Kulit Kering: Apa Penyebabnya?

665

Diedit:

Kondisi kulit yang kering sering kali menjadi masalah yang dialami sementara, misalnya ketika cuaca sedang terik. Namun adakalanya kulit seseorang selalu dalam kondisi kering dan ditandai dengan bercak yang terasa gatal. Jika mengalaminya, sudahkah Anda tahu apa penyebab kulit kering?

Bagian tubuh yang paling sering kering kulitnya yaitu lengan, kaki bagian bawah, dan sisi perut. Tanda dan gejalanya bervariasi dari setiap orangnya, bergantung pada usia, kondisi kesehatan, tempat tinggal, waktu yang dihabiskan di luar ruangan, dan penyebabnya.

Kondisi kulit kering umumnya menimbulkan beberapa gejala seperti berikut ini:

  • Kulit terasa sangat kencang, khususnya seusai mandi dan berenang
  • Kulit terlihat dan terasa kasar
  • Gatal-gatal (ringan sampai berat)
  • Terbentuk serpihan dan sisik di kulit, juga kulit mengelupas
  • Kulit tampak berkerut (mirip dengan gejala dehidrasi)
  • Terdapat garis halus atau retakan pada kulit
  • Kulit terlihat kemerahan

Sebaiknya periksa ke dokter jika…

  • Kulit tidak kunjung membaik meski Anda sudah berupaya semaksimal mungkin
  • Kulit kering disertai dengan kemerahan
  • Rasa gatal sampai mengganggu tidur Anda
  • Anda mengalami infeksi akibat luka garukan
  • Area kulit yang mengelupas dan berkerak sangat luas

Apa Penyebab Kulit Menjadi Kering?

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh faktor lingkungan dan penyakit tertentu. Beberapa penyebab umum kulit kering yaitu:

1Cuaca. Secara umum, kulit menjadi kering ketika musim dingin di mana suhu dan tingkat kelembapan menurun. Tapi kebalikan dari udara dingin—misalnya jika Anda tinggal di daerah padang pasir, juga cenderung menyebabkan kulit kering. Di padang pasir suhunya sangat tinggi namun tingkat kelembapannya tetap rendah.

2Penyejuk udara dan pemanas ruangan. Sistem pemanas atau pendingin ruangan, tungku pembakar kayu, dan perapian dapat mengurangi kelembapan udara dan menyebabkan kulit kering.

3Mandi dengan air hangat. Terlalu lama mandi dengan air hangat bisa membuat kulit jadi kering. Begitu juga dengan berenang, terutama jika Anda terlalu sering berenang di kolam yang penuh kaporit.

4Sabun dan detergen yang keras. Banyak sabun dan detergen yang dijual menghilangkan kelembapan kulit Anda. Deodoran serta sabun antibakteri biasanya adalah yang paling merusak. Banyak sampo juga menjadi penyebab kulit kepala menjadi kering.

5Sinar matahari. Bukan hanya mengeringkan kulit, sinar matahari juga memancarkan radiasi ultraviolet (UV) yang menusuk masuk jauh ke dalam lapisan kulit. Kerusakan yang paling signifikan yaitu kerutan dan kulit menjadi longgar.

6Kondisi dan penyakit kulit. Jika Anda menderita eksem, psoriasis, serta penyakit kulit lain yang menyebabkan kulit menjadi kasar dan bersisik, Anda sangat rentan mengalami kulit kering.

Dalam kebanyakan kasus, kondisi kulit kering dapat diatasi dengan melakukan perubahan gaya hidup jika penyebabnya adalah faktor lingkungan. Namun, apabila penyebabnya merupakan kondisi atau penyakit kulit lain, ada baiknya agar Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Baca juga:  Kulit Kering: Bagaimana Cara Mengatasinya?
Advertisement
Alinesia