Blog Herbal No. 1 Indonesia
  • Home
  • Blog
  • Kencur
  • Nikmati Manfaat Jamu Beras Kencur dengan Resep Sederhana Ini

Nikmati Manfaat Jamu Beras Kencur dengan Resep Sederhana Ini


By Cindy Wijaya

Jamu adalah minuman tradisional yang lekat dengan kehidupan kita. Banyak orang percaya dengan manfaat jamu bagi kesehatan. Ini karena jamu terbuat dari bahan-bahan alami yang memiliki berbagai kandungan bermanfaat. Tak terkecuali dengan jamu beras kencur.

Dalam artikel ini akan dikupas mengenai manfaat jamu beras kencur bagi kesehatan dan cara membuat beras kencur yang enak dan gampang.

Manfaat Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur adalah minuman tradisional yang diracik dari dua bahan utama, yaitu kencur dan beras. Kedua bahan alami tersebut punya berbagai kandungan bermanfaat dan cenderung tidak menimbulkan efek samping merugikan bagi tubuh.

Beras punya kandungan karbohidrat yang tinggi mencapai 78,9 g/100 g bahan. Jenis karbohidrat utama yang terdapat di dalam beras adalah pati. Pati beras terdiri dari dua jenis glukosa, yaitu amilopektin dan amilosa, yang di dalam tubuh dapat diproses untuk menjadi energi.

Kencur (Kaempferia galanga L.) dikenal masyarakat sebagai rempah berkhasiat, mempunyai kandungan kimia minyak atsiri yang terdiri dari etil parametoksi sinamat, kamfer, borneol, sineol, penta dekana yang bermanfaat mengobati batuk, mengeluarkan angin dalam perut, dan menghangatkan badan.

Karena itu terdapat manfaat jamu beras kencur untuk membantu mengatasi batuk, masuk angin, pegal-pegal, sakit perut, dan menghangatkan tubuh.

Menurut beberapa penelitian, ada juga sejumlah manfaat beras kencur lain yang bisa kita peroleh:

Sebagai Anti-Kanker:

Dalam beberapa penelitian, kandungan beras kencur diduga dapat membantu menghambat pertumbuhan dari sejumlah jenis sel kanker, diantaranya kanker mulut, kanker lambung, kanker usus besar, dan multiple myeloma.

Sebagai Anti-Radang:

Secara tradisional dipercaya ada manfaat jamu beras kencur untuk mengatasi sakit perut dan sakit gigi. Sebenarnya kemungkinan manfaat tersebut ada hubungannya dengan efek anti-radang yang dimiliki kencur, yang mampu menghambat peradangan.

Sebagai Antioksidan:

Antioksidan adalah salah satu kandungan beras kencur. Antioksidan membantu tubuh melawan radikal bebas yang bisa memicu sejumlah penyakit, mengurangi tekanan darah tinggi, hingga menurunkan risiko kardiovaskular (penyakit jantung dan pembuluh darah).

Sebagai Anti-Bakteri:

Penelitian menunjukkan bahwa salah satu bahan beras kencur, yaitu kencur, dapat melawan berbagai jenis bakteri penyebab penyakit. Bakteri-bakteri tersebut antara lain Aspergillus niger, Bacillus subtilis, Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa, Salmonella typhi, Shigella flexneri, dan Staphylococcus aureus.

Sebagai Anti-Diabetes:

Penelitian juga menunjukkan bahwa ada manfaat beras kencur untuk membantu mengendalikan gula darah. Kencur diduga dapat mencegah dan mengatasi komplikasi kronis pada penderita diabetes tipe 2, dengan cara mengurangi gula darah dan menurunkan resistensi insulin tubuh mereka.

Meski begitu, perlu diingat bahwa masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan sejumlah manfaat jamu beras kencur di atas. Jadi apabila Anda sedang mengidap suatu jenis penyakit dan ingin mengonsumsi jamu ini, ada baiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

Cara Membuat Beras Kencur

Bahan beras kencur dan cara membuatnya sebenarnya cukup sederhana. Hanya membutuhkan ketelatenan agar bisa membuat jamu yang rasanya enak. Berikut resep beras kencur yang gampang untuk dibuat.

