Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Obat Kulit Kering Alami Obat Kulit Kering Alami Shutterstock

10 Cara Mengatasi Kulit Kering di Musim Kemarau dengan Bahan-Bahan Alami

Musim kemarau memang tidak membuat kita pusing karena jarang hujan sehingga bisa lebih leluasa beraktivitas, dan jemuran juga cepat kering. Tetapi sayangnya di musim kemarau ini juga sering muncul masalah kulit kering yang mengesalkan. Jika Anda salah satu yang dipusingkan dengan masalah ini, simaklah artikel ini yang membahas 10 cara mengatasi kulit kering secara alami.

Kulit kita cenderung menjadi kering karena kondisi cuaca yang panas dapat menipiskan kelembapan pada kulit. Hal ini bisa menyebabkan kulit mengalami dehidrasi, mengakibatkan pecah-pecah kulit kering sekaligus iritasi atau gatal-gatal.

Walaupun cuaca adalah salah satu penyebab utama, namun ada juga biang kerok lain dibalik kulit kering. Penyebab kulit kering juga termasuk kurangnya kelembapan tubuh, terpapar sinar ultraviolet (UV) dari cahaya matahari, mandi air panas/hangat, menggunakan sabun dan deterjen berbahan keras, dan masalah kesehatan seperti hipertiroidisme, psoriasis, diabetes, atau dermatitis.

Kulit kering membutuhkan pelembap yang efektif untuk menghidrasinya. Ada banyak pilihan bahan alami yang sangat ampuh untuk mengatasi kulit kering. Berikut adalah 10 bahan alami yang bermanfaat sebagai obat kulit kering.

Minyak Kelapa

Minyak kelapaadalah obat kulit kering yang populer dan manjur digunakan selama musim kemarau. Minyak ini mengandung sejumlah asam lemak yang bisa mengimbangi hilangnya kelembapan dari kulit.

Juga mengandung protein dan vitamin E yang membantu mengembalikan kelembapan kulit. Selain itu kemampuan antioksidan di dalamnya juga bagus bagi kesehatan kulit secara keseluruhan. Dan karena minyak kelapatidak banyak berminyak, maka bisa dengan mudah diserap oleh kulit.

  • Panaskan minyak kelapa secukupnya dengan microwave selama beberapa detik, lalu oleskan ke kulit sebelum mandi. Pijat pelan-pelan agar minyak menyerap ke dalam kulit. Tunggu 10 menit sebelum mandi. Lakukan cara mengatasi kulit kering ini sekali sehari.
  • Kalau menderita kulit kering yang parah, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa ke kulit yang masih lembap sehabis mandi.

Madu

Madu dianggap sebagai obat pelembap alami yang dipenuhi dengan kandungan antioksidan, antimikroba, dan humektan. Madu membantu mengunci kelembapan sehingga membuat kulit tampak sangat lembut dan halus.

Selain itu, madu mempunyai banyak vitamin dan mineral esensial yang membantu memperbaiki kesehatan kulit serta memulihkan jaringan kulit. Berikut adalah dua cara mengatasi kulit kering yang bisa dilakukan sekali setiap hari:

  • Sebelum mandi, gosokkan madu murni secukupnya ke seluruh tubuh dan pjiat perlahan dengan gerakan melingkar. Tunggu 10 menit sebelum mandi.
  • Campurkan madu dan gliserin dalam jumlah sama. Oleskan ke kulit yang kering, tunggu 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

Minyak Zaitun

Obat kulit kering alami lain yang bagus ialah minyak zaitun. Minyak ini mengandung antioksidan seperti vitamin E yang membantu menetralisir efek oksidasi dari radikal bebas yang merusak kolagen, sehingga menyebabkan kulit kering.

Minyak zaitunjuga sangat bermanfaat sebagai pelembap natural. Ditambah lagi kandungan asam lemak sehat di dalamnya yang sanggup menenangkan dan mengondisikan kulit di seluruh tubuh Anda.

  • Untuk penggunaan harian, gosokkan minyak zaitun hangat di tangan, kaki, dan area-area lain yang kulitnya kering. Pijat perlahan dengan gerakan melingkar dan tunggu 30 menit. Kemudian mandi untuk membilasnya, lalu oleskan kulit dengan pelembap berbahan ringan.
  • Untuk penggunaan mingguan, campurkan minyak zaitun secukupnya dengan 1 sendok makan gula merah sampai membentuk salep. Basahi kulit kering lalu keringkan dengan ditepuk-tepuk handuk, kemudian gosokkan kulit dengan salep campuran tadi. Diamkan 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Krim Susu

Bahan alami lain yang termasuk dalam cara mengatasi kulit kering adalah krim susu. Kandungan lemak yang tinggi dalam krim susu bekerja sebagai pelembap natural untuk kulit.

Asam laktat susu membantu mengelupas sel-sel kulit yang telah mati dari permukaan dan mempercepat produksi kolagen. Juga membantu menjaga keseimbangan kadar pH pada kulit.

  • Untuk penggunaan harian, gosokkan krim susu secukupnya ke kulit kering. Diamkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Alternatif untuk penggunaan harian adalah dengan mencampur 1 sendok teh krim susu dengan 1 sendok teh susu. Campurkan dengan beberapa tetes air perasan lemon. Kemudian oleskan salep campuran ini ke wajah, tangan, dan kaki. Diamkan 15 menit, lalu bilas dengan air.
  • Untuk penggunaan mingguan, campurkan 2 – 3 sendok teh krim susu dan 2 sendok makan tepung gram. Oleskan salep ini ke kulit kering. Diamkan 15 menit sebelum bilas dengan air hangat.

