Nikmati Sehatnya Hidup dengan 8 Manfaat Buah Mengkudu Ini


By Cindy Wijaya

Buah mengkudu sempat menjadi sangat populer sehingga banyak peneliti menyelidiki kandungan dan khasiat dari buah ini untuk kesehatan manusia. Belakangan buah ini kembali muncul ke permukaan saat pandemi melanda karena diyakini mampu memperkuat sistem imun tubuh untuk menangkal virus covid-19.

Karena itu masyarakat luas sedikit-banyak sudah tahu manfaat buah mengkudu untuk obat tradisional. Secara tradisional buah yang juga dikenal dengan nama “Noni” ini sering digunakan untuk pengobatan nyeri sendi, diabetes, darah tinggi, dan beberapa penyakit infeksi. Dan buah ini mudah diperoleh di Indonesia karena habitatnya memang di iklim tropis.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai buah mengkudu bisa mengobati penyakit apa saja dan bagaimana cara mengolah buah mengkudu untuk obat tradisional.

Buah Mengkudu Bisa Mengobati Penyakit Apa?

Buah mengkudu banyak kandungan bermanfaat, khususnya buah yang sudah matang. Diantaranya adalah damnacanthal, polisakarida, quercetin, scopoletin, xeronine, dan monoterpene. (Sumber: Pharmacognosy Journal Vol. 8 No. 4) Karena itu buah mengkudu matang sering diolah menjadi minuman herbal Noni juice (sari buah Noni/mengkudu).

Buah mengkudu bisa mengobati penyakit apa saja? Berikut adalah hasil dari sejumlah penelitian mengenai manfaat kesehatan dari buah ini.

Manfaat Buah Mengkudu untuk Mengobati Infeksi Penyakit

Buah mengkudu memiliki khasiat anti-mikroba terhadap berbagai bakteri, virus, dan kuman lain penyebab penyakit. Contohnya adalah Escherichia coli, Candida albicans dan Staphylococcus aureus. (Sumber: Arabian Journal of Chemistry Vol. 10 No. 5) Ini berarti konsumsi buah mengkudu dapat membantu pencegahan maupun pengobatan dari infeksi penyakit akibat bakteri, virus, atau kuman lainnya.

Manfaat Buah Mengkudu sebagai Antioksidan

Khasiat antioksidan dari olahan sari buah mengkudu (Noni juice) didapati 2,8 kali lebih tinggi daripada vitamin C. Kandungan antioksidan kuat dari buah ini diketahui adalah neolignan dan americanin A. (Sumber: Journal of Natural Products Vol. 68 No. 4) Antioksidan bermanfaat dalam melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas (stres oksidatif).

Manfaat Buah Mengkudu sebagai Anti-Inflamasi

Anti-inflamasi atau anti-peradangan bermanfaat untuk mengatasi atau mengurangi peradangan dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko penyakit-penyakit akibat peradangan jangka panjang seperti artritis, asma, penyakit jantung, hingga Alzheimer. Dalam studi in vitro, khasiat anti-inflamasi terdeteksi pada sari buah mengkudu dengan mengukur aktivitas penghambatan langsungnya pada siklooksigenase (COX)-1 dan -2. (Sumber: Journal of Ethnopharmacology Vol. 133 No. 1)

Manfaat Buah Mengkudu untuk Mengobati Radang Sendi

Sari buah mengkudu mampu mengurangi gejala-gejala artritis (radang sendi), dan kemungkinan ini disebabkan oleh adanya kandungan flavonoid dan fenol. (Sumber: Journal of Pharmacy Research Vol. 5 No. 2) Namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui mekanisme dari aktivitas anti-artritis ini serta dosis yang efektif dan aman.

Manfaat Buah Mengkudu untuk Menghambat Kanker

Kandungan-kandungan dari buah mengkudu diketahui bermanfaat sebagai anti-kanker. Kandungan polisakarida sulfat menghentikan metastasis dengan mengganggu kestabilan interaksi antara glikosaminoglikan dan protein tertentu. (Sumber: Anticancer Research Vol. 20 No. 5)

Juga kandungan damnacanthal yang menghambat pembentukan tumor dengan mengganggu pertumbuhan ras aktivasi gen (Sumber: Cancer Letters Vol. 73 No. 2-3) atau dengan meningkatkan apoptosis pada sel-sel kanker. (Sumber: The Journal of Nutritional Biochemistry Vol. 23 No. 8)

