Manfaat Kencur untuk Kesehatan yang Sayang untuk Dilewatkan

290
Ilustrasi Manfaat Kencur untuk Kesehatan
Credit Photo: picturepartners / Big Stock Photo
5
(2)

Kencur (nama ilmiahnya Kaempferia galanga) adalah salah satu tanaman Indonesia yang memiliki khasiat obat. Ada beragam manfaat kencur untuk kesehatan, yang paling sering adalah untuk mengobati batuk, memperhalus suara, untuk kecantikan, dan manfaatnya juga bertambah jika dicampur madu, kunyit, atau bahan lainnya. Ya, dibalik cita rasanya yang khas, kencur menyimpan banyak khasiat yang sayang untuk dilewatkan.

Artikel ini akan mengulas apa saja manfaat kencur untuk kesehatan yang perlu diketahui orang. Informasi dalam artikel ini dirangkum dari berbagai sumber yang dapat dipercaya, silakan lihat bagian “sumber referensi” di akhir artikel untuk melihat sumber-sumbernya. Sekarang mari kita lihat apa saja khasiat kencur.

Apa Saja Manfaat Kencur untuk Kesehatan?

Sebagai tanaman obat yang mudah diperoleh, masyarakat Indonesia sudah sering menggunakan kencur untuk berbagai keperluan kesehatan. Misalnya minuman “beras kencur” yang menjadi jamu populer di banyak kalangan masyarakat

Selain itu dipercaya akan lebih banyak manfaat kencur jika dicampur dengan madu dan/atau kunyit. Bahkan ada orang yang makan kencur mentah tiap hari karena ingin mendapat manfaat yang lebih maksimal. Apa sebenarnya khasiat kencur untuk kesehatan? Berikut adalah beberapa diantaranya.

Khasiat Kencur untuk Mengobati Batuk

Siapa yang tidak tahu khasiat kencur untuk batuk? Kencur dapat dijadikan pertolongan pertama saat mulai muncul gejala-gejala batuk. Anda hanya perlu mencuci rimpang kencur, kupas kulitnya, dan parut. Parutan kencur lalu dibungkus kain dan peras untuk mendapatkan sarinya. Tambahkan sari kencur dengan sedikit air jeruk nipis dan madu secukupnya untuk mendapat manfaat pereda batuknya. Minum campuran ini tiga kali sehari sampai gejalanya membaik.

Manfaat Kencur untuk Menjernihkan Suara

Selain punya khasiat untuk obat batuk, kencur juga sering dimanfaatkan oleh para penyanyi untuk membantu meningkatkan kualitas suara mereka. Kencur diyakini punya manfaat untuk membantu menjernihkan suara dengan cara menjaga kondisi pita suara serta melegakan tenggorokan. Meski belum ada penelitian yang meneguhkannya, namun sudah banyak pengalaman orang-orang yang membuktikan manfaatnya ini.

Baca juga:  Inilah Khasiat Kencur untuk Kesehatan Anda!

Bagaimana cara memperoleh manfaat kencur untuk membuat suara lebih jernih? Cuci bersih rimpang kencur, kupas kulitnya, lalu potong-potong menjadi irisan-irisan kecil. Kemudian makan kencur mentah, kunyah dulu sampai sangat halus baru telan. Tunggu sampai setidaknya 2 jam sebelum minum air.

Manfaat Kencur sebagai Anti-Mikroba

Sebagai anti-mikroba, kencur punya manfaat untuk menjaga kesehatan dengan membantu mencegah dan mengatasi infeksi mikroba (contohnya bakteri, fungi, dan virus). Penelitian telah menguji secara in vitro kemampuan anti-mikroba yang dimiliki oleh minyak kencur. Aktivitas anti-mikroba juga telah ditunjukkan secara in vitro pada seluruh ekstrak rimpang kencur.

Khasiat Kencur untuk Mengobati Diare

Kunyit dapat membantu mengobati diare karena mengandung cukup banyak zat anti-bakteri dan sitotoksik yang dapat membantu meredakan gejala-gejala diare. Penelitian memperlihatkan bahwa efek anti-diare yang dimiliki kencur sama kuatnya dengan efek anti-diare yang dimiliki minyak jarak. Minyak jarak terkenal sebagai obat alami diarea yang ampuh.

Khasiat Kencur untuk Menghambat Kanker

Penelitian secara in vitro menunjukkan bahwa ekstrak kencur punya aktivitas untuk melawan berbagai jenis sel kanker. Konstituen kimia aktif yang teridentifikasi dapat melawan sel-sel kanker antara lain galangin, 4-hydroxycinnamaldehyde, curcuminiod, dan diarylheptanoid. Aktivitas anti-kanker yang dimiliki kencur, seperti sitotoksisitas langsung, induksi apoptosis, dan penghambatan pertumbuhan tumor telah dibuktikan melalui penelitian.