Resep Beras Kencur

Pertama-tama sediakan bahan beras kencur seperti berikut:

  • Air, 1500 ml (sekitar 7,5 gelas)
  • Gula jawa, 150 gram
  • Kencur, 125 gram
  • Beras putih, 50 gram
  • Gula pasir, 5 sendok makan

Kemudian, ikuti langkah-langkah cara membuat beras kencur berikut ini:

  • Cuci bersih beras, lalu rendam dalam air kira-kira 1-2 jam, dan sisihkan.
  • Rebus gula jawa dan gula pasir dengan air sampai mendidih.
  • Tunggu sampai airnya agak dingin, lalu saring airnya, dan sisihkan.
  • Cuci kencur sampai bersih, lalu kupas kulitnya dan potong-potong.
  • Tiriskan air rendaman beras. Blender, beras, kencur, dan air rebusan gula sampai halus.
  • Saring jamu beras kencur. Peras ampas dari blenderan sampai benar-benar kering.
  • Jamu beras kencur siap dinikmati. Boleh disajikan panas atau ditambahkan es.

Catatan: Habiskan jamu beras kencur dalam sehari. Jangan disimpan sampai besok.

Cara membuat beras kencur yang nikmat terletak pada penggunaan bahan-bahan alami. Bahan beras kencur yang utama adalah beras dan kencur, serta bahan-bahan tambahannya seperti gula jawa dan gula pasir.

Kita sebaiknya menggunakan bahan-bahan alami, maksudnya tidak menggunakan bahan instan atau bubuk yang sudah tinggal diseduh.

Pastikan juga bahan-bahan alami tersebut masih dalam kondisi segar. Itu akan memengaruhi kualitas dan ketahanan dari jamu yang dihasilkan.

Kesimpulan tentang Manfaat Jamu Beras Kencur

Secara tradisional, kandungan beras kencur dipercaya dapat membantu mengatasi batuk, masuk angin, pegal-pegal, sakit perut, dan menghangatkan badan.

Selain itui sejumlah penelitian juga menduga bahwa kandungan beras kencur dapat memberi manfaat sebagai anti-kanker, anti-radang, antioksidan, anti-bakteri, dan anti-diabetes.

Meski begitu masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan sejumlah manfaat jamu beras kencur tersebut.

Cara membuat jamu beras kencur sebenarnya sederhana, hanya butuh ketelatenan. Kita perlu merendam beras dalam waktu tidak sebentar, kira-kira 2 jam. Juga perlu memeras ampas dari bahan-bahan yang sudah diblender.

Dan yang tidak kalah penting, kita perlu menggunakan bahan-bahan alami, bukan bahan instan atau dalam bentuk bubuk siap seduh. Bahan-bahan alami juga harus dipastikan masih dalam kondisi segera. Itu semua akan memengaruhi rasa, kualitas, dan ketahanan dari jamu yang dihasilkan.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang manfaat beras kencur dan resep beras kencur. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar pemanfaatan bahan-bahan alami hanya di Deherba.com.

Sumber

Wang, S. Y., Zhao, H., Xu, H. T., Han, X. D., Wu, Y. S., Xu, F. F., Yang, X. B., Göransson, U., & Liu, B. (2021). Kaempferia galanga L.: Progresses in Phytochemistry, Pharmacology, Toxicology and Ethnomedicinal Uses. Frontiers in pharmacology, 12, 675350. URL: https://doi.org/10.3389/fphar.2021.675350

Srivastava, Nupur & ., Ranjana & Singh, Shilpi & Gupta, Amit & Shanker, Karuna & Bawankule, Dnyaneshwar & Luqman, Suaib. (2019). Aromatic ginger (Kaempferia galanga L.) extracts with ameliorative and protective potential as a functional food, beyond its flavor and nutritional benefits. Toxicology Reports. 6. URL: https://doi.org/10.1016/j.toxrep.2019.05.014

Kompas.com. Resep Jamu Beras Kencur, Minuman Tradisional yang Bisa Tambah Imunitas Tubuh. URL: https://www.kompas.com/food/read/2021/02/28/080600475/resep-jamu-beras-kencur-minuman-tradisional-yang-bisa-tambah-imunitas-tubuh

Kompas.com. 5 Cara Membuat Beras Kencur yang Enak dan Tahan Lama. URL: https://www.kompas.com/food/read/2021/10/16/191100075/5-cara-membuat-beras-kencur-yang-enak-dan-tahan-lama

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review ★★★★★

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}