Tim Medis: Belajar Dari Pengalaman Paramedis Di Kanada!

614
Google Image

Diedit:

Melirik kemajuan medis di negara lain bisa jadi menarik dan terkadang dapat menjadi pemelajaran bagi tempat tinggal kita. Informasi demikian tentu akan meningkatkan pemahaman dan pengertian sewaktu menggunakan atau menerima bantuan dari layanan medis tertentu, salah satunya bantuan yang diberikan oleh paramedis.

Bantuan Medis Darurat Bagi Masyarakat di Kanada

Seorang paramedis yang telah bekerja lebih dari 20 tahun di Kanada berbagi cerita dengan memperlihatkan aktivitas sehari-hari dan suka-duka sewaktu membantu para korban yang berada dalam keadaan kritis. Setiap hari mereka harus siap menghadapi situasi darurat yang tak dapat diprediksi dalam waktu 24 jam. Beragam kejadian sering dialami oleh paramedis, mulai dari situasi yang membahagiakan hingga tragis.

Di Kanada mereka adalah bagian dari unit yang penting dalam mengurangi komplikasi yang terjadi karena kecelakaan ataupun penyakit. Mereka bekerja di berbagai lokasi, seperti: layanan kesehatan milik pemerintah atau komersial, layanan ambulans atau pemadam kebakaran, dan rumah sakit.

Pelatihan Bagi Paramedis Di Kanada

Pelatihan demikian di bagi menjadi 2 kategori berdasarkan tahapannya, yaitu: paramedis perawatan dasar dan lanjutan. Di Kanada setiap paramedis yang ada harus memiliki sertifikat atau ijin praktek sebelum ia melakukan tugasnya.

Perawatan dasar mencakup cara mendeteksi tanda-tanda kehidupan, penggunaan alat bantu pernapasan, metode pemberian napas buatan (CPR), penggunaan perban, pelat dan tandu untuk melindungi tulang yang patah atau yang mengalami pergeseran. Pelatihan demikian di lakukan di kelas, rumah sakit maupun ambulans selama berjam-jam.

Pelatihan lainnya dapat berlangsung hingga 13 hari di unit gawat darurat, perawatan intensif, bahkan bagian persalinan pada beberapa rumah sakit. Lalu, 13 hari berikutnya mereka harus terjun langsung dalam kehidupan nyata di sebuah ambulan dengan bantuan 2 paramedis yang berpengalaman.

Selain pelatihan demikian, mereka juga harus mengikuti ujian tertulis maupun praktek. Setelah lulus dari semua ujian mereka akan mendapatkan sertifikat paramedis perawatan dasar.

Perawatan lanjutan adalah merawat pasien selama 12 jam yang akan di pantau oleh seorang dokter. Dokter akan memerhatikan cara kerja paramedis yang bertugas, jika mereka berhasil melalui ujian tulis juga praktek, maka sertifikat sebagai paramedis perawatan lanjutan dapat dipastikan menjadi miliki mereka.

Paramedis di Kanada Bekerja Sebagai Satu Tim Sukses

Bisa dikata paramedis adalah mata, telinga, dan kaki tangan dokter—mengapa demikian? Ya, mereka bekerja sebagai satu tim diawasi oleh direktur medis yang memiliki kerjasama dengan sebuah panitia penasihat medis guna menyusun rencana mengenai metode perawatan yang dibutuhkan.

Rencana yang sudah ditulis itu akan dikerjakan oleh paramedis dan seringkali dipandu oleh tim dokter terpilih. Tidak seperti dokter yang harus siaga di rumah sakit. Paramedis memiliki pekerjaan aktif dalam keadaan yang genting baik di rumah, bangunan umum, ataupun tempat terjadinya kecelakaan. Bantuan yang mereka berikan mencakup pemberian oksigen, obat-obatan, bahkan pembedahan—komunikasi dengan dokter biasanya dilakukan via telepon atau radio.