Cara Meningkatkan Konsentrasi: Hindari Pembuyar Konsentrasi Berikut!

346

Diedit:

Dunia jaman sekarang dipenuhi dengan banyak sekali pembuyar konsentrasi. Ini membuat semakin banyak orang susah fokus dalam jangka waktu yang lama. Seorang psikolog, Lucy Jo Palladino, PhD, membeberkan beberapa tips sebagai cara meningkatkan konsentrasi. Simak ulasannya dalam artikel di bawah ini.

Hapuskan Pembuyar Konsentrasi:

Sosial Media

Sekarang sangatlah mudah untuk tetap terhubung dengan jaringan pertemanan—sekaligus teralikan dari pekerjaan—seringkali beberapa kali hanya dalam sejam. Setiap status update seolah menyita seluruh pemikiran kita, dan memaksa kita untuk sejenak melupakan pekerjaan—dengan risiko harus menyita waktu untuk menyetel pikiran kembali ke pekerjaan.

Cara Meningkatkan Konsentrasi: Hindari log in ke situs-situs sosial media pada jam kerja. Apabila Anda merasa terdorong untuk mengecek sosial media, lakukanlah pada waktu istirahat—waktu ketika post-post baru dari lingkaran teman tidak akan menyita waktu kerja kita. Jika Anda susah menahan keinginan log in, letakkanlah laptop atau gadget Anda di tempat yang tidak memiliki akses internet selama beberapa jam.

Tumpukan Email

Meskipun banyak email ada hubungannya dengan pekerjaan, namun mereka tetap dianggap sebagai pengganggu konsentrasi. Anda tidak akan membuat banyak kemajuan dalam mengerjakan pekerjaan apabila Anda terus-menerus berhenti untuk membalas setiap pesan.

Cara Meningkatkan Konsentrasi: Sebaliknya daripada terus-menerus mengecek email, sisihkanlah waktu tertentu untuk mengecek email. Diluar waktu tersebut, Anda bisa sepenuhnya fokus pada pekerjaan. Hal ini memungkinkan Anda untuk membeli lebih banyak waktu untuk bekerja tanpa gangguan.

Smartphone

Barangkali yang lebih mengganggu daripada tumpukan email ialah ringtone dari ponsel Anda. Hanya sedikit orang yang sanggup mengabaikan suara-suara itu. Namun meladeni notifikasi-notifikasi di smartphone bukan hanya menyita banyak waktu, tetapi juga bisa memotong momentum Anda pada tugas yang sedang dikerjakan.

Cara Meningkatkan Konsentrasi: Gunakan fungsi voicemail dengan semestinya. Jika Anda menduga suatu panggilan dari kontak tertentu biasanya tidak penting, biarkan itu masuk ke voicemail. Jika Anda bekerja pada sebuah proyek yang sangat intens, jauh lebih baik untuk menyetel smartphone ke mode senyap sehingga Anda tidak tergoda untuk mengecek notifikasi. Pilihlah waktu tertentu yang cocok untuk memeriksa sekaligus semua notifikasi di ponsel—cara ini bisa menghemat banyak sekali waktu yang tadinya terbuang.

Multitaksing

Kalau Anda merasa sudah menguasai keahlian multitasking, Anda mungkin merasa sanggup menyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu lebih singkat. Coba pikir lagi. Penelitian menunjukkan bahwa Anda sebenarnya kehilangan waktu kapanpun Anda berganti fokus dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain. Akhirnya justru kegiatan multitasking banyak pekerjaan seringkali memakan waktu lebih panjang daripada menyelesaikannya satu per satu.

Baca juga:  Noni Juice sebagai Herbal Peningkat Konsentrasi

Cara Meningkatkan Konsentrasi: Sebisa mungkin arahkan fokus Anda hanya ke satu pekerjaan dalam satu waktu, khususnya jika Anda sedang mengerjakan tugas atau proyek yang sangat penting. Gunakanlah kemampuan multitasking Anda di lain kesempatan—pada saat melakukan pekerjaan rumah tangga atau pada tugas yang tidak terlalu penting, misalnya merapihkan meja sambil menjawab telepon.

Kebosanan

Beberapa pekerjaan yang harus kita lakukan setiap hari ada yang lebih menarik daripada yang lain. Nah, pekerjaan yang membosankan dapat terasa sangat menyiksa saat mengerjakannya. Ini membuat Anda jadi sangat rentan kehilangan konsentrasi. Smartphone, internet, bahkan mencoret-coret kertas bisa jadi jauh lebih menarik ketika Anda sudah bosan.

Cara Meningkatkan Konsentrasi: Buatlah kesepakatan dengan diri sendiri: Jika Anda tetap fokus pada satu tugas untuk jangka waktu tertentu, Anda akan istirahat selama 10 menit. Selama istirahat, hadiahi diri sendiri dengan secangkir kopi, camilan favorit, atau berjalan-jalan sebentar diluar. Pekerjaan membosankan akan lebih mudah diselesaikan apabila Anda menantikan sesuatu yang menarik.

