran payudara. Ia harus mempersiapkan kondisi psikologis dimana ia saat ini telah memiliki payudara yang ukurannya lebih besar.

Begitu juga kalau gagal, Anda harus siap dengan kegagalan tersebut. Misalnya, bukan  payudara bertambah besar, yang terjadi malah menderita kanker atau penyakit lain.

Makanya, penekanannya ialah pada keharusan berpikir secara jernih dan matang sebelum Anda melakukan operasi plastik. Dan berikut merupakan faktor-faktor yang patut dipertimbangkan sebelum melakukan operasi plastik.

Harapan yang Tidak Sesuai

Setiap perempuan yang melakukan operasi plastik pada dasarnya menginginkan bentuk tubuh ideal sebagaimana yang diimpikan atau sesuai dengan bintang idolanya. Namun, sebaiknya Anda tidak menggantungkan harapan yang begitu tinggi dengan hasil dari operasi plastik tersebut karena tidak akan mengubah secara signifikan bentuk fisik Anda.

Operasi plastik tidak akan bisa merubah bentuk dasar fisiologis Anda sama seperti dengan yang diekspektasikan. Melainkan hanya memperbaiki anggota tubuh, bukan merubah bentuk aslinya.

Biaya Perawatan

Masalah biaya ini juga tentu bukanlah hal sepele karena bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Maka, Anda mesti mempertimbangkannya secara matang, apakah tabungan Anda cukup untuk membiayai keinginan mahal tersebut.

Ingatlah bahwa Anda bukan hanya membutuhkan biaya ketika melakukan operasi saja, melainkan juga butuh biaya buat pemeriksaan dan prosedur penanganan pasca operasi.

Resiko Operasi Plastik

Operasi plastik juga sangat beresiko. Kegagalan operasi plastik bisa membuat Anda stres karena sejumlah penyakit dan keluhan dapat muncul seperti perdarahan, komplikasi penyakit atau infeksi pada titik operasi. Jika Anda ingin tampil cantik dengan melakukan operasi plastik, bersiaplah dengan segala resiko tersebut.

Baca juga:  Bahaya dan Manfaat Melakukan Sauna

Periode Penyembuhan

Pasca operasi plastik, jangan kaget kalau Anda disarankan tidak melakukan kegiatan seperti biasanya. Memerlukan waktu berminggu-minggu bahkan sampai bulanan untuk memulihkan bagian tubuh setelah operasi.

Karena itu, kemungkinan besar aktifitas personal dan profesional Anda akan terganggu. Itulah beberapa konsekuensi yang mesti ditanggung ketika Anda memutuskan untuk mencoba peruntungan dengan operasi plastik.

Adalah bijak ketika Anda lebih memilih untuk mensyukuri segala hal yang telah diberikan Tuhan, apapun keadaannya. Karena bagaimanapun, Tuhan telah memberikan kita wujud terbaik yang sudah sepantasnya disyukuri.

Advertisement
Alinesia