6 Manfaat Daun Mengkudu dan Cara Mengolahnya


By Cindy Wijaya

Tanaman mengkudu sudah dikenal luas manfaatnya untuk kesehatan—terutama buahnya yang sering diolah jadi sari buah mengkudu (Noni juice). Sebenarnya bagian-bagian lain, seperti daun dan akar, dari tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk obat tradisional. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa saja manfaat daun mengkudu dan cara mengolahnya.

Seperti buahnya, daun mengkudu memiliki berbagai kandungan aktif yang bermanfaat, termasuk flavonoid, saponin, tanin, glikosida, scopoletin, asam amino, antrakuinon, sterol, kumarin, triterpenoid, dan alkaloid. Berbagai penelitian ilmiah sudah menyelidiki apa saja manfaat daun mengkudu untuk kesehatan, dan berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Manfaat Daun Mengkudu untuk Menurunkan Tekanan Darah

Daun mengkudu mengandung banyak flavonoid, termasuk rutin, yang dapat menurunkan tekanan darah dengan cara meningkatkan aktivitas glutathione peroxidase dan NO di dalam sel-sel endotel sehingga menyebabkan vasorelaksasi pembuluh darah. (Sumber: Biochemical Pharmacology Vol. 84 No. 8)

Namun penggunaan daun mengkudu untuk darah tinggi akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan buahnya, sebagaimana terlihat dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Evidence-Based Complementary & Alternative Medicine Vol. 22 No. 1. Salah satu sebabnya karena buah mengkudu memiliki mekanisme anti-hipertensi dengan menghambat ACE.

Manfaat Daun Mengkudu untuk Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol dan trigliserida yang tidak sehat merupakan faktor risiko dari penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). Daun mengkudu dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatasi faktor risiko ini.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Lipids in Health and Disease Vol. 9 No. 88 mendapati terjadinya penurunan yang signifikan pada kadar kolesterol total, kolesterol “jahat” LDL, dan trigliserida pada tikus percobaan yang diberi makan tinggi lemak. Namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaatnya ini, khususnya pada manusia.

Manfaat Daun Mengkudu untuk Mengobati Luka

Secara tradisonal daun mengkudu sudah sering digunakan untuk mengobati luka dengan cara digiling hingga menjadi semacam salep dan dioleskan pada luka.

Beberapa senyawa dalam daun mengkudu telah terbukti bermanfaat dalam mempercepat penyembuhan luka, seperti flavonoid, tanin, antrakuinon, alkaloid, glukosida, dan scopoletin yang memiliki efek antioksidan, astringen, antiseptik, dan anti-bakteri. Penelitian yang dimuat dalam Journal of Dentistry Indonesia Vol. 26 No. 3 mendapati bahwa salep daun mengkudu dapat mempercepat proses penutupan luka.

Manfaat Daun Mengkudu untuk Mencegah Obesitas

Sejumlah penelitian telah menunjukkan adanya manfaat mengkudu sebagai anti-obesitas. Salah satu penelitian mendapati bahwa ekstrak daun mengkudu yang kaya kandungan rutin dapat mencegah penambahan berat badan dan massa lemak pada tikus percobaan yang diberi makan tinggi lemak. (Sumber: Journal of Diabetes Research Vol. 2016)

Mekanisme anti-obesitas yang dimiliki daun mengkudu adalah dengan penghambatan lipase. Daun mengkudu juga didapati memperbaiki profil lipid (lemak dalam darah), insulin, dan leptin. Ini menunjukkan bahwa selain mekanisme penghambatan lipase, daun mengkudu juga punya mekanisme modulasi adipositik melalui aktivitas seperti leptin. (Sumber: Food & Nutrition Research Vol. 61 No. 1)

Manfaat Daun Mengkudu untuk Mencegah Kanker

Daun mengkudu diketahui punya manfaat anti-peradangan dan penguat imunitas untuk membantu mencegah perkembangan kanker. Penelitian yang dimuat dalam Food & Function Vol. 7 No. 2 mendapati bahwa ekstrak daun mengkudu mampu menekan adenokarsinoma paru-paru. Beberapa mekanismenya adalah dengan meningkatkan respons imun, menekan proliferasi, dan mengganggu berbagai jalur sinyal pertumbuhan tumor.

Pemberian ekstrak daun mengkudu sebanyak 300 mg/kg berat badan didapati lebih efektif dibandingkan pemberian erlotinib 50 mg/kg berat badan dalam menekan metastasis tumor paru-paru dan hati. Erlotinib adalah obat kemoterapi untuk kanker paru-paru. (Sumber: Planta Medica International Open Vol. 4 No. 1)

Manfaat Daun Mengkudu untuk Mengobati Tuberkulosis

Mengkudu telah digunakan oleh bangsa Polinesia untuk pengobatan tuberkulosis. Suatu konsentrasi tertentu dari ekstrak daun mengkudu dapat membunuh 89 bakteri dalam tes tube, hampir sama efektifnya dengan obat anti-TB, rifampicin, yang memiliki tingkat penghambatan 97% pada konsentrasi yang sama. (Sumber: International Journal of Noni Research Vol. 1 No. 1)

Aktivitas anti-bakteri yang ditunjukkan oleh ekstrak daun mengkudu yang diekstrasi dengan etanol adalah 100 μg/ml dengan tingkat penghambatan sebesar 89%, sehingga dapat dimanfaatkan untuk tuberkulosis dan gangguan pernapasan. (Sumber: Journal of Ethnopharmacology Vol. 110 No. 2)

Manfaat Daun Mengkudu dan Cara Mengolahnya

Sebagaimana sudah dibuktikan oleh berbagai penelitian ilmiah, terdapat cukup banyak khasiat daun mengkudu untuk kesehatan. Agar mendapatkan manfaat-manfaat tersebut, ada beberapa cara mengolah daun mengkudu untuk obat.

Cara mengolah daun mengkudu untuk obat luar tubuh dapat digunakan untuk mengobati luka. Berikut cara pengolahannya:

  • Siapkan secukupnya daun mengkudu yang sudah tua dan berwarna hijau pekat.
  • Cuci bersih daun dengan air mengalir lalu tumbuk sampai halus.
  • Tambahkan sedikit air ke tumbukan dan oleskan pada kulit.
  • Lakukan sebanyak dua kali dalam sehari.

Sedangkan cara mengolah daun mengkudu untuk obat dalam tubuh dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, mencegah obesitas, mencegah kanker, hingga mengobati tuberkulosis. Berikut cara pengolahannya:

  • Siapkan 5 lembar daun mengkudu, cuci bersih dengan air mengalir.
  • Potong daun mengkudu menjadi irisan-irisan kecil.
  • Rebus irisan-irisan daun dengan 2 gelas air sampai mendidih.
  • Saring airnya ke dalam gelas dan tunggu sampai hangat.
  • Boleh ditambahkan madu murni agar lebih enak diminum.
  • Minumlah 1 gelas sebanyak 2 kali sehari.

Disarankan untuk konsultasi dulu dengan dokter sebelum mencoba mengonsumsi daun mengkudu jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Karena dikhawatirkan ada interaksi negatif antara kandungan daun mengkudu dengan kandungan dari obat tersebut.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang manfaat daun mengkudu dan cara mengolahnya untuk obat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar pemanfaatan tanaman obat hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}