• Home
  • Blog
  • Tim Medis
  • Macam-Macam Dokter Spesialis di Indonesia dan Penyakit yang Ditanganinya

Macam-Macam Dokter Spesialis di Indonesia dan Penyakit yang Ditanganinya


By Cindy Wijaya

Ada banyak jenis dokter yang berbeda. Beberapa dokter mengkhususkan diri dalam memeriksa dan merawat kesehatan seluruh tubuh, sementara yang lain hanya menangani bagian atau sistem tertentu dalam tubuh, seperti kulit atau mata. Untuk bisa datang ke dokter yang tepat, Anda perlu tahu apa saja dokter spesialis yang ada di Indonesia.

Poin Penting

  • Apa bedanya dokter umum dengan dokter spesialis?
  • Apa macam-macam dokter spesialis di Indonesia?
  • Apa saja penyakit yang ditangani oleh dokter spesialis?

Apa Bedanya Dokter Umum dengan Dokter Spesialis?

Apa bedanya dokter umum dengan dokter spesialis dapat dilihat dari tugas yang sanggup mereka lakukan dalam menangani pasien.

Menurut WebMD, dokter umum berfokus pada kesehatan pasien secara umum—secara fisik maupun mental. Jika Anda mencari pengobatan untuk masalah kesehatan fisik atau mental, kemungkinan besar dokter paling pertama yang perlu ditemui adalah dokter umum. Mereka membantu semua orang—mulai dari bayi baru lahir hingga lansia.

Tugas dokter umum termasuk menilai kesehatan pasien dengan pemeriksaan fisik dan menijau riwayat kesehatannya. Dari sana, mereka mungkin merekomendasikan tes tambahan, pengobatan, atau merujuk Anda ke dokter spesialis.

Nah di sinilah apa bedanya dokter umum dengan dokter spesialis. Setelah dokter umum meninjau kondisi dari pasien dan menilau bahwa pasien perlu penanganan lebih lanjut, beliau kemungkinan akan merujuk pasien ke seorang dokter spesialis.

Menurut Medicine Net, dokter spesialis adalah dokter khusus yang ahli dalam bidang kedokteran tertentu. Mereka memiliki kemarihan dalam menangani masalah kesehatan yang lebih dalam dan lebih spesifik karena pengetahuan yang lebih luas di bidang tersebut.

Karena itulah pasien dengan masalah kesehatan yang tidak mampu lagi ditangani dokter umum harus dirujuk ke seorang spesialis yang ahli dalam masalah kesehatan tersebut. Contohnya, seorang pasien penyakit jantung mungkin perlu ditangani oleh dokter spesalis jantung.

Ilustrasi Macam-Macam Dokter Spesialis di Indonesia
Ilustrasi Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah (Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash)

Apa Macam-Macam Dokter Spesialis di Indonesia?

Dokter spesialis haruslah dokter yang telah menyelesaikan pendidikan dan pelatihan lanjutan di bidang kedokteran tertentu. Terdapat spesialis untuk hampir semua bidang kedokteran.

Ada dokter spesialis apa saja di Indonesia? Berikut adalah macam-macam dokter spesialis di Indonesia berdasarkan bidang kedokteran dan gelarnya. (Sumber: InfoDrg & LL Dikti 3 Kemdikbuh Ristek)

Bidang Kedokteran Gelar
Spesialis Anak Sp.A
Spesialis Andrologi Sp.And
Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif Sp.An

Sp.An-TI

Spesialis Akupuntur Medik Sp.Ak
Spesialis Bedah Sp.B
Spesialis Bedah Anak Sp.BA
Spesialis Bedah Plastik, Rekonstruksi, dan Estetik Sp.BPRE
Spesialis Bedah Saraf Sp.BS
Spesialis Bedah Toraks, Kardiak, dan Vaskular Sp.BTKV
Spesialis Dermatologi Venereologi Estetika Sp.KK

Sp.DV

Sp.DVE

Spesialis Emergency Medicine (Kegawatdaruratan Medik) Sp.EM
Spesialis Farmakologi Klinik Sp.FK
Spesialis Forensik dan Medikolegal Sp.F

