Kenapa Kulit Telapak Tangan Sering Mengelupas?


By Cindy Wijaya

Udara yang kering dan panas sering membuat kulit kita kering dan gampang mengelupas. Itu wajar saja. Tapi bagaimana kalau kulit telapak tangan mengelupas meski udara terasa baik-baik saja? Yang lebih masalah lagi jika itu sering dialami sehingga membuat kita kesal. Apa penyebab kulit telapak tangan mengelupas dan bagaimana cara mengatasinya?

Dalam artikel ini akan dikupas sejumlah penyebab umum dari masalah kulit ini. Juga akan dijelaskan kapan kita harus waspada dengan kondisi ini dan perlu periksa ke dokter kulit.

Apa Penyebab Kulit Telapak Tangan Mengelupas?

Kulit tangan yang meneglupas bisa disebabkan oleh dua faktor, faktor dari luar (eksternal) dan/atau dari dalam (internal). Pertama-tama mari kita lihat apa saja faktor eksternal penyebab kulit telapak tangan mengelupas.

Faktor Eksternal

Faktor dari luar ini maksudnya adalah lingkungan sekitar atau hal-hal di luar tubuh yang dapat menyebabkan gampang terkelupasnya kulit di kulit telapak tangan.

Sering Mencuci Tangan

Sering mencuci tangan dengan sabun dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Kulit yang kering lebih mudah untuk terkelupas dan pecah-pecah.

Memang di masa ada ancaman penyebaran virus, bakteri, atau kuman yang berbahaya, ditekankan pentingnya untuk sering mencuci tangan dengan air dan sabun. Tetapi sayangnya sabun dapat menghilangkan minyak alami pelindung kulit.

Bila minyak ini hilang, kulit tidak mampu lagi menahan kelembapan yang pada akhirnya membuat kulit kering atau kondisi yang disebut dermatitis sabun.

Jika penyebab kulit telapak tangan mengelupas adalah hal ini, disarankan untuk mencuci tangan hanya jika diperlukan, dan jangan lupa melembapkan setelahnya dengan moisturizer, juga hindari penggunaan lap yang kasar untuk mengeringkan tangan.

Kondisi Udara Sekitar

Kondisi udara panas, berangin, dan kering atau sangat lembap bisa memengaruhi kondisi kulit kita. Misalnya, udara kering did aerah tertentu dapat menyebabkan kulit telapak tangan kering, pecah-pecah, dan mengelupas.

Jika tinggal di daerah yang beriklikm kering atau di daerah dengan cuaca dingin, kita bisa mencegah kulit kering dan mengelupas dengan cara: menggunakan air dingin atua hangat (bukan hangat) saat mandi atau mencuci tangan, melembapkan kulit setelah mandi, dan menggunakan humidifier untuk memanaskan suhu ruangan.

Bahan Kimia

Bahan kimia seperti zat pewangi yang ada di sabun, sampo, dan pelembap bisa mengiritasi kulit dan menjadi penyebab kulit telapak tangan mengelupas.

Kulit kita juga bisa teriritasi oleh karena bahan anti-bakteri dan bahan pengawet yang ada pada suatu produk. Zat-zat kimia lain yang dapat mengiritasi kulit tangan kita ada dalam bahan lem, deterjen, atau pelarut.

Jika penyebab kulit telapak tangan mengelupas adalah iritasi bahan kimia, maka kita harus menghindari kontak dengan bahan tersebut. Ini biasanya bisa dilakukan dengan menghentikan penggunaan suatu produk sampai iritasinya mereda dan tidak lagi kambuh.

Atau ganti lah produk sabun, sampo, atau lainnya dengan yang khusus dirancang untuk kulit yang sensitif sehingga meminimalkan risiko iritasi.

Sengatan Matahari

Sengatan matahari bisa merusak kulit melalui sinar ultraviolet-nya. Akibatnya kulit bisa menjadi merah, hangat, perih, dan terasa nyeri sebelum pada akhirnya mengelupas.

Meskipun kebanyakan sengatan matahari hanya ringan dan akan hilang dalam kurang-lebih seminggu, tapi luka bakar tersebut juga bisa meningkatkan risiko untuk terkena kanker kulit.

Seseorang yang kulitnya terbakar sengatan matahari harus menghindari sinar matahari langsung dan menggunakan losion seperti aloe vera untuk menjaga kelembapan kulitnya selama masa pemulihan.

Kebiasaan Mengisap Jari

Kebiasaan ini umum ada pada anak kecil, sehingga kulit jari mereka bisa timbul luka terbuka yang terasa perih dan kulit terkelupas di ujung-ujung jarinya.

Selain anak-anak, orang dewasa juga bisa mengembangkan kebiasaan mengisap atau menggigit jari misalnya pada saat sedang stres atau karena sudah terbiasa dari kecil.