Lalu kandungan alizarin memiliki efek anti-angiogenik melalui penghalangan sirkulasi darah kepada tumor ganas. Kandungan limonene mencegah kanker payudara, hati, dan paru-paru dengan merangsang kelenjar timus untuk mengeluarkan lebih banyak sel T yang menghancurkan sel-sel karsinoma. Yang terakhir, kandungan asam ursolat menghambat pertumbuhan sel kanker dan menginduksi apoptosis dengan memodulasi proses kekebalan tubuh. (Sumber: Fitoterapia Vol. 82 No. 4)

Manfaat Buah Mengkudu untuk Mengobati Diabetes

Sari buah mengkudu diteliti aktivitas hipoglikemiknya pada hewan percobaan yang diinduksi diabetes. Pada hari ke-20 pengujian, didapati adanya penurunan signifikan pada glukosa puasa dari kelebihan 300 mg/dl (hari ke-3) menjadi 150 mg/dl (hari ke-20). Dapat diasumsikan bahwa mengkudu bekerja langsung pada insulin atau meningkatkan sensitivitas jaringan perifer terhadap penyimpanan hormon. (Sumber: Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine Vol. 2011)

Manfaat Buah Mengkudu untuk Mengobati Darah Tinggi

Telah dilakukan uji klinis terbuka selama 1 bulan pada 10 orang dengan pemberian 4 oz (sekitar 118 ml) sari buah mengkudu setiap hari. Dilaporkan bahwa terjadi penurunan signifikan pada tekanan darah, terutama pada angka sistolik (angka atas pada pengukuran tensi). Sari buah mengkudu mampu menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara menghambat enzim ACE dan reseptor AT. (Sumber: ACS Symposium Series Vol. 993)

Manfaat Buah Mengkudu untuk Mengobati Kolesterol Tinggi

Buah mengkudu memiliki senyawa flavonoid yang bekerja menurunkan kadar kolesterol. Cara kerjanya dengan menghambat HMG-CoA reduktase sebagai pengkatalis dalam pembentukan lemak dan meningkatkan aktivitas lechitin cholesterol acytyl transferasi (LCAT). Ini akan meningkatkan kolesterol “baik” HDL.

Lalu penghambatan terhadap HMG-CoA reduktase menyebabkan penurunan sintesis kolesterol dan meningkatkan jumlah reseptor LDL yang terdapat dalam membran sel hati dan jaringan ekstrahepatik, sehingga kadar kolesterol total dan kolesterol “jahat” LDL dalam plasma darah turun. (Sumber: Medula Vol. 11 No. 3)

Bagaimana Cara Mengolah Buah Mengkudu untuk Obat?

Mempertimbangkan adanya banyak khasiat mengkudu untuk kesehatan, Anda mungkin ingin tahu cara mengolah buah mengkudu untuk obat. Berikut adalah salah satu cara gampang untuk mengolahnya menjadi obat tradisional.

  • Siapkan 3 buah mengkudu yang sudah matang, dicirikan dengan dengan warna kulitnya yang semakin putih dan tipis.
  • Cuci bersih buah mengkudu dengan air mengalir.
  • Parut buah mengkudu tanpa dikupas kulitnya.
  • Peras parutannya dengan sehelai kain bersih sampai cukup kering.
  • Tampung air perasannya di dalam wadah yang bisa ditutup.
  • Bagi air perasan menjadi 2 bagian untuk diminum 2 kali sehari.
  • Lakukan setiap hari secara rutin.

Di samping cara mengolah buah mengkudu untuk obat yang diminum langsung seperti di atas, ada cara lain yang dianggap dapat lebih memperkuat khasiat pengobatannya—yaitu dengan diolah dan difermentasi menjadi sari buah mengkudu (Noni juice). Dan memang banyak penelitian ilmiah yang menggunakan Noni juice untuk menyelidiki buah mengkudu bisa mengobati penyakit apa saja.

Produk olahan mengkudu ini juga punya rasa yang jauh lebih lezat dan aroma yang lebih bisa ditoleransi. Anda bisa memperoleh produk Noni juice dengan cukup mudah, karena dijual di berbagai toko kesehatan secara offline maupun online. Namun pastikan terbuat dari sari buah mengkudu murni yang berkualitas agar manfaatnya maksimal.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang manfaat dan cara mengolah buah mengkudu untuk obat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar tanaman obat hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}