Dalam mengerjakan jenis pekerjaan yang membosankan, gunakanlah kemampuan multitasking—mendengarkan radio atau musik, misalnya, bisa membantu Anda tetap konsentrasi sampai pekerjaan selesai.

Pikiran Melalang Buana

Sulit untuk fokus pada pekerjaan di depan mata jika Anda khawatir dengan tugas rumah tangga atau tugas lain yang harus dilakukan. Atau mungkin Anda baru saja melakukan percakapan kemarin malam, dan percakapan itu terus berputar di pikiran Anda. Pikiran mengganggu apapun dapat menjadi kendala yang besar untuk tetap berkonsentrasi.

Cara Meningkatkan Konsentrasi: Salah satu cara untuk menjaga pikiran tetap terfokus pada tugas di depan mata ialah dengan menuliskan tugas-tugas lain yang mengganggu pikiran. Buatlah daftar tugas, pekerjaan rumah tangga, atau rencana-rencana lain untuk diselesaikan nanti. Dengan cara ini, Anda seolah melampiaskan kekhawatiran ke dalam jurnal. Setelah menulisnya di kertas, pikiran Anda jadi bisa lebih fokus.

Kelelahan

Kelelahan bisa membuat konsentrasi jadi sangat susah, bahkan ketika sama sekali tidak ada pengganggu konsentrasi lain. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur mengikis kemampuan berkonsentrasi dan daya ingat.

Cara Meningkatkan Konsentrasi: Kebanyakan orang dewasa butuh 7-9 jam per malam. Sebaliknya daripada begadang karena melakukan banyak aktivitas, buatlah waktu tidur jadi prioritas. Ini bisa membantu Anda menyelesaikan lebih banyak tugas karena bisa lebih konsentrasi. Juga, perhatikan kapan waktu-waktu Anda merasa lebih waspada—dan pilihlah waktu tersebut untuk mengerjakan tugas yang paling intens.

Baca juga:  Meningkatkan Konsentrasi dengan Coklat

Rasa Lapar

Otak tidak dapat fokus tanpa bahan bakar, jadi jika melewatkan waktu makan—terutama waktu sarapan—adalah salah satu penyebab utama Anda susah fokus. Penelitian memperlihatkan bahwa memori jangka pendek dan daya konsentrasi Anda terkikis apabila Anda beraktivitas tanpa sarapan.

Cara Meningkatkan Konsentrasi: Jangan sampai kelaparan dan berikan otak Anda bahan bakar yang bergizi dengan kebiasaan berikut: selalu sarapan, makan snack yang proteinnya tinggi (kacang atau keju), dan hindari camilan yang karbohidratnya banyak.

ADHD

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) menyebabkan gejala-gejala khas seperti: rentang perhatian yang pendek dan kesulitan fokus pada tugas-tugas.

Cara Meningkatkan Konsentrasi: Jika Anda selalu kesulitan untuk fokus, dan waktu kecil punya masalah untuk berkonsentrasi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau terapis mengenai ADHD. Ada banyak cara untuk mengatasi ADHD, termasuk terapi perilaku dan obat-obatan.

Cara Meningkatkan Konsentrasi dengan Terapi Noni Juice

Noni Juice cocok dimanfaatkan sebagai suplemen untuk otak. Salah satunya karena kandungan fitosterol yang terdapat dalam Noni. Beta-sitosterol, stigmasterol, dan campe sterol banyak terdapat dalam Noni Juice.

Semua fitosterol ini dapat mengurangi kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh kita, yang merupakan salah satu penyebab penurunan fungsi otak. Molekul jahat lain yang juga menjadi salah satu penyebab kerusakan sel otak adalah radikal bebas. Noni Juice sangat cocok untuk memperkuat sistem pertahanan tubuh terhadap radikal bebas penyebab kerusakan sel otak.

Sehingga dengan mengonsumsi Noni Juice, Anda dapat meningkatkan kemampuan otak untuk berkonsentrasi dan meningkatkan daya ingat juga.

Penyebab susah konsentrasi lainnya adalah stres. Nah, cara praktis untuk mengatasi stres ialah dengan mengonsumsi Noni Juice. Bagaimana bisa? Noni Juice dapat meningkatkan kadar serotonin dalam darah, dan serotonin ini sangat berperan untuk mengurangi stres.

Serotonin juga sangat membantu untuk bisa rileks dan tidur dengan nyenyak. Dengan mengonsumsi Noni Juice, Anda dapat mengurangi stres dan mengatasi susah tidur yang bisa sangat berpengaruh pada konsentrasi.

Demikianlah artikel ini yang membahas beragam penghalang konsentrasi lengkap dengan tips praktis cara meningkatkan konsentrasi. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda bisa lebih sanggup menangani berbagai masalah yang mengganggu konsentrasi dalam mengerjakan satu pekerjaan.

Advertisement
Alinesia