Faktor Internal

Penyebab kulit telapak tangan mengelupas dari faktor internal maksudnya adalah faktor yang berasal dari dalam tubuh, sehingga menimbulkan gejala kulit tangan yang mengelupas.

Eksem Tangan

Kondisi eksem pada tangan disebut juga dermatitis tangan. Eksem pada tangan bisa disebabkan oleh faktor genetik atau bisa juga akibat kontak dengan sesuatu yang mengakibatkan alergi atau iritasi.

Kondisi ini lebih rentan dialami oleh orang-orang yang bekerja di pabrik atau industri tertentu, misalnya industri kebersihan, katering, kesehatan, tata rambut, dan mesin.

Keratolisis Eksfoliatif

Keratolisis eksfoliatif adalah kondisi kulit umum yang menyebabkan pengelupasan. Ini lebih sering terjadi pada bulan-bulan musim panas dan biasanya dialami orang dewasa muda.

Gejala yang ditimbulkan oleh kondisi ini biasanya adalah lepuh berisi udara di ujung-ujung jari yang kemudian pecah, meninggalkan bekas yang terkelupas. Kulit tangan yang mengelupas ini bisa menjadi merah, kering, dan pecah-pecah, tetapi biasanya tidak terasa gatal.

Meskipun penyebab pastinya tidak diketahui, namun kondisi ini biasanya dipicu oleh iritasi sabun, deterjen, dan pelarut.

Jika penyebab kulit telapak tangan mengelupas adalah keratolisis eksfoliatif, maka bisa mencoba mengatasinya dengan mengganti sabun dengan yang berbahan lebih lembut atau dengan menghindari produk pembersih tertentu.

Psoriasis

Ini adalah kondisi peradangan kulit yang menimbulkan gejala berupa kemerahan di kulit. Psoriasis biasanya terjadi di siku, lutut, kulit kepala, dan bagian bawah dari ujung jari, tetapi bisa muncul di mana saja di tubuh.

Psoriasis merupakan penyakit kelainan autoimun, yang berarti sistem imun kita keliru menyerang sel-sel kulit yang sehat, jadi bukan penyakit menular.

Kondisi kulit ini bisa semakin parah saat dipicu oleh faktor eksternal, contohnya cedera atau luka, pola makan, kelembapan, dan stres.

Belum ada obat untuk benar-benar menyembuhkannya, tetapi ada salep atau krim khusus yang bisa dioleskan untuk mengurangi gejala kulit telapak tangan mengelupas akibat psoriasis.

Alergi Dermatitis Kontak

Alergi dermatitis kontak terjadi sewaktu seseorang menyentuh sesuatu yang dia alergi terhadapnya. Sebagai contoh, jika Anda alergi dengan nikel, maka kulit Anda bisa teriritasi, pecah-pecah, atau mengelupas jika bersentuhan dengan nikel.

Selain itu ada beberapa racun di alam, seperti racun poison ivy, poison oak, dan poison sumac, yang dapat menimbulkan efek serupa.

Kapan Kulit Telapak Tangan Mengelupas Harus Diperiksa ke Dokter?

Bila kulit yang mengelupas adalah akibat dari faktor eksternal yang bisa diatasi sendiri, seperti karena sengatan matahari atau terlalu sering cuci tangan, kita mungkin bisa mengatasinya cukup dengan menggunakan moisturizer, mengganti sabun, atau mengubah kebiasaan.

Kalau kita tidak yakin apa sebenarnya penyebab kulit telapak tangan mengelupas atau kalau kondisinya sudah parah, sebaiknya periksakan ke dokter kulit.

Di samping itu disarankan juga untuk periksa ke dokter jika ada gejala-gejala infeksi, seperti: demam, kemerahan, rasa nyeri yang bertambah, dan adanya nanah.

Kesimpulan tentang Kulit Telapak Tangan Mengelupas

Ada dua faktor yang dapat menyebabkan kulit tangan mengelupas, yaitu faktor dari dalam tubuh (internal) dan faktor dari luar tubuh (eksternal).

Faktor internal itu antara lain eksem tangan, keratolisis eksfoliatif, psoriasis, dan alergi dermatitis kontak.

Sedangkan faktor eksternalnya antara lain terlalu sering mencuci tangan, kondisi udara sektiar, bahan kimia, sengatan matahari, dan kebiasaan mengisap jari.

Apabila kondisinya sudah cukup parah atau tidak diketahui apa penyebab kulit telapak tangan mengelupas itu, ada baiknya temui dokter kulit untuk menanganinya.

Sumber

Sumber Referensi:

Medical News Today. What causes skin on the fingertips to peel?. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/320096

Healthline. What Causes Skin Peeling on Hands?. URL: https://www.healthline.com/health/skin-peeling-on-hands

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>