Manfaat Kencur dan Madu untuk Kesehatan

Kencur dan madu punya manfaat ekspektoran, yang artinya berguna untuk mengeluarkan lendir atau dahak di tenggorokan. Dengan begitu, ramuan kencur dan madu punya manfaat untuk obat batuk khususnya batuk berdahak. Selain itu ramuan ini juga akan membuat napas lebih lega serta membuat tubuh lebih segar.

Bagaimana cara membuat ramuan kencur dan madu? Caranya sangat sederhana, Anda hanya perlu menyiapkan 2 – 3 rimpang kencur, cuci bersih dan kupas kulitnya. Parut hingga halus, bungkus kain, lalu peras untuk diambil sarinya. Tambahkan sedikit air agar tidak terlalu pekat (atau sedikit air jeruk nipis), dan tambahkan madu secukupnya. Minum ramuan kencur dan madu ini 2 kali sehari setelah makan pagi dan sebelum tidur untuk mendapat manfaat yang maksimal.

Baca juga:  Inilah Khasiat Kencur untuk Kesehatan Anda!

Manfaat Kencur dan Kunyit untuk Kesehatan

Sebagaimana sudah diketahui banyak orang, dua bahan dasar untuk membuat jamu beras kencur ialah kencur dan kunyit. Bahan-bahan dasar lainnya adalah beras putih, jahe, asam jawa, gula jawa, dan daun pandan.

Selain rasanya yang nikmat, jamu beras kencur punya banyak manfaat untuk kesehatan. Contohnya saja manfaat yang diberikan oleh dua bahan dasarnya, yaitu kencur dan kunyit. Seperti sudah dibahas di artikel ini, kencur punya khasiat untuk obat batuk, menjernihkan suara, anti-mikroba, mengobati diare, dan menghambat kanker.

Kemudian ditambah lagi dengan banyak khasiat kunyit, seperti untuk mengurangi nyeri osteoartritis, mengatasi sakit tukak lambung, mengobati maag, dan meredakan rasa sakit akibat menstruasi. Jadi tidak heran apabila jamu beras kencur juga beragam manfaat bagi kesehatan. Bagaimana cara membuat jamu beras kencur? Berikut tahap-tahap yang bisa Anda ikuti.

Resep Beras Kencur


  • Siapkan beras putih 50 gram, 1 rimpang kencur ukuran sedang, 1 rimpang kunyit ukuran kecil, 1 rimpang jahe ukuran sedang, 2 sdm asam jawa, 260 gram gula jawa, 2 lembar daun pandan.
  • Rendam beras dengan air bersih selama 3 jam.
  • Rebus kencur, kunyit, jahe, asam jawa, gula jawa, dan daun pandan sekaligus dalam air matang secukupnya. Sambil diaduk rata sampai semua bahan itu matang dan airnya mendidih.
  • Setelah itu biarkan sampai agak dingin, lalu saring airnya dan pisahkan ampasnya.
  • Tumbuk sampai halus rendaman beras bersama dengan ampas kencur, jahe, kunyit, dan asam jawa yang sudah direbus tadi.
  • Jika tumbukannya sudah halus, saring dan peras sampai keluar airnya. Usahakan peras sampai benar-benar kering.
  • Tuangkan perasan itu ke dalam air rebusan, dan jamu beras kencur sudah siap diminum.

Apa saja manfaat kencur untuk kesehatan? Kencur punya manfaat untuk obat batuk, menjernihkan suara, sebagai anti-mikroba, mengobati diare, dan menghambat kanker. Selain dinikmati sendiri, kencur juga dapat dicampur dengan bahan lain, seperti madu dan kunyit, untuk menambah manfaat kesehatannya.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang manfaat kencur untuk kesehatan. Semoga informasi ini dapat memperkaya pengetahuan Anda tentang tanaman obat di Indonesia. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar tanaman obat asli Indonesia hanya di Deherba.com.


Sumber Referensi:

Shetu, Jahan Hosne, dkk. (2018). Pharmacological importance of Kaempferia galanga (Zingiberaceae): A mini review.  International Journal of Research in Pharmacy and Pharmaceutical Sciences. 3(3): 32-39

Drugs.com. Galangal. Updated: 2019-07-15. URL: https://www.drugs.com/npp/galangal.html. Accessed: 2019-12-31

Setiaputri, Karinta Ariani. 6 Manfaat Kencur Bagi Kesehatan yang Sayang untuk Dilewatkan. Edited: 2019-04-02. URL: https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/manfaat-kencur-untuk-kesehatan/. Accessed: 2019-12-31


Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 tidak bermanfaat / 5 sangat bermanfaat)

Rating: 5 / 5. Pemilih: 2

Ikuti media sosial kami untuk terus terhubung dengan deherba.com!

Maaf sekali artikel ini belum bermanfaat untuk Anda

Bantu kami untuk meningkatkan artikel ini!

Beritahukan apa yang bisa kami lakukan untuk meningkatkan mutu artikel ini?