Kulit Kering: Bagaimana Cara Mengatasinya?

494

Diedit:

Jika Anda mengalami kondisi kulit kering, sering kali perubahan gaya hidup saja sudah cukup untuk mengatasinya. Sebenarnya, kondisi ini bukanlah suatu penyakit sehingga obat medis yang khusus mengobati kulit kering tergolong langka. Jadi, langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kering?

Meskipun siapa pun dapat mengalami kondisi ini, namun kulit khususnya menjadi kering apabila Anda:

  • Berusia lebih dari 40 tahun
  • Tinggal di daerah yang beriklim kering, dingin dan tingkat kelembapannya rendah
  • Memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk merendam kulit di air dalam waktu lama
  • Sering berenang di kolam yang penuh kaporit

Tips Mengatasi Kulit yang Kering

1Lembapkan kulit Anda. Oleskan kulit dengan krim pelembap untuk menjaga kelembapan kulit Anda. Gunakan juga produk kosmetik yang mengandung pelembap. Jika kulit Anda sangat kering, minyak mungkin lebih efektif dibandingkan krim, misalnya minyak bayi. Minyak lebih bertahan lama dalam melindungi kulit.

2Hindari sabun yang berbahan kimia berat. Sebaiknya gunakan sabun pembersih kulit yang biasa saja. Jika mungkin, pilih sabun yang mengandung pelembap. Hindari juga pemakaian deodoran dan wewangian, khususnya yang mengandung alkohol.

3Batasi waktu mandi. Jika Anda terlalu lama mandi, terutama kalau menggunakan air panas, minyak yang berfungsi untuk melembapkan kulit semakin terkikis. Sebaiknya batasi waktu mandi sekitar 5-10 menit dan gunakan air biasa sebaliknya daripada air panas.

4Oleskan pelembap segera setelah mandi. Terlebih dulu keringkan kulit dengan handuk, namun lakukan dengan lembut. Tepuk pelan-pelan kulit yang basah menggunakan handuk supaya kering namun kulit tetap lembap. Setelahnya, segera olesi dengan krim atau minyak pelembap.

5Pasang pelembap udara ruangan. Suhu di dalam ruangan yang panas dan kering bisa membuat kulit kering, memicu rasa gatal, dan bahkan menimbulkan sisik di kulit. Anda bisa mengatasinya dengan memasang alat pelembap udara di rumah dan pastikan untuk menjaganya tetap bersih.

Baca juga:  Kulit Kering: Apa Penyebabnya?

6Kenakan pakaian yang cocok dengan kulit Anda. Kain yang berserat alami seperti katun atau sutra memungkinkan kulit untuk bernapas. Namun kain wol, meskipun juga berserat alami, malah memicu iritasi bahkan pada kulit normal. Jadi pilihlah yang paling cocok untuk kulit Anda dan pastikan untuk mencucinya dengan detergen tanpa zat warna atau parfum tambahan.

7Atasi rasa gatal yang muncul. Jika kulit kering menimbulkan gatal, tempelkan kompres dingin pada area yang terasa gatal. Untuk mengurangi peradangan, Anda bisa menggunakan krim atau salep anti-gatal yang biasa dijual di apotik atau toko obat.

Jika langkah-langkah di atas tidak cukup manjur mengatasi kulit kering, ada baiknya Anda mengunjungi dokter atau ahli dermatologi. Karena ada kemungkinan apa yang Anda alami adalah kondisi kulit yang lebih serius, misalnya dermatitis, eksem, atau psoriasis. Kondisi atau penyakit kulit ini sering kali membutuhkan perawatan medis.

Advertisement
Alinesia