Khasiat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan

569
indonesianplants.blogspot.com

Diedit:

Jangan salah mengira kumis kucing yang dimaksud disini adalah kumis dari kucing sungguhan. Ini adalah tanaman kumis kucing yang memang bagian benang sari bunganya menyerupai kumis kucing sehingga dinamakan demikian. Bagian daun dari kumis kucing merupakan salah satu tanaman herbal yang sering dimanfaatkan masyarakat Indonesia. Apa saja khasiat daun kumis kucing bagi kesehatan Anda?

Daun kumis kucing berbentuk bulat lonjong dan berwarna hijau seperti kebanyakan daun tanaman lainnya. Sedangkan bagian tangkai daun warnanya ungu atau ungu agak kehijauan bergantung pada varietasnya. Ukuran panjangnya kurang dari 10 cm dengan lebar sekitar 3-5 cm. Posisi daun-daun kumis kucing tumbuh saling berhadapan dan selang-seling di batang. Daun kumis kucing punya tulang daun yang bercabang-cabang.

Khasiat daun kumis kucing tampaknya sudah cukup banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Daun kumis kucing biasanya diolah menjadi obat dengan cara direbus bersama air, atau ada juga yang mengeringkannya dulu baru kemudian diseduh seperti teh.

Daun kumis kucing punya peran sebagai diuretik, artinya sanggup melancarkan produksi air seni. Inilah alasannya mengapa banyak orang mempercayai daun kumis kucing untuk membantu mengobati batu ginjal. Herbal ini dapat membantu melarutkan berbagai komponen pembentuk batu ginjal seperti fosfat, asam urat, dan oksalat.

Dari hasil penelitian yang diikuti oleh pengidap batu ginjal dari sejumlah negara Asia, didapati bahwa daun kumis kucing memang sanggup melarutkan endapan batu ginjal. Sekitar 40 persen dari jumlah keseluruhan 23 pengidap batu ginjal mengalami pengecilan ukuran batu ginjal hingga hanya tertinggal 0,5 cm. Mereka merasakan efek positif tersebut setelah rutin mengonsumsi herbal daun kumis kucing.

Untuk mendapatkan khasiat daun kumis kucing dalam pengobatan batu ginjal, petiklah 3 genggaman tangan atau 20 lembar daun kumis kucing dan cuci sampai bersih dengan air mengalir/keran. Rebuslah daun tersebut dalam 2 gelas air hingga mendidih. Minum air rebusan daun kumis kucing 2 kali sehari secara rutin.

Baca juga:  Manfaat Kumis Kucing sebagai Obat Herbal

Untuk membantu melancarkan pengeluaran air seni, siapkan beberapa lembar daun kumis kucing, daun meniran, dan akar alang-alang secukupnya. Rebus ketiga bahan tersebut dengan 3 gelas air hingga tinggal tersisa setengahnya. Biarkan sampai dingin dan minum air rebusan tersebut 3 kali sehari masing-masing setengah gelas secara teratur.

Untuk membantu pengobatan diabetes, ambil 15 lembar daun kumis kucing dan cuci sampai bersih. Rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Tunggu sampai agak dingin lalu minum sekali sehari secara teratur.

Khasiat daun kumis kucing yang lainnya ialah meringankan sakit pinggang. Anda cukup menyiapkan 7 lembar daun dan 2 potong akar kumis kucing. Kemudian rebus dengan segelas air sampai mendidih. Minumlah air rebusannya secara teratur sebanyak 2 kali sehari sampai sakit pinggang mereda.

Berbagai khasiat daun kumis kucing tersebut didasarkan pada pengalaman empiris para penggunanya. Meskipun efek pengobatannya mungkin tidak secepat obat medis, namun obat herbal ini cenderung tidak memiliki efek samping buruk meski dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

Advertisement
Alinesia