Blog Herbal No. 1 Indonesia
  • Home
  • Blog
  • Rosela
  • Dapatkan Manfaat Rosella untuk Wajah dengan Membuatnya Jadi Masker

Dapatkan Manfaat Rosella untuk Wajah dengan Membuatnya Jadi Masker


By Cindy Wijaya

Kulit wajah adalah satu faktor utama kecantikan bagi banyak orang. Sayangnya, di kulit wajah bisa terjadi berbagai masalah, seperti berjerawat, berminyak, kulit kering, kulit kusam, hingga warna kulit tidak merata. Jika mengalaminya, kita bisa merasa kurang percaya diri dengan penampilan kita. Kita jadi berupaya mencari perawatan untuk mengatasi masalah-masalah itu atau untuk merawat kulit wajah agar tidak muncul masalah.

Ada banyak sekali pilihan perawatan untuk kulit wajah, dari yang mengandung bahan kimia sampai yang bahan alami. Bahan-bahan alami cenderung mudah didapatkan karena berada di sekitar kita, salah satunya adalah bunga rosella. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai manfaat rosella untuk wajah dan bagaimana cara membuat masker wajah rosella untuk kecantikan.

Manfaat Rosella untuk Wajah

Tanaman rosella memiliki nama ilmiah Hibiscus sabdariffa L, merupakan tanaman yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Bagian dari tanaman rosella yang paling sering dimanfaatkan adalah bunganya. Rosella berbunga sepanjang tahun. Bunganya berwarna merah terletak di ketiak daun dan merupakan bunga tunggal.

Bunga rosella punya banyak zat yang bermanfaat bagi kesehatan kita. Rosella dikenal dengan rasa asamnya karena memiliki kandungan vitamin C, bahkan lebih banyak dibandingkan jeruk, jambu merah, pepaya, dan apel. Juga mengandung asam sitrat dan asam malat dengan total 13% dan asam gikolik.

Vitamin C mengandung banyak manfaat untuk kulit kita, antara lain:

  • Berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu melindungi kulit dari radikal bebas.
  • Melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV dengan cara menetralisirnya.
  • Merangsang pembentukan kolagen dan mempercepat proses pemulihan luka di kulit.
  • Dapat mengaktifkan antioksidan lain seperti vitamin E.

Di samping vitamin C, terdapat juga berbagai jenis vitamin lain seperti vitamin D dan vitamin A yang akan membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak atau mati. Lalu terdapat vitamin B1 dan B2 untuk memmbantu mengatasi kulit kering dan keriput.

John McIntosh, peneliti dari Institute for Food Nutrition & Health di Massey University, Selandia Baru, mencoba mengekstrak bunga rosella dengan cara mengeringkan kelopak bunganya pada suhu 50 derajat C selama 36 jam. Kemudian 3 g rosella yang sudah dikeringkan dilarutkan dengan 300 ml air yang dimasukkan ke dalam spektrofotometer.

Hasilnya, rosella terbukti mengandung 24% antioksidan dan 51% antosianin. Antioksidan dapat membantu menghilangkan sel-sel radikal bebas yang merusak inti sel tubuh. Itu sebabnya rosella mempunyai efek anti-kanker. Sementara itu, zat antosianin berperan menjaga kerusakan sel akibat sinar UV berlebihan yang diserap tubuh.

Karena memiliki berbagai kandungan bermanfaat tersebut, manfaat rosella untuk wajah sangatlah baik. Dengan menggunakan manfaat bunga rosella untuk kecantikan, kulit kita dibantu untuk senantiasa sehat dan cantik.

Bagaimana Cara Membuat Masker Wajah Rosella?

Masker punya beragam khasiat untuk kecantikan kulit wajah kita, antara lain dapat:

  • Memperbaiki sel-sel kulit yang masih aktif dan merangsang aktivitas sel-sel tersebut.
  • Mengangkat kotoran dan sel-sel tanduk yang masih ada pada kulit secara mendalam.
  • Memperbaiki dan mengencangkan kulit.
  • Menutrisi, melembutkan, menghaluskan, dan mempertahankan kelembapan kulit.
  • Mencegah, meminimalkan, dan menyamarkan gejala-gejala kerusakan pada kulit seperti keriput dan hiperpigmentasi.
  • Melancarkan aliran darah dan getah bening pada jaringan kulit.

Mempertimbangkan beragam khasiat tersebut, maka salah satu cara terbaik menyerap manfaat rosella untuk kecantikan adalah dengan membuatnya menjadi masker wajah.

Mengeringkan Bunga Rosella

Pertama-tama, kita akan mengolah bunga rosella menjadi tepung. Proses pengolahan menjadi tepung dapat dilakukan dengan cara mengeringkan rosella kemudian menggilingnya menjadi tepung.

Buang biji-biji dari bunga rosella kemudian cuci bunga sampai bersih, karena jika tidak bersih bisa menimbulkan gatal. Taruh bunga-bunga itu di rak berpori yang terkena sinar matahari langsung. Keringkan bunga rosella selama 4 hari agar mendapat hasil yang baik.

Setelah benar-benar kering, bunga rosella bisa digiling dan diayak, untuk dijadikan tepung bunga rosella.

Mencampurkan Tepung Rosella dengan Madu

Kemudian kita perlu mengencerkan tepung rosella untuk menjadi masker. Kita pakai bahan pengencer alami yaitu madu.