Sp.FM

Spesialis Gizi Klinik Sp.GK
Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Sp.JP
Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Sp.KFR
Spesialis Kedokteran Jiwa Sp.KJ
Spesialis Kedokteran Kelautan Sp.KL
Spesialis Kedokteran Keluarga Layanan Primer Sp.KKLP
Spesialis Kedokteran Nuklir dan Teranostik Molekuler Sp.KN

SP.KNTM

Spesialis Kedokteran Okupasi Sp.OK
Spesialis Kedokteran Olahraga Sp.KO
Spesialis Kedokteran Penerbangan Sp.KP
Spesialis Mikrobiologi Klinik Sp.MK
Spesialis Neurologi Sp.S

Sp.N

Spesialis Obstetri dan Ginekologi Sp.OG
Spesialis Oftalmologi (Mata) Sp.M
Spesialis Onkologi Radiasi Sp.Onk.Rad
Spesialis Ortopedi dan Traumatologi Sp.OT
Spesialis Parasitologi Klinik Sp.Par.K
Spesialis Patologi Anatomi Sp.PA
Spesialis Patologi Klinik Sp.PK
Spesialis Penyakit Dalam Sp.PD
Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Sp.P

Sp.PKR

Spesialis Radiologi Sp.Rad
Spesialis Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher Sp.THT

Sp.THT-KL

Sp.THTBKL

Spesialis Urologi Sp.U
Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial (Dokter Gigi) Sp.BM

Sp.BMM

Sp.BMMF

Spesialis Kedokteran Gigi Anak (Dokter Gigi) Sp.KGA
Spesialis Konservasi Gigi (Dokter Gigi) Sp.KG
Spesialis Odontologi Forensik (Dokter Gigi) Sp.OF
Spesialis Ortodonsia (Dokter Gigi) Sp.Ort
Spesialis Patologi Mulut dan Maksilofasial (Dokter Gigi) Sp.PMMF
Spesialis Penyakit Mulut (Dokter Gigi) Sp.PM
Spesialis Periodonsia (Dokter Gigi) Sp.Perio
Spesialis Prostodonsia (Dokter Gigi) Sp.Pros
Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi (Dokter Gigi) Sp.Rad.OM

Sp.RKG

Apa Saja Penyakit yang Ditangani oleh Dokter Spesialis?

Ada banyak macam-macam dokter spesialis di Indonesia. Beberapa dokter mengkhususkan diri dalam mendiagnosis dan merawat seluruh tubuh, sementara yang lain berfokus pada bagian atau sistem tertentu pada tubuh.

Apa saja penyakit yang ditangani oleh dokter spesialis? Ini penting supaya Anda bisa tahu ke dokter spesialis apa sebaiknya Anda berkonsultasi mengenai masalah kesehatan Anda. Berikut adalah beberapa masalah kesehatan umum dan dokter spesalis yang menanganinya.

Masalah Penyakit Dalam

Masalah pada organ dalam tubuh, seperti jantung, paru-paru, ginjal, dan sistem pencernaan adalah contoh penyakit yang ditangani oleh dokter spesialis penyakit dalam, yang bergelar Sp.PD. Mereka juga dapat menangani masalah yang berkaitan dengan tekanan darah, sistem imun, dan metabolisme tubuh.

Masalah Jantung & Pembuluh Darah

Penyakit seperti penyakit kardiovaskular (berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah), gagal jantung, dan perawatan pasca operasi jantung ditangani oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, yang gelarnya Sp.JP.

Masalah Mata

Masalah pada indra penglihatan, seperti rabun dekat, rabun jauh, katarak, glaukoma, hingga tumor atau kanker pada mata adalah penyakit yang ditangani oleh dokter spesialis mata (oftamologi), yang bergelar Sp.M. Pasien juga bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis mata jika ingin melakukan pemeriksaan mata guna meminta resep kacamata.

