Apa Khasiat Daun Pegagan?

210
keboen-herba.blogspot.com

Diedit:

Daun pegagan biasa diseduh sebagai teh herbal. Ada juga yang memakannya mentah-mentah sebagai lalapan. Daun pegagan merupakan salah satu herbal yang limpah akan kandungan antoksidan. Meski rasanya agak pahit tapi khasiat daun pegagan bagi tubuh tidak perlu diragukan lagi.

Pegagan (Centella asiatica) merupakan tanaman liar gulma yang tumbuh subur di pinggir jalan, ladang, perkebunan dan pematang sawah. Tumbuhan ini berasal dari wilayah tropis Asia, berawal dari Asia Tenggara (termasuk Indonesia) kemudian menyebar ke berbagai belahan bumi lain. Tanaman pegagan juga biasa dikenal dengan nama lain yakni daun kaki kuda dan antanan.

Daun pegagan sudah dimanfaatkan sebagai obat tradisional sejak zaman dahulu. Orang-orang dulu kerap menggunakannya untuk obat penyakit kulit, gangguan saraf, serta melancarkan peredaran darah. Di Malaysia, daun pegagan sering digunakan sebagai bahan baku untuk produk kecantikan misalnya krim anti kerutan, krim selulit, serta krim pengencang kulit wajah.

Berikut adalah beberapa khasiat daun pegagan.

  • Menjaga Kepadatan Tulang. Daun pegagan punya kandungan kalsium, kalium, magnesium, serta zat besi yang merupakan mineral-mineral penting untuk memeliharan kepadatan, menguatkan, serta menghindari tulang dari risiko keropos.
  • Sebagai Antibiotik Alami. Daun pegagan mengandung senyawa asiatikosid yang berfungsi dalam memperkuat sel-sel kulit serta memperbaiki kerusakan yang ada, dan juga memperkuat sistem imun tubuh.
  • Untuk Mengobati Maag. Terdapat kandungan mineral magnesium dalam daun pegagan yang sanggup mengobati penyakit gangguan lambung termasuk maag.

Selain khasiat-khasiat spesifik di atas, daun pegagan juga dapat dijadikan obat penenang alami karena mengandung senyawa triterpenoid yang memang memiliki fungsi untuk memberikan efek menenangkan secara mental. Senyawa ini juga berfungsi dalam melancarkan peredaran darah menuju otak.

Baca juga:  Ramuan Tanaman Pegagan, Kendalikan Penyakit Epilepsi

Seperti yang sudah disinggung diatas, daun pegagan memiliki banyak kandungan antioksidan yang amat dibutuhkan demi menjaga kesehatan tubuh. Setiap hari Anda selalu diterpa berbagai serangan radikal bebas dari banyaknya polusi dan makanan tak sehat. Disinilah peran antioksidan sebagai penangkal serangan-serangan radikal bebas tersebut.

Anda bisa mendapat antioksidan yang memadai dengan berbagai cara, salah satunya ialah dengan mengonsumsi daun pegagan. Herbal daun pegagan kaya akan kandungan karetenoid dan asiatikosida—kedua senyawa yang mampu membantu menangkal serangan radikal bebas sekaligus mendorong produksi enzim penghasil antioksidan alami di dalam tubuh.

Antioksidan pun diperlukan untuk menguatkan daya konsentrasi, daya ingat, serta kesiapsiagaan. Dr. Nurliani Bermawie, seorang periset di Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik, menyatakan bahwa sifat senyawa asiatikosida di dalam daun pegagan sanggup membantu melancarkan aliran oksigen dan nutrisi, juga bisa membantu menghindari sel-sel otak dari kerusakan.

Daun pegagan memang punya banyak manfaat yang sebagian besarnya berkat limpahnya kandungan antioksidan yang dimilikinya. Jadi, berniatkah Anda mencoba khasiat daun pegagan?