Mengapa madu? Karena madu juga bermanfaat untuk kecantikan, sehingga melengkapi manfaat rosella untuk wajah. Madu punya kandungan vitamin B kompleks, vitamin C, dekstrin, pigmen tumbuhan, asam amino (peregenerasi sel-sel kulit), protein, senyawa ester (pembentuk enzim), dan senyawa aromatik (pembawa aroma) yang dibutuhkan oleh tubuh dan kulit.

Membersihkan kulit wajah dengan madu dapat menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel dan menyumbat pori-pori yang menyebabkan jerawat, noda, dan juga flek hitam di wajah. Selain itu, madu juga bisa menghambat munculnya keriput.

Penelitian oleh para ahli kecantikan menunjukkan bahwa penggunaan masker campuran madu dapat membuat kulit halus dan kencang. Kandungan vitamin C yang dimiliki madu dapat mengatasi bakteri penyebab jerawat.

Karena itulah dalam cara membuat masker bunga rosella ini, kita mencampurkannya dengan madu untuk memperkuat manfaat rosella untuk kecantikan wajah.

Cara Membuat Masker Wajah Rosella dengan Campuran Madu

  • Tambahkan madu murni secukupnya ke dalam tepung rosella, aduk sampai rata.
  • Oleskan campuran rosella-madu ke wajah secara merata.
  • Diamkan selama 10 – 20 menit.
  • Bilas wajah dengan air hingga bersih.

Catatan: Tepung rosella dapat disimpan sekitar 3 bulanan dengan kadar airnya di bawah 10%.

Ilustrasi Masker Wajah Rosella
Ilustrasi Masker Wajah Rosella (Credit: kazmulka/Shutterstock)

Cara Membuat Masker Bunga Rosella dan Madu dengan Kristalisasi

Kristalisasi adalah proses pemisahan, yaitu larutan dipekatkan sampai konsentrasi bahan yang terlarut menjadi lebih besar daripada larutannya pada suhu yang sama. Lalu bahan yang terlarut akan dikeluarkan dari larutan, menjadi bentuk kristal yang murni.

Bahan-bahan:

  • Kuntum bunga rosella, 50 kuntum
  • Air, ½ liter
  • Madu, 50 ml

Alat-alat:

  • Panci berbahan stainless steel untuk merebus
  • Sendok berbahan stainless steel untuk mengaduk
  • Kompor
  • Blender (atau bisa gunakan batu gilingan)
  • Kemasan aluminium foil

Cara mengolah:

  • Rebus air sampai mendidih.
  • Masukkan bunga rosella, rebus selama 3-5 menit, lalu saring.
  • Taruh madu ke dalam cangkir dan campurkan ke dalam larutan, aduk rata.
  • Aduk terus-menerus dengan kecepatan stabil sampai larutan rosella mengkristal secara sempruna.
  • Setelah mengkristal, biarkan sampai suhunya mendingin sama dengan suhu ruangan.
  • Haluskan kristal dengan menggunakan blender untuk memperoleh hasil serbuk yang lebih halus.
  • Jika tidak ada blender, bisa gunakan batu gilingan untuk menumbuk kristal sampai menjadi serbuk halus.
  • Kemas serbuk rosella menggunakan kemasan yang terbuat dari aluminium foil agar lebih awet.

Catatan: Masker rosella ini dapat disimpan selama 3 hari.

Kesimpulan tentang Manfaat Rosella untuk Kecantikan

Kita tentu ingin tampil cantik dan menawan. Banyak cara untuk memperolahnya, salah satunya dengan memakai perawatan alami yang cocok untuk kulit wajah kita. Kita bisa manfaatkan bunga rosella yang banyak manfaatnya untuk kecantikan kulit.

Apa saja manfaat bunga rosella untuk kecantikan? Vitamin C di dalam rosella merupakan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari serangan radikal bebas, merangsang pembentukan kolagen dan mempercepat penyembuhan luka, melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV, serta dapat mengaktifkan antioksidan lain seperti vitamin E.

Selain itu ada juga vitamin D dan vitamin A yang membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak atau mati. Juga ada vitamin B1 dan B2 yang dapat mengatasi kulit kering dan keriput.

Salah satu cara jitu untuk menyerap manfaat rosella untuk wajah adalah dengan membuatnya menjadi masker wajah. Cara membuat masker wajah rosella yang dibahas di artikel ini adalah dengan mencampurnya dengan madu. Madu merupakan bahan alami lain yang berkhasiat untuk kecantikan, sehingga dapat memperkuat manfaat masker wajah rosella untuk kecantikan kulit wajah.

Dengan menggunakan masker wajah rosella secara teratur, kulit wajah akan dibantu untuk menjadi lebih lembut, halus, semakin kencang, serta membantu menghilangkan noda-noda hitam dan tanda-tanda penuaan dini akibat sinar UV.

Sumber

Pangaribuan, L. (2016). Pemanfaatan Masker Bunga Rosela untuk Pencerahan Kulit Wajah. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 14(28), 46-58. DOI: 10.24114/jkss.v14i28.4696. URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jkss/article/view/4696

Yuliansari, M. & Puspitorini, A. (2020). Proses Pembuatan Masker Bunga Rosella dan Tepung Beras sebagai Pencerahan Kulit Wajah. Jurnal Tata Rias, 9(2), 367-375. URL: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/34626

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review ★★★★★

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}