Masalah Tulang dan Sendi

Masalah pada tulang serta sendi, otot, ligamen, tendon, dan saraf bisa ditangani oleh dokter spesialis ortopedi dan traumatologi, yang bergelar Sp.OT. Mereka dapat menangani berbagai jenis cedera, seperti retak/patah tulang, dislokasi sendi, cedera ligamen dan tendon, serta masalah tulang dan sendi lainnya yang muncul akibat trauma.

Masalah Telinga, Hidung, dan Tenggorokan

Masalah yang berhubungan dengan telinga, hidung, dan tenggorokan adalah penyakit yang ditangani oleh dokter spesialis telinga, hidung, tenggorok, yang gelarnya Sp.THT.

Kesehatan Ibu Hamil dan Reproduksi Wanita

Berbagai gangguan yang berhubungan dengan organ reproduksi wanita serta kondisi kehamilan dan persalinan bisa ditangani oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi, yang bergelar Sp.OG.

Masalah Kesehatan Bayi dan Anak-Anak

Masalah kesehatan pada bayi dan anak-anak berusia 0-18 tahun dapat ditangani ke dokter spesialis anak yang bergelar Sp.A. Gangguan kesehatan pada anak seperti cacat bawaan, masalah genetik, dan gangguan perkembangan anak dianjurkan untuk diperiksakan ke dokter spesialis ini.

Masalah Saraf

Masalah pada sistem saraf, termasuk pada otak, sistem saraf tepi, dan saraf tulang belakang dapat ditangani oleh dokter spesialis neurologi, yang gelarnya Sp.N. Beberapa contoh penyakit yang ditangani oleh dokter spesialis saraf yaitu stroke, multiple sclerosis, demensia, epilepsi, dan penyakit Parkinson.

Masalah Kulit dan Kelamin

Gangguan kesehatan seperti penyakit pada kulit, mulut, kuku, rambut, kelenjar minyak, kelenjar keringat, dan masalah yang berkaitan dengan alat kelamin bisa ditangani oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, yang bergelar Sp.KK.

Masalah Gigi dan Gusi

Ilustrasi Penyakit yang Ditangani oleh Dokter Spesialis
Ilustrasi Dokter Gigi (Photo by Lakhinandan Borah on Pexels)

Masalah kesehatan pada gigi, gusi, rahang, kelenjar air liur, dan area di sekitar

mulut dapat ditangani oleh dokter gigi. Dokter gigi sendiri memiliki beberapa cabang spesialis, contohnya dokter spesialis penyakit mulut (Sp.PM), kedokteran gigi anak (Sp.KGA), dan spesialis bedah mulut (Sp.BM).

Masalah Kejiwaan

Masalah kejiwaan yang sering dicirikan dengan ketakutan berlebihan, serangan panik, perubahan suasana hati yang ekstrem atau drastis, delusi, halusinasi, atau sering timbul pikiran untuk bunuh diri dapat ditangani oleh dokter spesialis kedokteran jiwa (psikiater), yang bergelar Sp.KJ.

Kesimpulan tentang Macam-Macam Dokter Spesialis di Indonesia

Apa bedanya dokter umum dengan dokter spesialis? Dokter umum bertugas dalam menangani kesehatan pasien secara umum. Pasien dengan masalah kesehatan yang tidak bisa ditangani dokter umum akan dirujuk ke dokter spesialis. Dokter spesialis bertugas menangani masalah kesehatan yang lebih mendalam atau lebih spesifik.

Ada dokter spesialis apa saja di Indonesia? Berdasarkan tabel di atas, terdapat setidaknya 47 cabang spesialisasi di Indonesia berdasarkan bidang kedokterannya dan gelar yang dimilikinya.

Apa saja penyakit yang ditangani oleh dokter spesialis? Penyakit yang ditangani oleh dokter spesialis berbeda-beda tergantung pada bidang kedokterannya. Contohnya penyakit jantung ditangani oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, penyakit mata ditangani oleh spesialis mata (oftamologi), penyakit saraf ditangani oleh spesialis neurologi, dan penyakit kejiwaan ditangani oleh spesialis kedokteran jiwa.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang ada dokter spesialis apa saja di Indonesia dan penyakit yang ditanganinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lainnya seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}