Alpukat

Alpukatjuga sangat baik sebagai obat kulit kering alami. Alpukatkaya akan vitamin E yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan stres oksidatif.

Buah ini juga mengandung asam lemak omega 3 yang mudah diserap oleh kulit sehingga menggantikan kelembapan yang hilang.

  • Kerok daging dari ½ buah alpukat dengan sendok.
  • Gunakan garpu untuk menggerusnya menjadi salep halus.
  • Campurkan dengan 2 sendok teh madu.
  • Oleskan masker alpukat-madu ini secara merata ke kulit.
  • Diamkan selama 20 menit, lalu bersihkan dengan handuk basah dan bilas dengan air.
  • Lakukan ini beberapa kali dalam seminggu untuk menjaga kulit tetap halus dan terhidrasi.

Lidah Buaya

Lidah buayaadalah bahan alami yang harus masuk dalam daftar cara mengatasi kulit kering. Bahan ini bekerja sebagai pelembap yang luar biasa dan bahkan meratakan warna kulit Anda. Lidah buayajuga meredakan rasa gatal dan mencegah pecah-pecah dan pengelupasan akibat kulit kering.

Suatu penelitian tahun 2006 yang dirilis Skin Research and Technology melaporkan bahwa ekstrak lidah buaya beku-kering manjur dalam meningkatkan hidrasi kulit berkat kemampuan humektan-nya.

  • Ambil bagian gel dari dalam daun lidah buaya.
  • Oleskan ke area kulit kering.
  • Pijat-pijat area kulit kering selama beberapa menit agar gel menyerap ke dalam kulit.
  • Tunggu 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Lakukan ini 1 – 2 kali setiap hari.

Yogurt

Yogurt adalah bahan rumahan lain yang dapat menjaga hidrasi kulit serta mengatasi kekeringan. Yogurt bahkan mampu meringankan keluhan gatal-gatal pada kulit kering.

Asam laktat di dalamnya membantu mengelupas sel-sel kulit mati, menghidrasi kulit, serta mengembalikan kecerahan kulit Anda.

  • Oleskan yogurt segar ke tangan, wajah, dan kaki, lalu pijat perlahan. Diamkan 10 menit, lalu mandi. Lakukan ini 3 – 4 kali dalam seminggu.
  • Alternatifnya, campurkan merata 3 – 4 sendok makan yogurt plain yang tidak ditambah pemanis, ½ sendok makan bubuk kunyit, dan sedikit tepung gram. Oleskan salep campuran ini ke wajah, leher, dan tangan. Tunggu 10 menit, lalu gosok lapisan salep di kulit dengan jari yang sudah dibasahi. Bilas dengan air hangat dan oleskan pelembap berbahan ringan. Lakukan ini 2 – 3 kali dalam seminggu.

Pisang

Pisangdapat membantu mengatasi kulit kering di musim kemarau. Kandungan air dalam pisangmenjaga kulit tetap lembap. Selain itu juga kandungan vitamin dan antioksidan memberikan manfaat anti-penuaan untuk mempertahankan kemudaan kulit Anda. Buah ini juga sanggup membuat kulit tampak halus dan cerah.

  • Iris-iris ½ buah pisang dan lumatkan dengan garpu.
  • Tambahkan 2 sendok teh yogurt plain ke dalamnya.
  • Campurkan 1 sendok teh madu.
  • Oleskan masker ini ke kulit secara merata.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Bilas dengan air hangat.
  • Lakukan ini 2 – 3 kali dalam seminggu.

Gliserin

Berkat kemampuan melembapkan dan humektan di dalamnya, gliserin dapat diandalkan sebagai obat kulit kering. Gliserin membantu kulit untuk menyerap dan mempertahankan kelembapan.

  • Campurkan gliserin, air mawar, dan air perasan lemon dalam jumlah sama.
  • Oleskan larutan ini ke kulit kering sebelum tidur.
  • Besok pagi, mandilah dengan air hangat.
  • Lakukan ini sekali setiap hari.

Oatmeal

Bahan alami terakhir dalam daftar cara mengatasi kulit kering adalah oatmeal. Kemampuan alami membersihkan dan mengelupas oatmeal dapat dimanfaatkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Selain itu, protein di dalam oatmeal juga membantu mencegah kehilangan cairan dan menjaga kulit tetap lembap, sehingga akan membuat kulit tampak bercahaya alami. Oatmeal juga membantu meredakan gatal dan iritasi kulit.

  • Tuangkan 1 gelas oatmeal dan beberapa tetes minyak lavender ke dalam bak mandi, dan aduk merata. Berendamlah di dalamnya selama 15 menit, kemudian bilas tubuh dengan air bersih. Keringkan kulit dengan ditepuk-tepuk handuk, lalu oleskan pelembap berbahan ringan. Lakukan ini 1 kali setiap minggu.
  • Alternatifnya, campurkan 1 sendok makan oatmeal halus, 1 sendok makan susu, dan 2 sendok makan madu. Oleskan masker oatmeal ini untuk kulit kering. Diamkan 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan 1 – 2 kali dalam seminggu.

Di samping mengandalkan obat kulit kering seperti di atas, Anda juga bisa menjaga kelembapan kulit dengan cara minum cukup air sepanjang hari. Ketika membeli sabun atau deterjen, pilihlah yang bahannya ringan dan tidak berparfum. Hindari penggunaan deodoran, parfum, atau produk kulit lain yang mengandung bahan kimia keras.

Untuk melengkapi cara mengatasi kulit kering, Anda juga disarankan untuk perbanyak makan buah dan sayuran. Kedua jenis makanan tersebut sangatlah dibutuhkan kulit, juga seluruh tubuh, agar bisa tetap sehat dan bugar.

FOLLOW US:
instagramsms

Log In or Register