Manfaat Rosella yang Perlu Anda Ketahui

1144

Rosella adalah tumbuhan yang bunganya kerap dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan teh herbal. Teh rosella cukup dikenal di berbagai pelosok dunia dengan rasanya yang masam namun menyegarkan. Manfaat rosella bagi kesehatan pun cukup terkenal dan sudah dirasakan oleh masyarakat.

Selain bunga rosella, sebenarnya semua bagian tanaman ini punya manfaatnya bagi kesehatan, termasuk buah dan daunnya. Di samping sebagai bahan baku teh, bunga rosella juga dapat digunakan untuk dijadikan sirup, puding, dan salad.

Salah satu kandungan gizi yang limpah terdapat dalam bunga rosella ialah vitamin C. Kandungan vitamin C dalam teh rosella bisa mencapai 6 kali lipat daripada kandungan vitamin C dalam sebuah jeruk. Bersama dengan beta karoten yang dimiliki rosella, menjadikan herbal ini sebagai antioksidan yang efektif untuk melawan serangan radikal bebas.

Nutrisi yang terdapat di dalam bunga rosella mencakup niasin, riboflavia, protrin, serta zat besi dengan kadar yang mencapai 8,89 mg/100 gram bunga rosella. Kandungan zat besi ini cukup berperan dalam membantu pembentukan sel darah merah. Dengan memperoleh zat besi yang memadai, tubuh terbantu untuk membentuk hemoglobin darah secara normal. Bunga rosella juga mengandung vitamin A dan beragam jenis asam amino yang amat dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan semakin maraknya kepopuleran teh rosella, semakin tinggi juga keingintahuan para ilmuwan untuk meneliti manfaat rosella sehubungan dengan kesehatan. Salah satunya ialah penelitian terhadap tanaman rosella yang dilakasanakan oleh Fakultas Ilmu dan Teknologi Pangan IPB pada tahun 2006 yang lalu.

Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa rosella limpah akan kandungan antioksidan. Dalam 3 kuntum bunga rosella yang sudah dikeringkan, didapati kandungan antioksidan sebanyak 1,7 mmol/prolox. Penemuan ini meneguhkan manfaat rosella sebagai herbal untuk melawan radikal bebas, misalnya melindungi Anda dari berbagai kerusakan sel akibat paparan sinar ultraviolet.

Rosella telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat diuretik dan pencahar, juga untuk membantu pengobatan penyakit berat seperti kanker, penyakit jantung, dan saraf. Selain itu, rosella juga dimanfaatkan untuk meredakan pilek, mengatasi hidung tersumbat, membersihkan ingus, melancarkan pencernaan, dan membantu meringankan demam.

Ada lagi penelitian yang menemukan bahwa rosella punya kemampuan anti-urolithiatic yang membuatnya sanggup menghambat pembentukan batu ginjal. Ekstrak bunga rosella diketahui mampu membantu menstabilkan atau memperbaiki tekanan darah dan lipid darah pada penderita penyakit diabetes.

Manfaat rosella yang selanjutnya ialah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Suatu pengujian dilakukan berkenaan manfaatnya ini. Sejumlah 54 orang penderita hipertensi diberi minum secangkir teh rosella setiap hari selama 12 hari. Setelah itu, didapati bahwa nilai sistolik dan diastolik pada pengukuran tekanan darah para partisipan ternyata menurun secara signifikan.