Manfaat Daun Pegagan sebagai Antioksidan Alami

203

Diedit:

Indonesia memiliki begitu banyak tanaman herbal yang mulai dari akar, batang, daun, sampai buahnya bisa dimanfaatkan dalam pengobatan suatu penyakit. Di artikel kali ini akan dibahas mengenai manfaat daun pegagan yang merupakan salah satu bukti kekayaan alam Indonesia akan tanaman herbal berkhasiat.

Tanaman pegagan dikenal dengan berbagai nama tergantung daerahnya. Nama-nama tersebut yaitu jalukap (Banjar), peugaga (Aceh), daun kaki kuda (Melayu), ampagaga (Batak), antanan, dulang sontak (Sunda), rendeng, gagan-gagan, cowk-cowekan, pane gowang (Jawa), bebele (lombok), piduh (Bali), pagaga (Makassar), pigago (Minang), dan semanggen (Indramayu dan Cirebon).

Pegagan termasuk dalam tumbuhan menjalar yang berbunga sepanjang tahun. Daun pegagan biasa dijadikan teh herbal. Ada juga yang menjadikan daun pegagan sebagai lalapan segar. Rasanya agak pahit mirip daun peterseli. Di Malaysia dan India, daun pegagan sering dibuat jadi semacam sayuran mirip urap. Bagaimana dengan manfaat daun pegagan bagi kesehatan Anda?

Daun pegagan mengandung banyak antioksidan yang merupakan benteng utama dalam perlindungan menangkal radikal bebas. Senyawa radikal bebas ialah pemicu penyakit degeneratif semisal kanker, diabetes, penyakit jantung, stroke, serta parkinson. Serangan radikal bebas merusak sitokinin yang berperan penting dalam komunikasi antara sel dalam sistem imun. Apabila sitokinin rusak, sel-sel imun tidak lagi mampu merespon sinyal-sinyal bahaya saat kuman ataupun virus mengancam tubuh.

Sistem imun sangat penting perannya dalam memelihara kesehatan tubuh dengan bekerja melindunginya dari bahaya-bahaya luar, menjaga keseimbangan komponen-komponen tubuh dengan menyingkirkan sel-sel mati dan sel-sel yang tumbuh secara abnormal.

Antioksidan dapat membantu memelihara dan memperkuat sistem imun Anda. Tubuh sebenarnya secara alami memproduksi sendiri antioksidan. Akan tetapi kemampuan tubuh ini semakin berkurang seraya usia semakin bertambah. Setiap hari Anda berjuang menghadapi radikal bebas dari asap rokok, polusi, dan makanan tak sehat sehingga Anda memerlukan banyak antioksidan untuk menangkalnya.

Baca juga:  Apa Khasiat Daun Pegagan?

Salah satu cara alami untuk memperoleh antioksidan ialah dengan mengonsumsi daun pegagan. Tanaman herbal ini limpah akan kandungan karetenoid serta asiatikosida. Kedua senyawa ini bukan hanya mampu membantu melawan serangan radikal bebas, tetapi juga menstimulasi produksi enzim penghasil antioksidan alami di dalam tubuh.

Disamping itu, antioksidan juga dibutuhkan untuk menguatkan daya ingat, konsentrasi, dan kesiapsiagaan. Seorang periset di Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik, Dr Nurliani Bermawie mengungkapkan bahwa sifat senyawa asiatikosida miliki daun pegagan bisa membantu melancarkan aliran oksigen serta nutrisi. Senyawa ini pun membantu mencegah kerusakan sel-sel otak.

Karena kemampuannya itu, ada yang menyejajarkan manfaat daun pegagan dengan Ginkgo biloba yang terkenal sebagai suplemen untuk otak. Di Madagaskar dan India bahkan pegagan dimanfaatkan sebagai obat lepra. Daun pegagan memang kaya akan manfaat, terutama berkat kandungan antioksidannya.