Khasiat Kumis Kucing untuk Kesehatan

472

Diedit:

Tanaman ini punya benang sari berwarna putih panjang menyerupai kumis kucing yang mencuat keluar dari bunganya. Itulah sebabnya mengapa tanaman ini dinamai kumis kucing. Sebagai salah satu tanaman obat, tentu saja ada cukup beragam khasiat kumis kucing bagi kesehatan.

Berkat kandungan senyawa aktif dan nutrisi yang dimiliki kumis kucing, menjadikannya herbal untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit dari yang ringan sampai yang berat sekalipun. Tanaman herbal yang bernama latin Orthosiphon aristatus ini merupakan anggota famili Labiate atau Lamiaceae. Diperkirakan asal kumis kucing adalah dari wilayah tropis Afrika yang kemudian disebarkan ke wilayah Australia dan Asia.

Kumis kucing punya nama-nama daerah, misalnya remujung di Jawa, giri-giri marah di Sumatera dan songkot koceng di daerah Madura.

Di Indonesia, daun kumis kecing biasanya dimasak dengan air atau bisa juga dikeringkan baru kemudian diseduh untuk dijadikan obat pelancar air seni. Di India, daun kumis kucing sering dimanfaatkan sebagai obat rematik.

Banyak juga yang mengonsumsi kumis kucing untuk menyembuhkan encok, masuk angin, sembelit, dan batuk-batuk. Selain itu, daun kumis kucing juga berkhasiat dalam pengobatan radang ginjal, kencing manis, batu ginjal, sifilis, dan menurunkan kadar gula darah.

Berbagai khasiat kumis kucing tersebut berkat kandungan-kandungan dalam kumis kucing, beberapa diantaranya yaitu minyak atsiri, saponin, sinensetin, kalium, zat samak, sapofonin, dan mioinositol.

Kumis kucing mempunyai fungsi diuretik atau untuk melancarkan produksi air seni. Fungsi inilah yang membuatnya mampu mengobati batu ginjal. Ada kandungan garam kalium serta ortosifonin pada daun kumis kucing yang bisa membantu melarutkan fosfat, oksalat, dan asam urat—komponen-komponen pembentuk batu ginjal.

Untuk mengobati batu ginjal, Anda cukup memetik beberapa lembar atau satu genggam daun kumis kucing untuk direbus dengan air secukupnya hingga mendidih. Minumlah secara teratur air rebusan tersebut untuk meluruhkan endapan batu ginjal sedikit demi sedikit.

Untuk melancarkan pengeluaran air seni, petiklah beberapa lembar daun kumis kucing seberat 30 gram, akar alang-alang 30 gram, dan daun meniran 30 gram. Cuci bersih semua bahan ramuan tersebut dan rebus dengan 3 gelas air hingga air tersisa setengahnya. Minumlah air rebusan ramuan herbal ini sehari 3 kali.

Khasiat kumis kucing yang lain ialah meredakan sakit pinggang, menurungkan tekanan darah, serta membantu mengobati diabetes. Untuk mendapatkan manfaatnya, petik satu genggam daun kumis kucing dan rebus denan 2 gelas air sampai mendidih. Biarkan sampai air rebusan hanya tersisa setengahnya. Minumlah air rebusan itu satu gelas setiap sebelum tidur di malam hari.

Baca juga:  Efektifkah Kumis Kucing untuk Pengobatan Batu Ginjal

Sama seperti pengobatan menggunakan herbal lainnya, jika Anda mengonsumsi kumis kucing hasilnya belum tentu akan langsung terlihat dalam waktu dekat. Kunci supaya bisa mendapatkan khasiat kumis kucing adalah sabar dan tekun. Meksi begitu, herbal ini tidak menimbulkan dampak buruk bagi tubuh meski dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

Advertisement
Alinesia