Makanan “Pintar” yang Berkhasiat Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus Anda!

408
Shutterstock

Diedit:

Kadang di saat-saat tertentu kita membutuhkan konsentrasi ekstra hingga waktu yang lama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Atau di situasi lain kita merasa susah fokus akibat kurang istirahat atau stres yang berlebihan. Apa pun alasannya, Anda sebenarnya bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu.

Memang tak bisa dipungkiri bahwa seraya usia bertambah, tubuh kita pun akan menua dan fungsi-fungsinya tak lagi setajam dulu, termasuk fungsi otak kita. Kabar baiknya, Anda dapat meningkatkan serta mempertahankan fungsi otak jika menambahkan makanan dan minuman ‘pintar’ ini ke dalam menu sehari-hari.

Kafein

Tidak ada makanan ajaib yang mampu meningkatkan IQ atau membuat Anda lebih pintar—tapi ada zat-zat tertentu, seperti kafein, yang dapat memberi energi serta membantu meningkatkan konsentrasi Anda.

Zat ini terdapat pada kopi, cokelat hitam, dan teh. Kafein akan membuat Anda merasa ‘bangun’ seketika, walaupun efeknya sering kali hanya untuk sementara. Tapi ingat: Kalau dikonsumsi berlebihan, kafein bisa membuat Anda gelisah dan merasa tidak nyaman.

Gula

Gula adalah sumber bahan bakar yang disukai oleh otak—bukan gula pasir, tapi glukosa, yang diproses oleh tubuh Anda dari gula dan karbohidrat dari makanan. Itu sebabnya segelas jus jeruk atau jus buah murni lainnya dapat memberikan dorongan jangka pendek bagi daya ingat, daya pikir, serta kemampuan mental Anda.

Tapi kalau berlebihan, daya ingat Anda malah akan terganggu, juga fungsi-fungsi tubuh lain akan bermasalah. Jadi batasilah asupan gula, karena konsumsi gula juga dikaitkan dengan penyakit jantung dan masalah kesehatan lain.

Sarapan

Sering tidak sarapan? Berbagai penelitian mendapati bahwa makan sarapan sanggup meningkatkan fokus dan daya ingat jangka pendek. Para murid yang sarapan cenderung belajar dan mengerjakan tugas dengan lebih baik daripada mereka yang tidak sarapan.

Makanan-makanan terbaik yang layak dimasukkan dalam menu sarapan untuk meningkatkan konsentrasi antara lain: Serealia tinggi serat, susu, dan buah-buahan. Tapi jangan terlalu banyak makan; para peneliti juga menyatakan bahwa sarapan berkalori tinggi tampaknya menumpulkan konsentrasi.

Baca juga:  Meningkatkan Konsentrasi dengan Coklat

Ikan

Makanan sumber protein yang sangat bagus bagi fungsi otak adalah ikan—kaya akan asam lemak omega-3 yang merupakan kunci bagi kesehatan otak. Ikan-ikan yang mengandung asam lemak ini benar-benar menguatkan otak Anda.

Pola makan yang memasukkan ikan-ikan berlemak sehat ini telah dikaitkan dengan penurunan risiko demensia dan stroke serta penurunan mental yang lebih lambat. Selain itu, ikan-ikan ini juga mungkin berperan penting dalam menguatkan daya ingat, terutama saat kita bertambah tua. Untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi, makanlah 2 porsi ikan setiap minggu.

Kacang dan Cokelat

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber antioksidan vitamin E yang baik, yang telah dikaitkan dalam beberapa penelitian sanggup mengurangi penurunan fungsi kognitif yang tekait dengan penuaan.

Cokelat hitam juga memiliki kemampuan antioksidan kuat, dan mengandung stimulan otak alami seperti kafein, yang bisa meningkatkan konsentrasi. Nikmatilah maksimal 1 ons kacang dan cokelat hitam untuk mendapatkan semua manfaatnya tanpa kalori, lemak, atau gula berlebihan.

Alpukat dan Serealia Utuh

Setiap organ tubuh bergantung pada aliran darah, terutama jantung dan otak. Pola makan yang mencakup banyak serealia utuh dan buah-buahan seperti alpukat dapat mengurangi risiko penyakit jantung serta menurunkan kolesterol jahat. Pola makan ini menurunkan risiko penumpukan plak dan melancarkan aliran darah, dan memberikan kekuatan pada sel-sel otak.

Serealia utuh, seperti popcorn (tanpa garam atau gula) dan gandum utuh, juga merupakan sumber serat dan vitamin E. Dan meskipun alpukat mengandung lemak, tapi itu adalah lemak tak jenuh tungal yang justru membantu menyehatkan aliran darah.

Blueberry

Penelitian pada hewan percobaan memperlihatkan bahwa blueberry dapat membantu melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi efek dari masalah kesehatan terkait penuaan, seperti Alzheimer atau demensia.

Baca juga:  Cara Meningkatkan Konsentrasi: Hindari Pembuyar Konsentrasi Berikut!

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa pola makan yang mencakup blueberry dapat meningkatkan daya belajar serta fungsi otot pada tikus-tikus percobaan yang sudah tua, sehingga kemampuan mereka setara dengan tikus-tikus muda.

Pola Makan Sehat

Kedengarannya klise tapi itulah kenyataannya: Kalau pola makan Anda kurang bernutrisi, itu bisa menurunkan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi. Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit juga bisa mengganggu fokus Anda.

Porsi makan yang terlalu besar dapat membuat Anda merasa kelelahan, sedangkan terlalu sedikit kalori juga membuat Anda cepat dan sering merasa lapar. Jadi berpeganglah pada pola makan bergizi seimbang yang mencakup beragam jenis makanan sehat.

Vitamin, Mineral, dan Suplemen

Sekarang banyak sekali produk-produk suplemen yang diklaim ampuh meningkatkan kesehatan. Walaupun banyak laporan yang meneguhkan kemampuan suplemen seperti vitamin B, C, E, beta-karoten, dan magnesium bagi fungsi otak, tapi sebenarnya suplemen hanya diperlukan oleh orang-orang yang pola makannya kurang berisi nutrisi tertentu.

Beberapa peneliti juga cukup optimis mengenai manfaat kombinasi antara ginseng, ginkgo, dan vitamin, mineral, juga herbal terhadap otak, tetapi masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk membuktikannya. Jadi sebelum mengonsumsi suplemen apa pun, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter Anda.

Jika Anda ingin meningkatkan fokus untuk hari yang penting, awalilah hari Anda dengan mengonsumsi jus buah murni tanpa tambahan gula, roti gandum utuh dengan ikan tuna, dan secangkir kopi hitam.

Selain menjaga pola makan bergizi seimbang, para ahli juga menyarankan Anda untuk mencukupi kebutuhan tidur malam, cukup minum air, rajin olahraga, dan merenungkan hal-hal yang positif untuk membantu memurnikan dan merilekskan pikiran. Dengan demikian Anda bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus hingga setiap hari.

Advertisement
Alinesia